Dapat Pendidikan Politik, Siswa SMA Pemilih Pemula Rokan Hulu Siap Mencoblos

Puluhan dari ratusan siswa SMK Negeri 002 di Desa Ujungbatu Timur, Kecamatan Ujungbatu, Kabupaten Rokan Hulu, pada Pilkada serentak tahun ini terdaftar sebagai pemula.

oleh M Syukur diperbarui 11 Okt 2024, 21:12 WIB
Siswa SMA di Rokan Hulu mendapatkan pendidikan politik sebagai pemilih pemula Pilkada 2024. (Liputan6.com/M Syukur)

Liputan6.com, Pekanbaru - Puluhan dari ratusan siswa SMK Negeri 002 di Desa Ujungbatu Timur, Kecamatan Ujungbatu, Kabupaten Rokan Hulu, pada Pilkada serentak tahun ini terdaftar sebagai pemilih pemula. Mereka diajak tidak golput dan datang ke tempat pemungutan suara pada 27 November 2024.

Sebelum itu, mereka mendapatkan pengetahuan politik dari Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan Ujungbatu Izwan, Kapolsek AKP Robby Hidayat serta Pengawas Pemilihan Kecamatan beserta jajaran.

 

Kepala Sekolah SMKN 2 Ujung Batu Refi Marlinda SPd MIP berterimakasih kepada Ketua PPK dan Kapolsek Ujungbatu yang datang ke sekolah memberikan pendidikan berdemokrasi kepada siswa. Terkhususnya soal Pilkada 2024 yang puncaknya pada 27 November nanti.

"Siswa memperhatikan dengan baik apa yang disampaikan pemateri," kata Refi.

Sementara, Ketua PPK Ujungbatu Izwan berterimakasih kepada pihak sekolah karena memberikan kesempatan mensosialisasikan pendidikan politik bagi pemilih pemula dalam pemilihan Tahun 2024.

"Kami mengajak siswa kelas 12 yang sudah berumur 17 tahun untuk memberikan hak suara," katanya.

AKP Robby Hidayat juga berterimakasih Karena sekolah menyambut baik kepolisian. Sebelum masuk ke materi Pilkada, Robby meminta siswa menjauhi balap liar karena membahayakan diri sendiri, orang lain dan keluarga.

Robby menyebutkan, kepolisian tidak hanya sebagai pengawal ataupun mengamankan Pilkada tapi juga turut memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang hak politiknya.

"Bagi adik-adik yang sudah memiliki KTP, jangan golput, pergunakan hak suara untuk pertama kali," kata Robby mewakili Kapolres Rohul AKBP Budi Setiyono SIK.

Robby ingin pemilih pemula turut menciptakan situasi aman selama tahapan Pilkada berlangsung. Selanjutnya mengajak teman-teman sepermainan yang sudah cukup umur menyalurkan hak suara.

"Jauhi politik uang, bijaklah memakan media sosial, ayo memilih, jangan golput," katanya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya