3 Jurus Jitu Terbebas dari Jebakan Link Palsu, Dijamin Data Pribadi Nggak Dibegal!

Jika ada chat masuk dan mengatakan bahwa akun DANA dibekukan, jangan percaya dulu!

oleh Fachri pada 11 Okt 2024, 08:00 WIB
Wanita muda Asia menggunakan ponsel pintar di rumah di pagi hari. (havucvp@gmail.com/depositphotos.com)

Liputan6.com, Jakarta Pernah nggak sih kamu dapat link aneh di chat atau media sosial yang bikin bingung? Ya, itu bisa jadi link palsu yang siap menjebak dan merugikan kamu!

Sayangnya, banyak orang yang tanpa sadar mengklik link tersebut dan akhirnya kehilangan data pribadi, uang, atau bahkan identitas orang sekitar. Jebakan ini pun semakin canggih dan kamu harus lebih hati-hati dan tahu cara mengenali tanda-tandanya.

Misalnya, link yang terlihat aneh atau datang dari sumber yang nggak jelas. Kadang, penipu menggunakan trik psikologis supaya kita cepat mengklik tanpa pikir panjang.

Nah, salah satu link palsu yang dijadikan jebakan oleh oknum tidak bertanggung jawab adalah Link Palsu Pemulihan Akun DANA. Yup, jika ada yang chat dan mengatakan bahwa akun DANA dibekukan, jangan percaya dulu!

Modus ini biasanya akan mengarahkan pengguna untuk mengklik “link pemulihan akun DANA” yang palsu, dan bisa menyebabkan kerugian. Untuk itu, penting bagi kamu tahu cara-cara jitu #AwasJebakanBadman agar bisa menghindari jebakan ini dan melindungi data pribadi.

Monitor, Konfirmasi dan Lapor. #AwasJebakanBadman

Monitor

Pertama yang harus dilakukan adalah monitor setiap ada pesan mencurigakan yang masuk ke nomor kamu. Untuk itu, kamu perlu menyadari serta mendeteksi aktivitas tersebut ketika sedang menghubungi nomormu.

Jika ada yang mengirim link pemulihan akun DANA, jangan langsung di klik. Kamu harus mengecek sendiri terlebih dahulu akun DANA kamu dan memastikan apa akun DANA kamu benar dibekukan atau tidak. Jika tidak, abaikan link atau laporkan oknum tersebut

Konfirmasi

Selain itu, kamu perlu memeriksa kembali aktivitas mencurigakan berupa link tersebut apakah benar dari sumber terpercaya dengan copy paste link/nomor/atau sosial media ke fitur yang sudah disediakan di DANA Protection.

Lapor

Langkah ketiga yang perlu kamu lakukan adalah melaporkan oknum mencurigakan yang menghubungi melalui DANA Protection. Laporan itu pun bisa dibuat melalui fitur Lapor via Aduan Nomor yang nantinya akan menyambungkan kamu ke layanan dari KOMINFO.

Mudah bukan jurus jitu agar kamu nggak terjebak link palsu pemulihan akun DANA? Last but not least, jangan unggah aplikasi DANA dari link yang didapat di grup pesan dan kalau akun DANA kamu dibekukan, langsung saja lapor ke DANA Customer Care melalui DIANA atau melalui email resmi help@dana.id dan call center 1500 445. .

So, selalu tingkatkan kewaspadaan agar tidak terjebak Jebakan Badman Link Palsu Pemulihan Akun DANA, ya! Jangan lupa untuk unduh serta gunakan aplikasi DANA biar segala transaksi kamu semakin cepat dan mudah.

 

(*)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya