Akses Keuangan Inklusif untuk Produktivitas, Novita Hardini Dukung Perempuan Pelaku UMKM di Eduprintis Roadshow

Dengan dukungan akses keuangan yang tepat, usaha-usaha seperti ini dapat berkembang lebih cepat dan memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian daerah

oleh Muhamad Ridlo diperbarui 12 Okt 2024, 18:58 WIB
Eduprintis Roadshow Special Edition dalam rangka Bulan Inklusi Keuangan 2024 yang diselenggarakan di Kelurahan Tegaren, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek. (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - UPRINTIS Indonesia mengadakan Eduprintis Roadshow Special Edition dalam rangka Bulan Inklusi Keuangan 2024 yang diselenggarakan di Kelurahan Tegaren, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek. Kegiatan ini mengusung tema "Akses Keuangan Inklusif, Wujudkan Masyarakat Produktif Bersama Kelompok Perempuan Pengrajin Sentra Besek Premium Kabupaten Trenggalek."

Dalam sambutannya, dihadapan ratusan perempuan pengrajin besek Founder UPRINTIS Indonesia Novita Hardini menekankan pentingnya akses keuangan inklusif untuk memberdayakan perempuan pelaku UMKM.

“Akses keuangan yang inklusif akan membantu kelompok perempuan, terutama pengrajin, untuk lebih produktif dan mampu mengembangkan usaha mereka. Ini juga menjadi langkah penting dalam mewujudkan masyarakat yang mandiri dan sejahtera,” ujar Novita, Jumat (11/10).

Novita Hardini yang baru saja dilantik sebagai anggota DPR RI itu juga mengapresiasi kelompok perempuan pengrajin besek premium di Kabupaten Trenggalek yang telah menunjukkan semangat inovasi dan kewirausahaan.

Menurutnya, dengan dukungan akses keuangan yang tepat, usaha-usaha seperti ini dapat berkembang lebih cepat dan memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian daerah.

"Perempuan memiliki potensi besar dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal, dan dengan bantuan keuangan yang cerdas, mereka akan lebih mampu bersaing," tambah Perempuan satu-satunya yang terpilih sebagai anggota DPR RI dapil Jatim VII itu.

Selain diskusi mengenai akses keuangan, acara ini juga diisi dengan edukasi tentang pendampingan literasi keuangan digital kepada seluruh pelaku usaha perempuan di kecamatan Tugu, dengan tujuan memudahkan mencatat pengeluaran dan pemasukan dari usaha yang dijalankan dengan mudah.


Dukungan Digital Finansial

Eduprintis Roadshow Special Edition dalam rangka Bulan Inklusi Keuangan 2024 yang diselenggarakan di Kelurahan Tegaren, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek. (Foto: Istimewa)

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi titik awal bagi para pelaku UMKM untuk mendapatkan dukungan digital finansial yang lebih luas dari berbagai lembaga keuangan, sehingga mereka dapat memperluas pasar dan mengembangkan bisnis secara berkelanjutan.

Peserta yang hadir merupakan perempuan-perempuan pengrajin besek. Mereka mendapatkan pelatihan dan wawasan baru tentang pentingnya literasi keuangan dan bagaimana memanfaatkan akses keuangan yang tersedia untuk memperluas usaha mereka.

Mendorong Kemandirian Perempuan Pelaku UMKM Novita Hardini menekankan bahwa pemberdayaan perempuan melalui UMKM bukan hanya soal ekonomi, tetapi juga soal memperkuat posisi perempuan dalam keluarga dan masyarakat.

"Dengan cerdas secara finansial, perempuan dapat memberikan kontribusi lebih besar tidak hanya bagi keluarga, tetapi juga bagi perekonomian daerah dan nasional." Paparnya.

Kegiatan ini merupakan bukti komitmen Novita Hardini dalam mendorong pengembangan UMKM di Kabupaten Trenggalek, khususnya dalam mendukung kelompok perempuan agar lebih berdaya dan mampu menghadapi tantangan ekonomi saat ini.

Tentang Eduprintis Roadshow Bulan Inklusi Keuangan Program Eduprintis Roadshow merupakan bagian dari kampanye Bulan Inklusi Keuangan yang bertujuan memberikan akses informasi dan pelatihan tentang layanan keuangan bagi masyarakat, khususnya kelompok marginal dan pelaku UMKM. Dalam edisi khusus ini, kegiatan difokuskan pada kelompok perempuan pengrajin yang memproduksi besek premium, dengan tujuan mendukung mereka agar lebih melek finansial dan meningkatkan daya saing produk di pasar.

Diharapkan dengan adanya dukungan ini, pelaku UMKM perempuan di Trenggalek dapat terus berkembang dan berkontribusi lebih besar bagi pembangunan ekonomi nasional kedepan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya