Jokowi Pimpin Peresmian RS Hermina Nusantara, Rumah Sakit 8 Lantai di IKN

Jokowi Apresiasi Pembangunan Cepat Rumah Sakit Hermina Nusantara di IKN

oleh Tim Health diperbarui 12 Okt 2024, 16:26 WIB
Peresmian Rumah Sakit Hermina Nusantara: Jokowi Apresiasi Pembangunan Kilat di IKN (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Pada Jumat, 11 Oktober 2024, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Rumah Sakit Hermina Nusantara, yang berlokasi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Peresmian ini menjadi langkah besar dalam pengembangan fasilitas kesehatan di wilayah ibu kota baru, sekaligus memperkuat komitmen PT Medikaloka Hermina Tbk untuk mendukung pertumbuhan IKN dengan menyediakan layanan kesehatan berstandar tinggi.

Acara peresmian dimulai dengan Hospital Tour bersama Jokowi, dengan melihat langsung fasilitas modern yang ditawarkan oleh rumah sakit ini. Puncak acara ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Jokowi, yang didampingi Direktur Utama PT Medikaloka Hermina Tbk, dr. Hasmoro.

Peresmian ini juga disimbolkan dengan penandatanganan prasasti oleh Jokowi, menandai dimulainya operasional RS Hermina Nusantara yang berfokus pada pelayanan cepat, akurat, dan berbasis Patient Safety, serta didukung oleh teknologi digital Electronic Medical Record.

Sudah Ada 3 Pasien yang Dirawat

Rumah sakit ini memiliki desain modern dan elegan, terdiri dari delapan lantai dengan luas bangunan 28.210 m² dan berdiri di atas lahan seluas 20.700 m². Meski baru lima lantai yang sudah siap, RS Hermina Nusantara telah mulai menerima pasien rawat jalan, rawat inap, dan Instalasi Gawat Darurat (IGD). Pembangunan akan terus berlanjut hingga rampung delapan lantai pada tahun 2025.

Presiden Jokowi dalam sambutannya, mengatakan,"Hanya dalam waktu sekitar 10 bulan, rumah sakit ini sudah bisa beroperasi dan menerima pasien. Ini memberi kepercayaan kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang segera pindah ke IKN."

 


Rumah Sakit Hermina Nusantara adalah RS ke-50

Lebih lanjut dr. Hasmoro, mengatakan,"Dalam sepuluh tahun terakhir, Hermina telah berkembang pesat, dari 21 rumah sakit pada akhir 2014 menjadi 51 rumah sakit pada akhir 2024, dengan peningkatan jumlah tempat tidur dari 1.600 menjadi 7.700."

RS Hermina Nusantara tidak hanya berdiri sendiri, tapi juga didukung oleh RS Hermina Balikpapan dan RS Hermina Samarinda, serta menjalin kerjasama dengan Kementerian Kesehatan dan perusahaan asuransi di Indonesia.

Komitmen Hermina untuk mendukung perkembangan IKN tampak jelas sejak groundbreaking pada 1 November 2023, dan terus berjalan hingga kini.

Selain itu, Hermina menargetkan RS Hermina Nusantara untuk menjadi rumah sakit berbasis ecogreen dan smart hospital, dengan akreditasi nasional dan internasional.

Ini bertujuan untuk menjangkau pasien dari berbagai kalangan, baik eksekutif maupun non-eksekutif, seiring dengan pertumbuhan ibu kota baru. Dengan dibangunnya RS Hermina Nusantara, diharapkan masyarakat sekitar serta ASN di IKN dapat merasakan manfaat layanan kesehatan yang cepat, modern, dan terpercaya.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya