Polisi Harap Kades dan Tokoh Masyarakat Netralisasi Isu Provokatif Pilkada

Polres Rokan Hulu berharap kepala desa, tokoh masyarakat dan tokoh agama menetralisasi isu pemecah belah warga selama Pilkada.

oleh M Syukur diperbarui 11 Okt 2024, 22:13 WIB
Personel Polres Rokan Hulu bersama puluhan warga dalam kampanye Pilkada damai. (Liputan6.com/M Syukur)

Liputan6.com, Pekanbaru - Kampanye politik pasangan calon kepala daerah di Riau berjalan aman tanpa gesekan pendukung. Riak-riak selama tahapan kampanye Pilkada 2024 tetap ada tapi di tingkatkan pasangan gubernur karena terdapat saling tuding soal kecurangan.

Apa yang terjadi di tingkatan provinsi ini berusaha dibendung Polres Rokan Hulu. Setiap personel turun ke masyarakat mengajak semua pihak menjaga netralitas seperti para kepala desa hingga camat.

 

Seperti yang dilakukan Kapolsek Kunto Darussalam AKP Buyung Kardinal di Desa Pasir Luhur. Ratusan warga berkumpul bersama kepala desa, tokoh masyarakat hingga tokoh agama di pendopo.

Mereka bersilaturahmi dan berdiskusi agar Pilkada serentak di desa tersebut berjalan aman. Warga sepakat selalu menjaga silaturahmi dan tidak saling berselisih karena beda pilihan.

"Saat ini tahapan Pilkada 2024, ada perbedaan pilihan dan berpotensi menimbulkan perselisihan, jangan sampai itu terjadi karena yang utama adalah silaturahmi," kata Buyung.

Pilkada Rohul diikuti 5 pasangan calon. Mereka sudah berkampanye terbatas atau tatap muka untuk menggaet hati warga sehingga masyarakat berada dalam ragam pilihan.

"Siapa pun yang dipilih nantinya, persaudaraan di antara kita jangan sampai terputus," tegasnya.

Buyung juga meminta kepala desa netral dalam Pilkada. Hak politik yang dimiliki kepala desa jangan sampai mempengaruhi orang lain, berpihak kepada salah satu calon dan mengajak masyarakat memilihnya.

"Kepala desa dan tokoh sebagai penetralisir jika terjadi perselisihan warga karena beda pilihan," kata Buyung.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Jauhi Provokasi

Buyung juga mengingatkan masyarakat tidak mudah terprovokasi isu dan kabar di media sosial yang berisi konten adu domba dan kampanye hitam. 

Sementara itu, Kepala Desa Pasir Luhur Soleman mengucapkan terima kasih kepada Polsek Kunto Darussalam karena telah bersilaturahmi bersama Masyarakat.

"Kami mengapresiasi Polri yang berusaha mengamankan tahapan Pilkada, semoga kepolisian makin jaya dan semakin dicintai oleh masyarakat," kata Soleman.

 

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya