Biden Kirim 6 Utusan AS untuk Hadiri Pelantikan Prabowo 20 Oktober

Prabowo akan dilantik sebagai presiden ke-8 Republik Indonesia.

oleh Khairisa Ferida diperbarui 12 Okt 2024, 13:00 WIB
Presiden Terpilih Prabowo Subianto pada acara di JCC Senayan, Jakarta, Rabu, 9 Oktober 2024. (Foto: Liputan6.com/Arief RH)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengumumkan penunjukan delegasi kepresidenan untuk menghadiri pelantikan presiden terpilih Republik Indonesia Prabowo Subianto pada Minggu (20/10/2024) di Jakarta.

Menurut pernyataan Kedutaan Besar AS di Jakarta yang diterima Liputan6.com pada Sabtu (12/10), delegasi yang diutus Biden akan dipimpin oleh Perwakilan AS untuk PBB Linda Thomas-Greenfield.

Adapun anggota delegasi terdiri dari lima orang, yaitu:

  1. Duta Besar AS untuk Republik Indonesia Kamala Shirin Lakhdhir
  2. Wakil Menteri Perdagangan AS Don Graves
  3. Panglima Komando Indo-Pasifik AS Laksamana Samuel Paparo
  4. Asisten Menteri Luar Negeri AS untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik Daniel J. Kritenbrink
  5. Asisten Khusus Presiden dan Direktur Senior untuk Asia Timur dan Oseania, Dewan Keamanan Nasional (NSC), Gedung Putih Mira Rapp-Hooper.

Pada Maret 2024, dalam pernyataan yang juga disampaikan oleh Kedubes AS di Jakarta, Biden telah melakukan percakapan telepon dengan Prabowo untuk mengucapkan selamat atas kemenangannya dalam pemilu.

"Presiden Biden dan presiden terpilih Prabowo memuji AS dan Indonesia yang merayakan 75 tahun hubungan diplomatik dengan dilandasi nilai-nilai bersama, yaitu demokrasi dan pluralisme," sebut pernyataan Kedubes AS.

Presiden Biden berjanji untuk memperluas kerja sama dengan Indonesia di bawah Kemitraan Strategis Komprehensif AS-Indonesia dan Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik, serta bekerja sama menuju Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, sejahtera, dan aman."

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya