Buatlah Mihrab di Rumah walau Sehamparan Sajadah, Doa Cepat Terkabul Kata UAH

UAH menekankan pentingnya membuat ruang atau kamar khusus sholat walau ukurannya hanya sehamparan sajadah.

oleh Liputan6.com diperbarui 12 Okt 2024, 00:30 WIB
Pesan dan Doa Ustaz Adi Hidayat (UAH) terkait Gempa di Cianjur

Liputan6.com,Cilacap - Pendakwah kondang asal Pandeglang Banten yang merupakan kader terbaik Muhammadiyah yakni Ustadz Adi Hidayat (UAH) menekankan pentingnya membuat mihrab di rumah.

Menurutnya, keutamaannya sangat dahsyat yakni doa cepat terkabul dan mempercepat datangnya rezeki dari Allah SWT.

Mihrab merupakan tempat yang hanya dikhususkan untuk ibadah, seperti sholat, membaca Al-Qur’an dan lain sebagainya.

Fungsi mihrab jika dibuat di rumah, lebih dominan dikhususkan untuk ibadah sholat. Jadi mihrab dalam pandangan UAH ini bisa juga difahami sebagai tempat sholat atau ruang sholat yang ada di rumah.

“Coba buat mihrab di rumah, mihrab. Mihrab itu tempat yang dikhususkan untuk kepentingan ibadah, walaupun sehamparan sajadah,” terangnya sebagaimana dikutip dari tayangan YouTube Audio Dakwah, Jumat (11/10/2024).

 

Simak Video Pilihan Ini:


Keutamaannya

Ulama kharismatik, Ustadz Adi Hidayat alias UAH. (YouTube Adi Hidayat Official)

UAH menjelaskan bahwa mihrab merupakan salah satu tempat yang istimewa sebagaimana diisyaratkan dalam Al-Qur'an.

“Jadi ada tiga tempat utama di Al-Qur’an, pertama mihrab, yang kedua musholla (QS. 2: 125), yang ketiga ada masjid,” paparnya.

Ia juga menekankan pentingnya membuat mihrab atau ruang khusus sholat di rumah yang di antara keutamaan dahsyatnya ialah memapu mempercepat terkabulnya doa.

“Saya mau bicara mihrab. Mihrab itu tempat yang diidtimewakan dalam Al-Qur’an yang dikhususkan hanya fungsi ibadah saja, tidak yang lainnya dan di antara keutamaan mihrab, dia bisa mempercepat terkabulnya doa,” terangnya.


Ceritakan Mihrab Maryam Ibunda Nabi Isa AS

Mihrab Masjid Ar-Rahmah Jeddah. (Liputan6.com/Wikimedia Commons/Faisal Al-Abdullah)

Oleh sebab keutamaan dahsyatnya itu UAH menadaskan agar seorang muslim membuat mihrab atau ruang khusus di rumah

“Satu-satunya tempat yang diisyaratkan dalam Al-Qur’an, mempercepat terkabulnya doa, mihrab,” tandasnya.

Nah Antum boleh bikin mihrab di rumah, tidak harus di masjid,” sambungnya.

Ia juga meceritakan salah seorang wanita sholehah yang merupakan ibunda Nabi Isa AS, yakni Maryam yang mempunyai ruang khusus untuk beribadah kepada Allah SWT.

Menurut UAH sebagaimana keterangan Al-Qur'an, fungsi mihrab yang lain ialah bisa mempercepat datangnya rezeki sebagaimana keterangan Al-Qur'an surah Ali Imran ayat 37.

“Apa dalilnya? Maryam. Maryam dibikinkan mihrab oleh orang tuanya, Imran dan Hanna," tandasnya.

“Perhatikan! Fungsi mihrab sekali lagi bisa mempercepat terkabulnya doa, yang kedua dapat mempercepat datangnya rezeki, apalagi kalau antum satukan doa dengan rezeki itu luar biasa,” sambungnya.

“Tau dari mana? ketika dibikinkan mihrab oleh bapak ibunya, Maryam beribadah di dalamnya, perhatikan apa yang terjadi QS. 3 ayat 37,” tandasnya.

Di bawah ini lafal selengkapnya QS. Ali Imran ayat 37:

فَتَقَبَّلَهَا رَبُّهَا بِقَبُوْلٍ حَسَنٍ وَّاَنْۢبَتَهَا نَبَاتًا حَسَنًاۖ وَّكَفَّلَهَا زَكَرِيَّا ۗ كُلَّمَا دَخَلَ عَلَيْهَا زَكَرِيَّا الْمِحْرَابَۙ وَجَدَ عِنْدَهَا رِزْقًا ۚ قَالَ يٰمَرْيَمُ اَنّٰى لَكِ هٰذَا ۗ قَالَتْ هُوَ مِنْ عِنْدِ اللّٰهِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ يَرْزُقُ مَنْ يَّشَاۤءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ.

Maka Dia (Allah) menerimanya dengan penerimaan yang baik, membesarkannya dengan pertumbuhan yang baik dan menyerahkan pemeliharaannya kepada Zakaria. Setiap kali Zakaria masuk menemuinya di mihrab (kamar khusus ibadah), dia dapati makanan di sisinya. Dia berkata, “Wahai Maryam! Dari mana ini engkau peroleh?” Dia (Maryam) menjawab, “Itu dari Allah.” Sesungguhnya Allah memberi rezeki kepada siapa yang Dia kehendaki tanpa perhitungan.

Penulis: Khazim Mahrur/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya