8 Potret Bernadya Berbusana Serba Hitam Saat Manggung, Bentuk Perlawanan

Kini di usianya yang baru menginjak 20 tahun, Bernadya telah merilis sejumlah lagu yang viral di media sosial, dan berhasil memikat hati penggemar dengan lirik-lirik penuh emosi dan nuansa galau.

oleh Fitriyani Puspa Samodra diperbarui 12 Okt 2024, 10:15 WIB
Potret Bernadya Berbusana Serba Hitam Saat Manggung (Sumber: Instagram/bernadyaribka)

Liputan6.com, Jakarta Bernadya Ribka Jayakusuma atau yang lebih dikenal sebagai Bernadya, adalah penyanyi muda berbakat yang tengah naik daun di industri musik Indonesia. Lahir di Surabaya pada 16 Maret 2004, Bernadya sudah menunjukkan bakatnya sejak kecil, yang kemudian membawanya berkompetisi di ajang The Voice Kids Indonesia pada tahun 2016, bergabung dengan tim Tulus.

Kini di usianya yang baru menginjak 20 tahun, Bernadya telah merilis sejumlah lagu yang viral di media sosial, dan berhasil memikat hati penggemar dengan lirik-lirik penuh emosi dan nuansa galau. Salah satu hal yang menarik perhatian publik adalah gaya busananya yang konsisten mengenakan pakaian serba hitam di setiap penampilan, terutama selama Tur Berjalan 2024 yang ia lakukan di lima kota. 

Bernadya menjelaskan bahwa busana hitam ini merupakan bagian dari konsep yang terinspirasi oleh lirik lagunya "Kata Mereka Ini Berlebihan," di mana ia menggambarkan baju hitam sebagai simbol perlawanan. Meski awalnya hanya untuk keperluan tur, pakaian serba hitam ini kemudian menjadi ciri khas Bernadya di atas panggung. Berikut potret Bernadya berbusana serba hitam saat manggung yang Liputan6.cim kumpulkan dari akun instagram pribadinya, Sabtu (12/10/2024).


1. Bernadya mulai mengenakan pakaian hitam sebagai bagian dari konsep lagu "Kata Mereka Ini Berlebihan".

Salah satu bagian lirik lagu tersebut berbunyi “Baju hitamku tak pernah kusentuh lagi sejak hari itu, Kau bilang warna gelap membosankan”. (Sumber: Instagram/bernadyaribka)

2. Pakaian hitam merupakan bentuk pemberontakan dari batasan yang tersirat dari lirit tersebut.

Baju hitam mengekspresikan perlawanan terhadap batasan yang pernah diberikan. (Sumber: Instagram/bernadyaribka)

3. Bernadya menyatakan bahwa busana serba hitam menjadi bagian dari proses berdamai dengan masa lalu.

Dengan begitu ia merasa bebas dari tekanan orang lain dan mampu mengekspresikan dirinya dengan lebih otentik. (Sumber: Instagram/bernadyaribka)

4. Pemilihan pakaian hitam juga terkait dengan visual dari artwork lagunya

Dalam artwork untuk lagu "Kata Mereka Ini Berlebihan," Bernadya tampil dengan rambut dikuncir dan pakaian hitam, menciptakan kesinambungan antara visual dan musiknya.(Sumber: Instagram/bernadyaribka)

5. Selama Tur Berjalan 2024, Bernadya secara konsisten mengenakan pakaian serba hitam.

Meskipun begitu, ia menegaskan bahwa hal ini hanyalah bagian dari konsep tur dan tidak selalu akan dipertahankan di konser-konser selanjutnya. (Sumber: Instagram/bernadyaribka)

6. Album Sialnya, Hidup Harus Tetap Berjalan yang dirilis pada Juni 2024, memiliki nuansa gelap dan misterius, sejalan dengan busana hitam yang ia kenakan.

Album ini mengeksplorasi perjalanan cinta yang sulit, menambah dimensi emosional dari penampilannya di atas panggung. (Sumber: Instagram/bernadyaribka)

7. Lagu "Kata Mereka Ini Berlebihan" menjadi pendahuluan untuk lagu-lagu selanjutnya dalam album, termasuk "Kini Mereka Tahu".

Narasi dalam album ini menjelaskan bagaimana seseorang yang telah melalui fase kehidupan yang penuh tantangan, yang tercermin dalam gaya busananya yang serba hitam. (Sumber: Instagram/bernadyaribka)

8. Album Sialnya, Hidup Harus Tetap Berjalan mencerminkan fase pendewasaan Bernadya sebagai seorang seniman. 

Dengan melibatkan produser Petra Sihombing dan Rendy Pandugo, album ini menggabungkan elemen musik gelap yang sejalan dengan pesan personal dan emosional yang ingin disampaikan Bernadya. (Sumber: Instagram/bernadyaribka)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya