Daya Tarik Jatinangor National Park, Tempat Wisata Keluarga di Sumedang

Jatinangor National Park menjadi salah satu tempat wisata atau rekreasi keluarga yang menarik di Sumedang.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 14 Okt 2024, 06:00 WIB
Jatinangor National Flower Park.

Liputan6.com, Bandung - Sumedang merupakan salah satu daerah di Provinsi Jawa Barat yang mempunyai daya tarik tersendiri. Salah satu ciri khas dari kota ini adalah sajian Tahu yang terkenal gurih dan enak sehingga sering jadi oleh-oleh yang wajib dibawa dari kota tersebut.

Kota Sumedang berjarak sekitar 45 km timur laut Kota Bandung dan terdiri atas 26 kecamatan, 7 kelurahan, hingga 270 desa. Kota ini memiliki sejumlah tempat wisata menarik terutama wisata alamnya.

Menikmati waktu berlibur ke Sumedang saat ini bisa diakses dengan mudah terutama bagi wisatawan yang ingin mencari suasana tenang dengan pemandangan alam yang indah serta mempesona.

Kemudian, kota ini juga memiliki destinasi rekreasi yang menarik untuk dinikmati bersama keluarga. Salah satunya adalah Jatinangor National Park yang dikenal dengan wahananya yang seru dan suasana yang masih asri.

Tempat ini menjadi destinasi favorit banyak keluarga terutama untuk mengajak anak-anaknya menikmati akhir pekan. Salah satu tampilan ikonik yang ada di tempat wisata ini adalah bangunan warna-warni dengan taman bunga yang cantik.

Sebagai tempat rekreasi Jatinangor National Park juga menawarkan pemandangan latar belakang yang megah dari pegunungan. Tempatnya dikenal sebagai istana dengan koleksi bunga yang beragam.

Tentunya tempat wisata ini cocok dikunjungi bersama keluarga besar, teman, atau bahkan pasangan.

 

Simak Video Pilihan Ini:


Mengenal Jatinangor National Park

ilustrasi ibu dan anak/copyright fimela/adrian putra

Melansir dari situs resminya Jatinangor National Park atau Jatinangor National Flower Park merupakan tempat wisata menarik di Kabupaten Sumedang. Tempat ini juga dikenal dengan nama Jans Park dan pertama kali dibuka sejak 18 November 2022.

Jatinangor National Park mempunyai luas sekitar 7.5 hektar dengan pemandangan yang indah yaitu pegunungan Manglayang. Tempat ini juga menjadi pelopor florawisata terbesar yang ada di Indonesia.

Kemudian tempat ini memiliki keunikan tidak hanya dari wahananya tetapi juga bentuk bangunannya. Diketahui Jans Park mengusung konsep negeri dongeng dengan bangunan seperti istana.

Sementara itu, tempat ini juga menjadi rumah untuk sejumlah koleksi bunga cantik yang tersedia di area tamannya. Adapun bentuk bangunan istana di Jatinangor National Park konon terinspirasi dari bangunan St. Basil’s Cathedral di Moskow, Rusia.


Daya Tarik Jatinangor National Park

Ilustrasi bianglala. (dok. Unsplash.com/Hello I'm Nik/@helloimnik)

Sebagai tempat rekreasi, Jatinangor National Park menawarkan banyak sekali wahana hingga aktivitas yang menarik. Melansir dari media sosialnya ada banyak wahana yang bisa dimainkan baik oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Salah satu wahana yang populer adalah wahana Rainbow Slide yang meluncur tinggi namun dengan pemandangan alam yang indah. Kemudian terdapat wahana ontang anting yang berputar memacu adrenalin.

Tempat ini juga dilengkapi dengan wahana bianglala yang memperlihatkan keindahan Sumedang, komidi putar, area bermain air anak, hingga menaiki skuter untuk mengelilingi taman sekitarnya.

Selain itu, masih ada banyak wahana lain yang bisa dilakukan di Jatinangor National Park. Tempat wisata ini juga terpantau sudah meraih rating 4,4 dari 595 pengguna dalam ulasan Google.


Lokasi dan Harga ke Jatinangor National Park

ilustrasi anak bermain/Photo by Leo Rivas on Unsplash

Jatinangor National Park berlokasi di Cileles, Kec. Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Tempat wisata ini bisa ditemukan dengan mudah karena tidak jauh dari kawasan pendidikan terkenal.

Diketahui tempat ini dekat dengan kawasan Universitas Padjajaran, Institut Teknologi Bandung, dan Institut Pemerintahan Dalam Negeri. Sementara itu, perjalanan dari pusat kota Bandung berjarak sekitar 31,5 km atau 41 menit perjalanan.

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi dan keluar dari Gerbang Tol Cileunyi bisa menempuh perjalanan sekitar 4,4 km atau 9 menit perjalanan. Adapun untuk harga tiket masuknya tempat ini memiliki tarif yang terjangkau.

Melansir dari situs resminya Jatinangor National Park mempunyai harga tiket masuk Rp 30 ribu per orang pada hari biasa dan Rp 40 ribu per orang pada akhir pekan. Sementara itu untuk harga wahana bisa berbeda-beda tetapi ada tiket langsungan yang bisa dibeli.

Untuk tiket langsungan pengunjung bisa membayar sekitar Rp 90 ribu di hari biasa dan Rp 100 ribu di akhir pekan. Melalui tiket tersebut para wisatawan bisa menikmati sekitar 21 wahana yang ada di tempat tersebut.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya