Ide Usaha Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga

Selain menambah penghasilan, menjalankan usaha secara mandiri juga bisa menambah produktivitas. Berikut beberapa ide usaha sampingan ibu rumah tangga yang bisa dicoba.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 13 Okt 2024, 10:00 WIB
Ilustrasi tumis buncis ala catering/copyright shutterstock.com/sunhaji

Liputan6.com, Yogyakarta - Ibu rumah tangga juga tetap bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dari rumah. Selain memiliki waktu yang fleksibel, ibu rumah tangga juga memiliki banyak pilihan usaha yang bisa dilakukan di rumah.

Selain menambah penghasilan, menjalankan usaha secara mandiri juga bisa menambah produktivitas. Berikut beberapa ide usaha sampingan ibu rumah tangga yang bisa dicoba:

1. Catering

Jika kamu hobi memasak dan memiliki waktu yang cukup luang, ide usaha catering bisa menjadi pilihan. Buat menu beragam, mulai dari makanan berat hingga makanan ringan. Mulailah usaha ini dengan menawarkannya ke kerabat terdekat.

2. Jasa Laundry

Ide usaha lainnya yang bisa dicoba adalah membuka usaha laundry. Kamu bisa menawarkan jasa laundry kiloan ataupun satuan.

Mulailah usaha ini dengan menawarkan jasa kepada tetangga atau orang terdekat. Setelahnya, buat selebaran untuk memperluas jangkauan.

3. Jasa Pembuatan Konten 

Jika kamu memiliki kemampuan menulis dan membuat konten, maka bukalah jasa pembuatan konten. Mulailah dengan menawarkan jasa penulisan artikel, blog, atau copywriting untuk bisnis kecil maupun UMKM.

Siapkan portofolio untuk mendukung bisnis tersebut. Kamu juga bisa menawarkan jasa pembuatan konten melalui sejumlah platform freelancer.

 


Konten Kreator dan Affiliator

4. Konten Kreator dan Affiliator

Menjadi konten kreator di era serba digital saat ini, ternyata cukup menguntungkan. Selain membuat konten, kamu juga bisa sekaligus menjadi affiliator.

Affiliator adalah seseorang yang mempromosikan suatu produk kepada orang lain. Jika rutin membuat konten, maka akan semakin banyak orang yang tertarik dan membeli barang yang kamu promosikan. Dengan demikian, komisi sebagai affiliator pun akan meningkat.

5. Online Shop

Salah satu ide usaha untuk ibu rumah tangga yang sudah banyak dilakukan adalah menjalankan bisnis online shop. Pilih produk dengan segmen tertentu, bisa seputar fesyen, aksesoris, kerajinan tangan, atau makanan.

Gunakan platform e-commerce yang menyajikan fitur toko online dengan beberapa syarat dan ketentuan. Selain membuat toko sendiri, kamu juga bisa menjadi reseller ataupun dropshipper.

Penulis: Resla

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya