Mencium Aroma Bunga Ini Bantu Pikiran Jadi Lebih Tenang dan Rileks

Bagi yang ingin merasakan ketenangan dan rileks bisa dengan mencium aroma jasmine atau bunga melati.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 11 Okt 2024, 13:40 WIB
Bagi yang ingin merasakan ketenangan bisa dengan mencium aroma jasmine atau bunga melati (Image by frimufilms on Freepik)

Liputan6.com, Denpasar Aroma memiliki efek terhadap suasana hati seseorang. Bagi yang ingin merasakan ketenangan dan rileks bisa dengan mencium aroma jasmine atau bunga melati seperti disampaikan pakar wewangian asal Prancis, Nora Gasparini.

Bunga yang mudah tumbuh di Sumatra, Jawa dan Indonesia timur ini memberikan efek menenangkan dan membuat nyaman. 

"Melati ini memiliki aroma yang menimbulkan comforting atau nyaman. Melati memiliki aroma yang lactone, yang milky dimana itu very comforting and very relaxing bagi orang yang mencium aroma tersebut," kata Nora.

Tak heran dalam dunia parfum, aroma bunga melati banyak disukai karena punya wangi yang intensif yang menenangkan. "Maka itu dalam dunia parfum, aroma melati disebut juga sebagai 'king'," lanjut Nora.

Di Indonesia, melati memang salah satu bunga favorit itu juga yang menjadi alasan Godrej Consumer Products Indonesia meluncurkan pengharum ruangan beraroma jasmine dengan sentuhan aroma Bali lewat Stella Balinese Jasmine Sensation.

Produk beraroma bunga pertama dari Stella itu selain membantu menenangkan tapi juga menghadirkan aroma Bali yang bagi kebanyakan orang recall kenangan indah tak terlupakan saat berwisata ke Pulau Dewata.

Aroma yang menenangkan sekaligus segar itu perpaduan dari melati juga fruity green, ylang ylang, mawar dan balsamic yang diinfus dengan kandungan minyak esensial.

“Stella terinspirasi dari suasana Bali, ketika kami mencari cara untuk meningkatkan kenyamanan saat berada di suatu tempat atau ruangan tempat tinggal dan menciptakan atmosfer yang meningkatkan relaksasi," kata Felix Sentana, Brand Head Stella dalam peluncuran pengharum ruangan Stella Balinese Jasmine Sensation di Sanur, Bali pada Kamis, 10 Oktober 2024. 


Wewangian Aroma Floral Sedang Disukai Konsumen

Felix mengungkapkan kehadiran Stella Balinese Jasmine Sensation merupakan jawaban dari permintaan konsumen Indonesia yang kini tengah menyukai aroma bunga sebagai wewangian.

Felix mengungkapkan kehadiran Stella Balinese Jasmine Sensation merupakan jawaban dari permintaan konsumen Indonesia yang kini tengah menyukai aroma bunga sebagai wewangian.

"Konsumen Indonesia, terutama konsumen Godrej di Indonesia ingin wangi bunga, nah salah satunya bunga jasmine," cerita Felix. 

Maka dari itu sekitar dua tahun lalu Godrej lewat brand Stella mengembangkan pewangi ruangan beraroma melati. Di mana melati adalah bunga paling terkenal dari Indonesia serta satu dari puspa bangsa Indonesia.

Tak cuma itu, melati punya nilai filosofis mendalam di manamelambangkan keanggunan, keindahan, ketulusan dan kerendahan hati. 

"Meski melati ini tumbuh di semak-semak tapi punya semerbak wangi yang menyebar. Itu yang menjadi dasar kenapa kita menghadirkan wangi jasmine ini," lanjutnya.


Pengembangan Produk

Pengembangan pengharum ruangan Stella Balinese Jasmine Sensation butuh waktu lebih dari satu tahun.

Felix mengatakan untuk mengembangkan Stella Balinese Jasmine Sensation butuh waktu lebih dari satu tahun. Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan agar wangi yang tercipta bisa disukai oleh mayoritas konsumen

"Yang namanya produk pengharum itu sesuatu yang sifatnya sangat personal ya, semua orang punya preferensi that's why dalam pengembangan produk butuh waktu panjang," katanya.

Ia menceritakan ketika sebuah produk jadi, maka perlu melakukan dulu tes ke konsumen hingga akhirnya menemukan formula fragrane yang disukai oleh mayoritas konsumen kita. Termasuk mendatangi konsumen yang ada di Bali untuk mendapatkan masukan agar produk yang dihasilkan benar-benar merepresentasikan aroma Bali.

"Itu kenapa butuh waktu sepanjang itu ya untuk develop produk. Jadi untuk memastikan agar Stella sebagai brand terbesar untuk pengharum ruangan memastikan wangi yang dikeluarkan itu yang paling baik," lanjutnya.

 


Aroma Melati Indonesia Diekspor ke Luar Negeri

Felix mengungkapkan bahwa penjualan Stella bukan hanya di Indonesia tapi juga negara-negara Asia Tenggara serta beberapa negara Afrika.

Felix mengungkapkan bahwa penjualan Stella bukan hanya di Indonesia tapi juga negara-negara Asia Tenggara serta beberapa negara Afrika. Termasuk Stella Balinese Jasmine Sensation juga diekspor ke luar negeri sembari memperkenalkan aroma khas bunga dari Indonesia.

"Kalau yang untuk Balinese Jasmine, kami akan membawa produk dengan formula yang sama dengan di Indonesia untuk dibawa ke luar negeri," tutur Felix. 

Setelah jasmine, Felix mengatakan bahwa Stella bakal meluncurkan aroma bunga lainnya untuk menjadi pewangi ruangan. Namun, ia mengatakan belum bisa menyampaikan jenis bunga yang dimaksud. 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya