Cara Sedekah Subuh ala Syekh Ali Jaber, Tak Perlu Cari Anak Yatim dan Fakir Miskin di Pagi Hari

Syekh Ali Jaber memberikan cara mudah bersedekah subuh. Menurutnya, umat Islam tak perlu repot mencari orang yang berhak menerima sedekah seperti anak yatim atau fakir miskin di waktu subuh. Muslim dapat melakukan cara yang disarankannya.

oleh Muhamad Husni Tamami diperbarui 13 Okt 2024, 05:30 WIB
Ilustrasi Bersedekah Credit: freepik.com

Liputan6.com, Jakarta - Sedekah merupakan amalan yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW, terutama di waktu subuh atau pagi hari. Keutamaan sedekah subuh termaktub dalam hadis nabi berikut.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلَّا مَلَكَانِ يَنْزِلَانِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا وَيَقُولُ الْآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا 

Artinya: "Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu bahwa Nabi Shallallahualaihiwasallam bersabda: "Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun (datang) dua malaikat kepadanya lalu salah satunya berkata; "Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya", sedangkan yang satunya lagi berkata; "Ya Allah berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya (bakhil).” (HR. Bukhari).

Ulama kelahiran Madinah, Syekh Ali Jaber semasa hidupnya pernah menjelaskan tentang manfaat sedekah di waktu subuh beserta cara sedekah subuh.

"Sedekah subuh, kenapa saya berkata sedekah subuh? Bukan berarti tidak boleh sedekah di waktu yang lain. Semua sedekah boleh di setiap waktu dan setiap saat. Tapi sedekah subuh itu termasuk sedekah yang terbaik. Bukan kata saya, tapi kata Rasulullah SAW," jelas Syekh Ali Jaber dikutip dari YouTube Jihad Fi Sabilillah, Sabtu (12/10/2024).

 

Saksikan Video Pilihan Ini:


Cara Sedekah Subuh Syekh Ali Jaber

Syekh Ali Jaber saat berdakwah. (Yayasan Syekh Ali Jaber via YouTube Syekh Ali Jaber)

Syekh Ali Jaber memberikan cara mudah bersedekah subuh. Menurutnya, umat Islam tak perlu repot mencari orang yang berhak menerima sedekah seperti anak yatim atau fakir miskin di waktu subuh. Muslim dapat melakukan cara yang disarankannya.

"Anda tidak usah susah-susah mencari anak yatim dan orang miskin di subuh hari. Mulai hari ini masing-masing bikin kotak amal, botol atau kaleng, simpan di rumah. Setiap habis sholat subuh sebelum beraktivitas, isi sedekahnya," kata Syekh Ali Jaber.

Syekh Ali Jaber menambahkan, alangkah lebih baiknya jika bersedekah subuh disertai dengan berdoa. Jika punya keinginan, sampaikan hajatnya saat bersedekah subuh.

"Apalagi kalau sedekah itu disertai doa. Begitu Anda sedekah, sebutkan hajatmu. Ya Allah dengan berkah sedekah ini mudahkan lamaran kerjaan saya. Ya Allah dengan berkah sedekah ini mohon titipkan pahalanya untuk kedua orangtua saya," kata Syekh Ali Jaber.


Manfaat Sedekah Subuh

Syekh Ali Jaber saat berdakwah. (Yayasan Syekh Ali Jaber via YouTube Syekh Ali Jaber)

Syekh Ali Jaber mengatakan, manfaat dari amalan sedekah subuh sangatlah dahsyat. Selain cepat terkabulnya doa, juga dapat menyembuhkan penyakit.

"Amalan ini wallahi dahsyat. Manfaatnya banyak, untuk menyembuhkan penyakit, mengabulkan hajat, memudahkan urusan. Dan tidak pernah saya sampaikan amalan ini, semua alhamdulillah berhasil mendapatkan hajatnya," terang Syekh Ali Jaber.

Demikian penjelasan mengenai sedekah subuh. Dapat disimpulkan bahwa amalan ini keutamaannya dahsyat. Jika ingin mengamalkan, kita tidak perlu mencari orang yang berhak menerima sedekah di pagi hari, dapat dilakukan dengan memasukkan ke kotak amal di rumah. Nah, kotak amal dengan niat sedekah subuh ini disalurkan kapan saja, tak perlu harus di waktu subuh.

Wallahu a’lam.

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya