Bukan Cuma untuk Manchester City, Erling Haaland Juga Pecahkan Rekor di Timnas Norwegia

Mesin gol Manchester City Erling Haaland telah memahkotai dirinya sebagai pemain pria Norwegia tersubur sepanjang masa usai merobek gawang Slovenia dua kali di ajang UEFA Nations League, Jumat (11/10/2024) dini hari WIB.

oleh Rahmat Fathurahman diperbarui 11 Okt 2024, 23:00 WIB
Penyerang Norwegia #09, Erling Braut Haaland (C), melakukan selebrasi setelah mencetak gol 3-0 saat pertandingan UEFA Nations League Liga B Grup 3B antara Norwegia melawan Slovenia di Stadion Ullevaal di Oslo, Norwegia, Jumat dini hari WIB (11/10/2024). (Terje Pedersen / NTB / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Mesin gol Manchester City Erling Haaland telah memahkotai dirinya sebagai pemain pria Norwegia tersubur sepanjang masa usai merobek gawang Slovenia dua kali di ajang UEFA Nations League, Jumat (11/10/2024) dini hari WIB.

Mantan pemain Borussia Dortmund dan Red Bull Salzburg ini memasuki jeda internasional Oktober dengan catatan gemilang 32 gol hanya dari 35 pertandingan, yang menempatkannya di posisi kedua dalam daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk timnas Norwegia, di bawah Jorgen Juve.

Juve berhasil mengemas 33 gol dalam 45 pertandingan untuk Norwegia dalam periode 1928-1937, dengan gol terakhirnya tercipta pada tahun 1934. Namun, Haaland menyamai pencapaian tersebut dalam sembilan pertandingan lebih sedikit ketika ia membuka gol kemenangan 3-0 atas Slovenia pada menit ketujuh pertandingan.

Tidak puas hanya menyetarakan rekor Juve, pemain berusia 24 tahun itu mengukir gol ke-34 bagi negaranya setelah satu jam pertandingan, dengan satu angka lain disumbang Alexander Sorloth.

Dengan 34 gol hanya dalam 36 pertandingan untuk timnas, Haaland kini bertahta di puncak daftar pencetak gol sepanjang masa timnas pria Norwegia, meski ia harus berjibaku sebelum memecahkan rekor di negaranya.


Bidik Rekor Pemain Tersubur Norwegia

Erling Haaland (tengah), menendang bola dari titik penalti yang menghasilkan gol keempat bagi Manchester City saat melawan Fulham dalam pertandingan pekan keempat Liga Inggris 2023/2024 yang berlangsung di Etihad Stadium, Sabtu (2/9/2023). Haaland mencetak hattrick pertamanya dalam pertandingan ini. (AP Photo/Dave Thompson)

Ada sembilan pemain putri Norwegia yang lebih subur ketimbang Haaland. Dia masih membutuhkan 32 gol lagi untuk mengejar pencetak gol terbanyak Isabell Herlovsen (67) dan memahkotai dirinya sebagai pemegang rekor mutlak.

Dua pemain dalam jajaran 10 besar putri, yaitu Ada Hegerberg (47) dan Caroline Graham Hansen (46), juga maih berkiprah untuk Norwegia, Namun, Haaland diprediksi akan dengan mudah melampaui rekor keseluruhan jika ia terus mencetak gol dengan tempo sekarang.

Peraih Sepatu Emas Liga Primer ini mencatatkan rata-rata 0,94 gol per pertandingan untuk timnas Norwegia, yang berarti ia berada pada trek untuk mengemas 68 gol hanya dalam 73 penampilan untuk negaranya.

 


Rekor Lain Erling Haaland

Dari segi peluang, Man City melepaskan 21 tembakan dengan 5 mengarah ke gawang. Sementara Nerazzurri memproduksi 13 tembakan yang 4 di antaranya tepat sasaran. (AP Photo/Dave Thompson)

Masih berusia 24 tahun, Haaland berpotensi untuk terus menjebol gawang selama satu dekade ke depan. Namun, dia telah mengukir legacy dalam sejarah klub dan negaranya.

Dengan 36 gol dalam debut sensasionalnya di liga utama bersama Man City, Haaland menghancurkan rekor Liga Premier dalam satu musim, sambil juga mengemas total 52 gol di semua kompetisi, sebuah pencapaian fenomenal baru untuk pemain Liga Premier. 

Musim lalu, Haaland juga menembus angka 100 gol di lima liga top Eropa dalam waktu singkat, hanya membutuhkan 103 penampilan untuk mencapai tonggak bersejarah tersebut, 30 laga lebih sedikit dari pemegang rekor sebelumnya Ronaldo Nazario. 

Lebih mencengangkan lagi, Haaland juga berhasil mencetak 50 gol di Premier League hanya dalam 48 pertandingan, rekor terbaik di kompetisi tersebut. Ia melanjutkan tren bagus dengan menggelontorkan sembilan gol dalam empat pertandingan liga utama musim ini, sebuah prestasi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya