Bosan Tampilan WhatsApp yang Itu-itu Aja? Fitur Tema Chat Akhirnya Tiba!

Aplikasi pesan instan yang populer milik Meta meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk lebih mempersonalisasi pengalaman chatting. Simak selengkapnya di sini.

oleh Dinda Ariyani diperbarui 14 Okt 2024, 09:30 WIB
Ilustrasi WhatsApp, chat WA. (Photo by syifa5610 on Freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Akhirnya! WhatsApp memberikan pengguna kebebasan untuk mempersonalisasi aplikasi pesan instan populer milik Meta dengan fitur kustomisasi tema chat. Kini, pengguna bisa memilih satu dari 22 tema berbeda untuk membuat percakapan lebih personal.

Selama ini, opsi kustomisasi tema di WhatsApp cukup terbatas, hanya menawarkan pilihan Default, Light, dan Dark. Namun, dengan versi beta WhatsApp 2.24.21.34 melalui Google Play Beta Program, pengguna Android akan mendapatkan lebih banyak pilihan tema hingga 20 variasi warna.

Menurut laporan dari BABetaIndo, penguna juga bisa mengakses halaman pengaturan baru untuk tema chat, yang memungkinkan mereka mengubah warna chat serta wallpaper sesuai prefensi.

Mengutip Android Police, Senin (14/10/2024), pengguna dapat memilih tema default yang akan diterapkan ke semua percakapan atau mengatur tema berbeda untuk setiap chat.

Setiap kali tema baru diterapkan, WhatsApp secara otomatis akan secara otomatis menyesuaikan warna chat dipilih. Bagi yang ingin lebih banyak kustomisasi, warna untuk percakapan tertentu juga bisa diubah secara manual. 

Kabar baiknya, kustomisasi ini bersifat pribadi. Artinya, hanya pengguna yang dapat melihat perubahan tema sehingga tidak perlu khawatir penampilan chat akan dinilai oleh penerima pesan.

Meskipun fitur ini sudah diluncurkan dalam versi beta, aksesnya masih terbatas pada sejumlah kecil pengguna. Di iOS, fitur ini juga mulai tersedia melalui pembaruan WhatsApp 24.20.71, kendati demikian, belum semua pengguna iPhone bisa menikmatinya.

Jadi kamu belum melihat fitur baru WhatsApp ini di perangkat kamu, jangan khawatir, karena peluncuran bertahap sedang berlangsung


WhatsApp Gulirkan Fitur Mention dan Like di Status WhatsApp

Ilustrasi WhatsApp (Image by iGlobalWeb from Pixabay)

WhatsApp sebelumnya juga mengumumkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk me-mention dan memberikan like atau tanda suka pada WhatsApp Status.

"Status WhatsApp merupakan cara terbaik untuk tetap terhubung dengan teman serta keluarga. Sekarang, kami menjadikannya lebih baik. Dengan fitur suka status, penyebutan privat, dan kemampuan untuk membagikan ulang status yang menyebut Anda, kami memudahkan Anda menjangkau orang-orang yang paling berarti," kata WhatsApp dalam keterangannya.

Mengutip keterangan WhatsApp, Jumat (4/10/2024), berikut adalah update baru di Status WhatsApp:

  • Penyebutan Status: Sekarang pengguna dapat menyebut hingga lima teman sekaligus, tanpa membiarkan orang lain tahu jika ada yang kamu tag. Teman yang disebut juga dapat membagikan ulang Status kamu.
  • Menyukai Status: Selain itu, kami juga meluncurkan fitur “suka”. Sekarang pengguna bisa memberikan tanda “suka” di Status teman dengan sekali ketukan.

Sekadar informasi, fitur ini sudah mulai diluncurkan hari ini, Jumat 4 Oktober 2024 dan akan tersedia untuk semua pengguna WhatsApp Status secara global.


Fitur Baru WhatsApp yang Lainnya

Ilustrasi WA (WhatsApp). (Photo by BM Amaro from Pexels)

Sebelumnya, untuk membuat percakapan tambah asyik, terbaru WhatsApp hadirkan fitur baru WhatsApp yakni filter dan latar belakang agar panggilan telepon video (video call) menjadi lebih interaktif.

Mengutip keterangan resmi WhatsApp, Kamis (3/10/2024) dengan efek baru ini, pengguna bisa mengubah latar belakang atau menambahkan filter saat sedang melakukan video call. Kehadiran filter background ini bisa membuat panggilan video lebih bersifat personal.

Filter dirancang untuk membantu pengguna menciptakan suasana yang lebih asyik. Mulai dengan menambahkan percikan warna atau membuat video jadi lebih artistik.

Sementara, dengan background atau latar belakang, privasi ruang sekitar ketika video call WhatsApp bisa tetap terjaga sekaligus membuat pengguna tampak sedang ada di tempat lain. Misalnya kedai kopi estetik atau ruang tamu nyaman, sehingga tampilan bisa lebih bersih dan rapi.

Sejauh ini, aplikasi WhatsApp menghadirkan 10 filter dan 10 background yang bisa dipilih dan dipadupadankan untuk membuat tampilan yang unik ketika sedang video call.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya