Dream Theater Siapkan Album Parasomnia Bareng Mike Portnoy Tahun Depan, Lagu Night Terror Berdurasi 10 Menit Meluncur Duluan

Dream Theater mengumumkan perilisan album baru mereka, Parasomnia, sekaligus sebuah lagu terbaru penuh energi berjudul "Night Terror".

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 11 Okt 2024, 19:30 WIB
Aksi panggung gitaris dan bassis band Dream Theater, John Petrucci dan John Myung saat menghibur penonton hari kedua JogjaRockarta International Music Festival 2017 di Stadion Kridosono, Jogjakarta, Sabtu (30/9). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Pada Kamis (10/10/2024) malam, band progressive metal Dream Theater mengumumkan melalui media sosial mereka bahwa album berjudul ‘Parasomnia’ akan segera dirilis dalam waktu dekat. Album ini menjadi momen spesial tersendiri bagi Dream Theater.

Pasalnya, album baru ini turut menandai kembalinya drummer sekaligus personel yang mendirikan Dream Theater, Mike Portnoy. Terakhir kali, Mike Portnoy terlibat dalam album berjudul ‘Dark Clouds & Silver Linings’ pada 2009 silam.

Parasomnia akan menjadi album studio ke-16 Dream Theater sekaligus album ke-11 mereka yang melibatkan Mike Portnoy. Album ini dijadwalkan akan rilis pada 7 Februari 2025 mendatang dan bisa mulai dipesan mulai 11 Oktober 2024.

Dalam rangka merayakan pengumuman ini, Dream Theater turut merilis single baru mereka yang berjudul "Night Terror", bersama video musiknya. Menariknya, lagu ini berdurasi sekitar 10 menit dengan menonjolkan gaya permainan drum teknikal khas Mike Portnoy, berpadu dengan permainan rumit yang menjadi ciri khas band ini.

 


Kesan Mendalam pada Album Baru

Salah satu hal yang mengejutkan dan spesial adalah Dream Theater menghadirkan lagu Indonesia Raya di penampilannya. Selain itu, alunan musik khas tanah Jawa juga terdengar di tengah-tengah penampilannya. (Bambang E.Ros/Bintang.com)

Melansir NME, Dream Theater dalam siaran pers mereka, menulis, "Album ini menandai awal babak baru yang spesial bagi kami, baik sebagai rekan band maupun sebagai saudara."

"Album ini bukan hanya mencerminkan perkembangan kami sebagai musisi, tetapi juga perjalanan yang telah kami lalui bersama selama empat dekade terakhir," sambung mereka.

 

 


Isi Album dan Siap-Siap Tur

Konser Jogjarockarta 2017 (Bambang E. Ros/bintang.com)

Berikut daftar lagu untuk album ‘Parasomnia’, mengutip Instagram @dreamtheaterofficial:

1. In The Arms Of Morpheus (5:22)

2. Night Terror (9:55)

3. A Broken Man (8:30)

4. Dead Asleep (11:06)

5. Midnight Messiah (7:58)

6. Are We Dreaming? (1:28)

7. Bend The Clock (7:24)

8. The Shadow Man Incident (19:32)

Dream Theater juga akan memulai tur pertama mereka bersama Mike Portnoy setelah kembalinya sang drummer, dalam rangka merayakan ulang tahun ke-40 band ini. Tur Eropa tersebut akan dimulai di London pada 20 Oktober.

 


Antusiasi Bisa Kembali

Konser Jogjarockarta 2017 (Bambang E. Ros/bintang.com)

Pada April 2024 lalu, Mike Portnoy sempat mengatakan kepada penggemar bahwa mereka “terpukau” dengan materi yang telah mereka buat sendiri.

"Kami tidak sabar menunggu kalian semua mendengarnya… tapi harap bersabar, semua akan terungkap pada waktunya...," tulis Portnoy.

Sebelum kembali ke Dream Theater, Portnoy sempat vakum pada tahun 2010 karena mengalami kelelahan dan ingin fokus pada proyek lain. Selama periode itu, ia bermain bersama beberapa band seperti Avenged Sevenfold, Sons of Apollo, Metal Allegiance, Twisted Sister, dan The Winery Dogs.

 


Sempat Digantikan Sementara

Posisi drummer Dream Theater selama Portnoy absen diisi oleh Mike Mangini. Setelah Portnoy resmi kembali pada Oktober lalu, Mangini merilis pernyataan di situs resmi band tersebut.

"Saya memahami keputusan Dream Theater untuk membawa Mike Portnoy kembali. Seperti yang dikatakan sejak hari pertama, peran saya bukan untuk menggantikan semua peran Mike di band. Saya hanya bertugas memainkan drum untuk membantu band tetap berjalan...," tulisnya.

"Untuk para penggemar: terima kasih banyak atas dukungan kalian yang luar biasa. Saya menghargai setiap momen bersama kalian, melihat kalian menikmati musik kami. Saya benar-benar menyayangi band ini, tim, dan manajemennya, dan saya berharap yang terbaik untuk seluruh organisasi Dream Theater di masa mendatang," tutup Mike Mangini.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya