Penemuan Sepatu dan Kaus Kaki di Puncak Gunung Everest Beri Petunjuk Misteri Hilangnya Pendaki 100 Tahun Lalu

Andrew 'Sandy' Irvine tak pernah kembali saat berusaha menaklukkan puncak Gunung Everest bersama rekannya, 100 tahun lalu.

oleh Henry diperbarui 12 Okt 2024, 20:30 WIB
Penemuan Jejak Kaki dan Sepatu Pendaki Bikin Misteri Penakluk Pertama Puncak Gunung Everest Masih Belum Terpecahkan

Liputan6.com, Jakarta - Tim dokumenter National Geographic belum lama ini menemukan sisa-sisa jejak manusia di Gunung Everest. Jejak tersebut berupa jejak kaki dan sepatu yang diperkirakan milik seorang pria yang hilang ketika mencoba mencapai puncak Everest, 100 tahun yang lalu.

Perubahan iklim semakin menipiskan salju dan es di sekitar Pegunungan Himalaya memperlihatkan tubuh para pendaki yang meninggal saat mengejar impian mereka untuk mendaki puncak gunung tertinggi di dunia itu. Melansir laman CNN, Jumat, 11 Oktober 2024, warga Inggris bernama Andrew 'Sandy' Irvine hilang pada 1924 bersama rekan pendakiannya George Mallory. Ketika itu, mereka berusaha menjadi orang pertama yang mencapai puncak Everest, 8.848 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Tubuh Mallory akhirnya ditemukan pada 1999, namun petunjuk tentang nasib Irvine masih sulit dilacak sampai tim National Geographic menemukan sepatu bot yang masih menutupi sisa-sisa kaki, di puncak Gletser Rongbuk Tengah. Setelah diperiksa lebih dekat, mereka menemukan kaus kaki berlabel merah dengan jahitan tulisan AC IRVINE yang membuat mereka makin meyakini bahwa sepatu itu milik Irvine.

Meski begitu, jasad Irvine belum kunjung bisa dilacak hingga masih meninggalkan misteri seputar keberadaan Irvine saat mendaki Everest. Pada Juni 2024, Kampus Magdalene, Cambdridge, tempat Mallory belajar pada 1905—1908 sebagai mahasiswa, mendigitalkan ratusan halaman korespondensi dan dokumen lain yang dikirim dan ditulis olehnya.

Secara keseluruhan, koleksi tersebut mencakup 840 surat dari tahun 1914—1924. Surat-surat tersebut menggambarkan berbagai kegiatan yang dilakukan Mallory, seperti pendakian-pendakian gunung yang dilakukannya, termasuk peristiwa wafatnya beberapa kru selama pendakian, keikutsertaannya dalam Pertempuran Somme di Perang Dunia I, hingga kunjungannya ke Amerika Serikat pada Era Pelarangan Alkohol.

Dari semua surat yang ada di koleksi tersebut, terdapat sekitar 440 surat pribadi yang dikirim oleh Ruth, sang istri, kepada Mallory. Di antara berbagai surat-surat tersebut, salah satu yang paling menarik adalah surat terakhir yang ditulis Mallory kepada Ruth sebelum melakukan upaya pendakian terakhirnya yang berakhir tragis.


Dua Kali Mendaki Gunung Everest

Virus Covid-19 terdeteksi di gunung Everest/dok. Unsplash Andreas

"Sayang, aku berharap sebaik mungkin yang aku bisa untuk engkau, bahwa kecemasanmu akan berakhir sebelum engkau mendapat surat ini, dengan berita terbaik. Yang juga akan menjadi yang tercepat. Perbandingannya 50 banding 1 melawan kami, tetapi kami tetap berusaha dan membuat diri kami sendiri bangga. Cinta yang besar untukmu. Sayangmu selalu, George."

Sebagai seseorang yang gemar mendaki gunung, Mallory telah mengunjungi Gunung Everest sebanyak dua kali sebelum ekspedisi pada 1924. Saat mendaki lagi pada 1924, saat berusia 37 tahun. ia dan Irvine meninggalkan Advanced Base Camp (6.500 meter) pada 3 Juni 1924.

Mereka mencapai Kamp 5 pada 6 Juni dan Kamp 6 pada 7 Juni, sebelum menuju puncak pada 8 Juni 1924. Banyak yang berspekulasi mengenai apakah Mallory dan Irvine berhasil mencapai puncak Everest atau tidak.

Kedua orang tersebut terakhir kali terlihat pada 8 Juni sore oleh anggota ekspedisi lain yang juga merupakan ahli geologi, Noel Odell. Ia berada jauh di belakang dan menemukan beberapa peralatan mereka di sebuah kamp.

Penemuan ini bisa memberikan petunjuk lebih lanjut tentang lokasi barang-barang pribadi tim dan dapat membantu memecahkan salah satu misteri pendakian gunung yang paling abadi: apakah Irvine dan Mallory pernah berhasil mencapai puncak. Hal ini dapat memastikan Irvine dan Mallory sebagai orang pertama yang berhasil mendaki puncak tersebut, hampir tiga dekade sebelum puncak pertama yang diakui pada 1953 oleh pendaki Edmund Hillary dan Tenzing Norgay.


Everest Tetap Banyak Menarik Minat Pendaki

Puncak Everest atau Mount Everest di pegunungan Himalaya. (AFP)

"Ini menceritakan keseluruhan cerita tentang apa yang mungkin terjadi," kata keponakan Irvine, Julie Summers, kepada National Geographic. Pendakian Everest pertama yang terdokumentasi terjadi hampir tiga dekade kemudian ketika warga Selandia Baru Edmund Hillary dan Sherpa Tenzing Norgay dari Nepal mendaki gunung tersebut pada 29 Mei 1953.

Dengan suhu yang sangat dingin –34 derajat Celcius, badai salju dan longsoran salju yang mengancam jiwa sering terjadi. Itu adalah kondisi yang umum terjadi di gunung tertinggi di dunia: Gunung Everest. 

Melansir kanal Global Liputan6.com yang mengutip dari CNN, 9 Juni 2024, menara raksasa ini menjulang setinggi 29.032 kaki atau sekitar 8.849 meter antara Nepal dan Tibet di Himalaya, dengan puncaknya melampaui sebagian besar awan di langit. Upaya pendakian Everest membutuhkan pelatihan dan pengkondisian selama berbulan-bulan, terkadang bertahun-tahun. Meskipun demikian, mencapai puncak bukanlah jaminan.

Faktanya, lebih dari 300 orang diketahui tewas di gunung tersebut. Meski demikian, gunung ini masih menarik ratusan pendaki yang bertekad mencapai puncaknya setiap musim semi.

Inilah hal-hal yang diperlukan untuk melakukan pendakian dan apa yang memotivasi beberapa pendaki untuk mencapai puncak tertinggi di dunia. "Saya pikir saya berada dalam kondisi yang cukup baik," ujar Jacob Weasel, seorang ahli bedah trauma yang berhasil mencapai puncak Everest Mei 2023 lalu setelah mempersiapkan diri selama hampir satu tahun.


Sulitnya Bertahan Hidup di Puncak Everest

(Foto: интересное.ru) Green boots sebagai titik penanda di Gunung Everest.

"Saya harus mengenakan ransel seberat 50 pon atau sekitar 22 kg dan menaiki tangga selama dua jam tanpa masalah," kata Weasel kepada CNN. "Jadi, saya pikir saya berada dalam kondisi yang cukup baik."

Namun, dokter bedah tersebut mengatakan dia merasa rendah hati setelah mengetahui bahwa kebugarannya tidak sebanding dengan sifat atletis yang dibutuhkan untuk mendaki gunung tersebut. Pendaki yang ingin mencapai puncak biasanya melakukan rotasi aklimatisasi untuk menyesuaikan paru-paru mereka dengan tingkat oksigen yang menipis begitu mereka tiba di gunung.

Proses ini melibatkan proses pendaki gunung ke salah satu dari empat kamp yang ditentukan di Everest, dan menghabiskan satu hingga empat hari di sana sebelum melakukan perjalanan kembali ke bawah. Rutinitas ini diulang setidaknya dua kali agar tubuh dapat beradaptasi dengan penurunan kadar oksigen. Ini meningkatkan peluang pendaki untuk bertahan hidup dan mencapai puncak.

"Jika Anda membawa seseorang dan berada di base camp tinggi Everest, bahkan tidak di (puncak), mereka mungkin akan mengalami koma dalam waktu 10 hingga 15 menit," ujar Weasel. "Dan mereka akan mati dalam waktu satu jam karena tubuh mereka tidak beradaptasi dengan tingkat oksigen yang rendah".

 

Daftar barang yang wajib dibawa saat naik gunung. (dok. Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya