Sebut Perceraian Bisa Merusak Mental Anak, Marshanda Tetap Jaga Hubungan Baik dengan Ben Kasyafani

Menurut Marshanda, perilaku dan sikap orangtua yang saling menjatuhkan justru memberikan dampak lebih buruk bagi perkembangan anak.

oleh Henry diperbarui 11 Okt 2024, 12:18 WIB
Sebut Perceraian Bisa Merusak Anak, Marshanda Tetap Jaga Hubungan Baik dengan Ben Kasyafani.  foto: Youtube CURHAT BANG Denny Sumargo

Liputan6.com, Jakarta Pandangan tiap orang tentang perceraian tentunya berbeda-beda. Menurut Marshanda perceraian memamg menyakitkan tapi mantan istri Ben Kasyafani ini justru masih merasa bersyukur. Aktris sinetron sekaligus presenter ini memgaku telah mematahkan stigma bahwa perceraian selalu merusak mental anak.

Hubungan baik Marshanda dengan Ben Kasyafani pasca perceraian menjadi bukti nyata dari prinsipnya. Keduanya masih sering terlihat bersama dalam berbagai kesempatan demi kebaikan putri mereka, Sienna Ameerah Kasyafani. Mereka bahka beberapa kali jalan bareng istri Ben, Nesya Ayu Nabila.

Marshanda menegaskan bahwa bukan perceraian yang merusak jiwa atau mental anak. Menurutnya, perilaku dan sikap orangtua yang saling menjatuhkan justru memberikan dampak lebih buruk bagi perkembangan anak.

"Aku belajar dan tersadar, yang merusak jiwa anak itu bukan perceraian, yang merusak jiwa anak itu ketika melihat bapak-ibunya saling menjatuhkan satu sama lain dan anaknya tahu, denger, dan lihat secara gamblang," kata Marshanda saat hadir di Podcast Denny Sumargo, di akun Youtube CURHAT BANG Denny Sumargo, Rabu, 9 Oktober 2024.

Wanita yang akrab disapa Caca ini juga menyoroti fenomena pasangan yang mempertahankan pernikahan demi anak. Ia melihat hal ini sebagai keputusan yang bisa berdampak negatif di kemudian hari.

Banyak yang memilih tetap pertahankan pernikahan ini demi anak gue, terus pas udah gede (cerai), misalkan anaknya masih kecil setahun dua tahun, ada sih yang kayak gitu," ungkapnya.

Caca menggambarkan dampak psikologis yang dialami anak-anak ketika orangtua menjadikan mereka alasan bertahan dalam pernikahan. Menurutnya, hal ini justru bisa menimbulkan trauma berkepanjangan. Dalam situasi itu, orangtua terkadang menyalahkan anaknya karena mempertahankan rumah tangga. Dampak rusaknya pada anak akan sangat besar.

 


Marshanda Berdamai dengan Diri Sendiri

Sebut Perceraian Bisa Merusak Anak, Marshanda Tetap Jaga Hubungan Baik dengan Ben Kasyafani. foto: Youtube CURHAT BANG Denny Sumargo

"Terus pas udah belasan tahun kemudian, orangtuanya bilang ke anaknya, 'Kita ini masih dalam pernikahan karena kamu'. Jadi anak itu gimana perasaannya coba?" tegasnya,

Tanpa berniat mengajari, wanita 35 tahun ini menyarankan agar berdamai dengan diri sendiri dan dengan mantan pasangan seperti yang dilakukan dirinya. "Kalau menurut aku, perkembangan mental anak jauh lebih penting dari semua ego kita yang seakan-akan jadi hal terpenting dari segalanya," pungkasnya.

Dalam kesempatan lain, Caca juga pernah menuturkan soal cara bangkit dari depresi dalam keluarga toxic. Hal itu diungkapkan Caca saat bincang-bincang dengan Inara Rusli di YouTube.

"Pertama, caranya adalah memulihkan diri sendiri dengan cara mengakui adanya indikasi sakit hati. Karena ada orang yang takut mengakui kalau dirinya tuh sudah sakit hati. Ada orang yang takut untuk menerima kenyataan bahwa gue korban abuse, atau mengakui bahwa yang dia alami itu abuse,” ujar Marshanda dalam konten video yang dikutip pada Jumat (4/10/2024).

“Karena untuk bisa survive dia harus bisa hidup dengan abuse yang berlangsung terus menerus, jadi dia menganggapnya normal, bukan abuse, ini normalnya hidup gue kayak gini, hidup ya kayak gini, padahal dia mengalami pelecehan atau apa. Itu supaya dia tetap hidup,” sambungnya.

 


Mengakui Kesalahan

Ben, Marshanda, Nesya, Sienna (Instagram/nesyanabila)

Tahap itu rasanya memang tidak mudah. Sebab, banyak orang tidak bisa bertahan saat mengakui bahwa dirinya telah menjadi korban. "Bisa mati gitu, kayak dia merasa kayak zombie, atau lebih parahnya suicidal," paparnya.

Cara berikutnya adalah introspeksi. Penting untuk mengenali diri sendiri lebih dekat. Karena boleh jadi, tanpa sadar diri sendiri juga sudah melakukan hal toxic pada lingkungan sekitar. Mengakui kesalahan juga menjadi poin penting

"Kita punya nggak ruang untuk introspeksi bahwa, ‘Oke yang bagian itu memang gue salah, gue coba benerin deh’, rendah hati juga bahwa mungkin kita juga punya andil dalam kedisfungsionalan ini."

Terakhir, Marshanda menekankan bahwa sebuah kegagalan dalam hubungan apa pun itu, tidak murni disebabkan oleh kesalahan salah satu pihak. Pasti ada andil dari keduanya.

"Dalam hubungan yang ada kegagalan, itu dua belah pihak, entah keluarga, anak, bapak dan ibu, suami dan istri, itu yang punya andil kesalahan dalam hubungan yang gagal itu tuh kedua pihak, andilnya sama besar," pungkasnya..

Tak hanya soal mental, penampilan baru Marshanda juga sempat mengejutkan sejumlah warganet. Caca kini terlihat jauh lebih langsing setelah berhasil menurunkan berat badan hingga 15 kg.


Marshanda Turunkan Berat Badan

Potret Marshanda main badminton (sumber: Instagram/marshanda99)

Di akun Tiktok miliknya, @marshastardust, Marshanda menjelaskan aktivitas yang dijalaninya untuk mengembalikan tubuh ke berat ideal. Salah satunya dengan rutin berjalan kaki. Tidak perlu ke luar rumah, ia mengaku biasa melakukannya di dalam ruangan.

"Aku sudah berjalan 5 km dalam ruangan. Ini adalah olahraga sederhana yang sangat mudah dilakukan di rumah, pakai walking pad," ujarnya dalam video yang diunggah Minggu, 26 Mei 2024.

Tantangan utama untuknya selama menjalani proses itu adalah menjaga konsistensi. Ia mengakui hal itu tak mudah, tapi beruntung karena ia dikelilingi oleh orang yang mendukungnya.

Dalam video tersebut, dia menceritakan bahwa berat badannya sempat naik hingga 15 kg. Itu karena ia diminta menaikkan berat badan untuk memainkan peran di salah satu series. "Jadi gue kemarin sempet lagi 15 kg untuk series Induk Gajah Season I. Gue lebih besar 15 kg pada waktu itu dari yang sekarang," kata aktris tersebut.

Sekarang, dia kembali menurunkan berat badannya untuk keperluan peran yang ia mainkan di proyek series yang lain. "Dan sekarang gue harus nurunin berat badan 15 kg lagi untuk seri baru lainnya, and i’m a start," imbuhnya

 

Infografis Journal_Apa Penyebab Terjadinya Perceraian? (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya