Sosok Tengku Natasya Adnan, Perempuan Berdarah Indonesia Calon Istri Pangeran Malaysia

Jelang pernikahan dengan Pangeran Malaysia Tengku Muhammad Iskandar Ri'ayatuddin Shah, Tengku Natasya Adnan sudah mengikuti pengajian dan prosesi siraman bak calon pengantin Jawa.

oleh Asnida Riani diperbarui 11 Okt 2024, 17:30 WIB
Perempuan berdarah Indonesia, Tengku Natasya Adnan Tengku Mansor, di acara pengajian jelang pernikahan dengan Pangeran Malaysia, Tengku Muhammad Iskandar Ri'ayatuddin Shah. (dok. tangkapan layar video Instagram @kesultanan.pahang/https://www.instagram.com/reel/DAzYN3wBtpg/)

Liputan6.com, Jakarta - Spekulasi pernikahan antara Tengku Muhammad Iskandar Ri'ayatuddin Shah, putra Sultan Pahang Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah, dengan Tengku Natasya Adnan Tengku Mansor, putri mantan Menteri Wilayah Federal Malaysia, Datuk Seri Tengku Adnan Tengku Mansor, akhirnya terjawab. Berdasarkan unggahan Instagram Kesultanan Pahang, pengajian jelang pernikahan telah diikuti Natasya pada Sabtu, 5 Oktober 2024.

Siapa sebenarnya calon istri Pangeran Malaysia ini? Menurut GLAM, dilansir dari Hype Malaysia, Jumat, 11 Oktober 2024, Natasya lahir pada 1995, sehingga ia berusia 29 tahun tahun ini. Calon suaminya, Tengku Muhammad, lahir pada 1997, dua tahun lebih muda dari kekasihnya.

Natasya merupakan perempuan blasteran Indonesia-Malaysia. Ibunda Natasya, Datin Seri Utama, Enny Beatrice Ferlat Kusumo Anggraini, dulunya adalah seorang aktris terkenal Indonesia di tahun 80an, yang membintangi film, seperti "Ke Ujung Dunia" dan "Patah Hati Seorang Ibu."

Ia bertemu suaminya, Tengku Adnan, pada 1988 dan keduanya menikah tahun berikutnya. Menurut LifestyleAsia, Natasya memiliki lima saudara; Tengku Iqbal, Tengku Hafiz, Tengku Nadira, Tengku Najwa, dan Tengku Nabila.

Ayahnya dikaruniai lima orang anak lain dari pernikahan sebelumnya; Tengku Daud, Tengku Balqish, Tengku Yazir, dan Tengku Nadiah. Saat ini, belum ada informasi mengenai kapan atau bagaimana ia dan Pangeran Pahang bertemu, tapi rumor tentang hubungan mereka mulai beredar pada awal April 2024.

Berita tentang pernikahan kerajaan yang akan datang dikonfirmasi Selir Kerajaan Pahang Tunku Azizah di salah satu agenda publik pada Juli 2024. Saat pengajian, Natasya tampil anggun dalam balutan gamis dusty pink yang dipadukan hijab berwarna serasi.


Prosesi Siraman

Perempuan berdarah Indonesia, Tengku Natasya Adnan Tengku Mansor, di acara siraman jelang pernikahan dengan Pangeran Malaysia, Tengku Muhammad Iskandar Ri'ayatuddin Shah. (dok. tangkapan layar video Instagram @kesultanan.pahang/https://www.instagram.com/p/DAztoV8S54u/)

Acara khatam Al-Qur’an berlangsung di Taman Duta. Turut hadir di sana adalah YAM Tengku Puteri Raja Tengku Puteri Afzan Aminah Hafidztullah, YAM Tengku Puteri Raja Tengku Puteri Illisha Ameera, YAM Tengku Puteri Raja Tengku Puteri Illyana, dan YHM Che Puan Pangetri Hajjah Suraiya Afzan Dato' Haji Mohammed Moiz.

Selain pengajian, pasangan ini menjalani prosesi siraman bak pengantin Jawa, yang merupakan anggukan daerah asal ibunda Natasya. Di video yang diunggah melalui akun Instagram Kesultanan Pahang, Yang Mulia Sultan Pahang Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah Ibni Almarhum Sultan Haji Ahmad Shah dan Yang Mulia Tengku Ampuan Pahang Tunku Azizah Aminah Maimunah Iskandariah menghadiri siraman pasangan itu, yang juga berlangsung di Taman Duta.

Saat siraman, Tengku Muhammad mengenakan kemeja Melayu berwarna putih, lengkap dengan ronce melati. Sementara itu, Natasya tampil dengan busana khas Jawa berupa kebaya kutubaru hijau dan kain batik cokelat nan klasik.

Konon, upacara pernikahan Pangeran Kerajaan YAM Tengku Arif Bandahara Tengku Muhammad dengan YM Tengku Natasya rencananya akan dilangsungkan pada 24, 25, dan 27 Oktober 2024. Rangkaiannya akan dilangsungkan di Istana Abdulaziz, Kuantan, Pahang.


Jelang Pernikahan

Pangeran Malaysia, Tengku Muhammad Iskandar Ri'ayatuddin Shah, menjalani prosesi siraman jelang pernikahan dengan perempuan berdarah Indonesia, Tengku Natasya Adnan Tengku Mansor. (dok. tangkapan layar video Instagram @kesultanan.pahang/https://www.instagram.com/p/DAztoV8S54u/)

Turut hadir di acara siraman adalah Yang Mulia Tengku Mahkota Pahang Tengku Hassanal Ibrahim Alam Shah Ibni Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah, YAM Tengku Panglider Brigjen Tengku Amir Nasser Ibrahim Shah, YHM Che Puan Panglim Raja Putri Hajjah Suraiya Afzan binti Dato' Indera Haji Mohammed Moiz, YAM Tengku Panglima Perang Tengku Ahmad Ismail Mu'adzam Shah, YAM Tengku Puteri Raja Tengku Puteri Afzan Aminah Hafidzatullah, YAM Tengku Puteri Raja Tengku Puteri Illisha Ameera, dan YAM Tengku Puteri Raja Tengku Puteri Ilyana.

Pernikahan kerajaan dari Asia Tenggara yang sebelumnya menyita perhatian adalah persatuan Pangeran Abdul Mateen dari Brunei dengan Annisa Rosnah. Prosesi akad nikah keduanya berlangsung pada Kamis, 11 Januari 2024 di Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.

Melansir People, Senin, 15 Januari 2024, rangkaian prosesi pernikahan Pangeran Mateen dan Anisha digelar 10 hari. Selama itu pula, pasangan ini harus terpisah dan akhirnya bertemu lagi saat resepsi pernikahan yang dilaksanakan Minggu, 14 Januari 2024.


Pernikahan Kerajaan

Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah resmi menikah. (dok. Instagram @tmski/https://www.instagram.com/p/C2FWz3Mvh5e/?img_index=1/Dinny Mutiah)

Pangeran Mateen dan Anisha duduk bersama untuk upacara di Istana Nurul Iman. Keduanya lalu melambaikan tangan ke arah massa yang berkumpul di sepanjang jalan ibu kota Brunei, Bandar Seri Begawan.

Anisha melengkapi gaun pengantin lengan panjang dan kerudung dramatisnya dengan perhiasan yang memukau. Ia mengenakan tiara berlian yang sebelumnya dikenakan Putri Azemah, saudara perempuan Pangeran Mateen, di atas kerudung yang menutupi rambutnya.

Pengantin perempuan juga mengenakan sepasang anting dan kalung berlian menakjubkan dengan liontin besar. Pemilik nama Anisha Rosnah Isa-Kalebic tersebut juga membawa buket bunga kecil.

Tamu kerajaan yang hadir termasuk Raja Abdullah dan Ratu Azizah dari Malaysia, Raja Jigme dan Ratu Jetsun Pema dari Bhutan, dan Putri Noor dari Yordania. Perayaan pernikahan dilanjutkan dengan jamuan glamor pada Senin, 15 Januari 2024.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunaikan niatnya menghadiri undangan resepsi pernikahan Pangeran Mateen dan Anisha di Istana Nurul Iman. Ia menyaksikan langsung ritual tradisi pernikahan kerajaan di barisan depan, berdampingan dengan Ratu Bhutan Jetsun Pema pada Minggu, 14 Januari 2024.

Infografis: Aksesori Kepala Pengantin di Pernikahan Tradisional.  (Liputan6.com/Triyasni)    

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya