5 Manfaat Mandi Air Hangat, Mampu Mengatasi Stres Hingga Nyeri Otot

Salah satu solusi untuk mengatasi stres yaitu melakukan mandi dengan air hangat. Hal ini mampu memberikan ketenangan mental dan emosional Anda. Selain itu, mandi air hangat juga dapat mengatasi nyeri otot dan sendi.

oleh Cicilia Afrilia Damayanti Simbolon diperbarui 12 Okt 2024, 16:04 WIB
Ilustrasi Mandi (Foto oleh Armin Rimoldi dari Pexels)

Liputan6.com, Jakarta - Saat bangun tidur atau setelah melakukan aktivitas panjang Anda akan memutuskan untuk beranjak ke kamar mandi untuk mandi. Mandi dapat memberikan kesegaran bagi tubuh.

Sehingga, setelah seharian beraktivitas dengan paparan debu dan kotoran di kulit dapat dibersihkan oleh air dan sabun mandi. Selain itu, mandi juga membuat tubuh menjadi lebih rileks untuk melanjutkan aktivitas berikutnya.

Namun, sebagian orang malas untuk melakukan mandi dan memutuskan untuk tidak membersihkan diri. Hal ini dapat meningkatkan penumpukan bakteri dan jamur di tubuh bagian kulit Anda. Untuk mencegah hal tersebut Anda harus rutin mandi sehari sebanyak dua kali.

Selain itu, jika Anda memiliki waktu coba untuk mandi dengan air hangat. Dilansir dari Cleveland Clinic, Jumat (11/10/2024) mandi air hangat memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti berikut ini.

1. Membersihkan Tubuh

Manfaat utama mandi adalah membersihkan tubuh dari bakteri dan jamur seperti kotoran dan debu yang menempel di kulit. Namun, lebih dari itu mandi juga dapat mengekfoliasi tubuh Anda. Saat Anda menggosokan badan, kulit mati akan mengalami pengelupasan.

Hal ini membuat kulit Anda menjadi lebih lembut dan halus. Selain itu, rutin membasuh tubuh dengan mandi dapat menghindari gangguan pada kuku seperti iritasi, peradangan, dan luka akibat sel kulit mati. Untuk memperoleh lebih banyak manfaat, mandi dengan air hangat mampu membersihkan dan membuka pori-pori serta meresapkan sabun ke kulit dengan baik.


2. Meningkatkan Kesehatan Mental

ilustrasi perempuan tersenyum/Photo by Nursultan Bakyt on Unsplash

Mandi adalah salah satu atau yang paling utama sebagai perawatan diri. Ketika Anda memiliki kebiasaan merawat diri maka tubuh akan lebih sulit untuk mengalami stres. Hal ini terjadi karena mandi dapat menenangkan kulit yang berpengaruh pada kesehatan mental dan emosional Anda.

Namun, jika Anda merupakan seseorang yang jarang mandi, besar kemungkinan Anda rentan terserang stres. Stres dapat menyebabkan risiko penyakit seperti jantung, nyeri otot, refluks asam, hingga rambut rontok. Untuk mencegah hal tersebut rutin mandi adalah salah satu hal yang paling mudah untuk dilakukan. Anda dapat mandi dengan air hangat sebab air hangat mampu menurunkan hormon stres dan memberikan efek positif pada kesehatan mental dan emosional seseorang.


3. Tidur dengan Nyenyak

Ilustrasi seseorang mendengarkan musik sebelum tidur. (Sumber: Unsplash)

Mandi dengan air hangat mampu meningkatkan kualitas tidur. Sehingga, Anda akan lebih cepat tertidur dan tidak mengalami insomnia. Selain itu, air hangat mampu meningkatkan suhu tubuh Anda sehingga baik untuk aliran atau sirkulasi darah.

Saat tubuh Anda menghangat maka darah akan baik ke permukaan. Sehingga, suhu tubuh Anda mengalami penurunan. Penurunan suhu tubuh dapat meningkatkan relaksasi tubuh dan tidur yang nyenyak. Agar kualitas tidur Anda tetap terjaga, maka lakukan mandi selama 10 hingga 15 menit sebelum satu hingga dua jam menjelang tidur.


4. Menenangkan Otot dan Sendi

Tubuh manusia terdiri atas komposisi tubuh yaitu lemak dan otot serta air. (Foto: Unsplash.com/Christopher Campbell)

Berendam di air hangat dapat menenangkan otot dan sendi Anda. Selain itu, mandi dengan air hangat mampu meredakan nyeri dan ketegangan pada bagian otot dan sendi Anda. Dengan melakukan mandi atau berendam di air hangat nyeri dan tegang pada bagian otot dan sendi menjadi lebih baik.

Sehingga, Anda dapat melakukan aktivitas seperti sedia kala. Anda juga dapat melakukan olahraga kekuatan otot dan sendi dengan bebas. Tidak hanya mandi air hangat, mandi air dingin juga dapat meredakan nyeri otot Anda.


5. Membantu Menyembuhkan Luka

Ilustrasi iritasi kulit. Sumber: freepik

Saat Anda mandi artinya Anda membersihkan diri dari bakteri dan jamur yang menempel di kulit. Sehingga, kulit mati Anda mengalami pengelupasan. Hal ini membuktikan bahwa mandi dapat meredakan beberapa luka atau penyakit yang menginfeksi di kulit.

Untuk melakukan penyembuhan infeksi dan luka, beberapa disarankan untuk mandi dengan larutan air garam hangat. Hal ini dipercaya mampu menyembuhkan luka infeksi dan luka tersebut. Namun, mandi dengan larutan air garam hangat ini tetap membutuhkan anjuran dari dokter agar luka atau infeksi tidak bertambah parah.

Infografis Macam-Macam Perawatan Kecantikan Terkini. (Dok: Liputan6.com/abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya