3 Tips Mengurangi Overthinking Sebelum Tidur agar Tidur yang Lebih Nyenyak

Setiap orang mendambakan akhir hari yang tenang setelah beraktivitas seharian.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 14 Okt 2024, 14:36 WIB
Media sosial berdampak negatif pada kesehatan mental dan fisik (Foto: Freepik.com)

Liputan6.com, Jakarta Mengakhiri hari dengan perasaan damai adalah impian banyak orang setelah menjalani aktivitas yang padat. Setiap individu memerlukan ketenangan sebelum beristirahat. Kebiasaan sebelum tidur bisa sangat bervariasi, mulai dari aktivitas sederhana seperti membaca buku hingga praktik yang lebih personal seperti meditasi atau berdoa.

Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk menenangkan pikiran dan mempersiapkan diri untuk tidur dengan nyaman. Namun, tidak semua orang bisa dengan mudah mencapai keadaan tenang ini, terutama jika mereka cenderung overthinking sebelum tidur. Perasaan negatif yang di alami sepanjang hari dapat mempengaruhi cara anda menutup hari.

Ketika tiba saatnya untuk beristirahat, banyak yang masih terikat dengan media sosial, seperti notifikasi dan aliran konten yang tak henti-hentinya, yang dapat mengganggu kualitas tidur. Untuk membantu mengatasi overthinking sebelum tidur, berikut adalah tiga tips yang bisa Anda coba untuk tidur yang lebih nyenyak, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(14/10/2024).


1. Buat Rutinitas Malam yang Menenangkan

Ilustrasi Perempuan Sedang Jatuh Cinta Credit: pexels.com/pixabay

Ciptakan rutinitas malam yang konsisten dan menenangkan untuk memberi sinyal kepada tubuh bahwa sudah waktunya untuk bersantai. Ini bisa meliputi aktivitas seperti membaca buku, mandi air hangat, atau melakukan meditasi ringan. Hindari penggunaan perangkat elektronik setidaknya satu jam sebelum tidur, karena cahaya biru dari layar dapat mengganggu produksi melatonin, hormon yang mengatur tidur.

 


2. Latihan Pernapasan dan Relaksasi

Menjaga jadwal tidur yang teratur dan menjauhkan diri dari gadget sebelum tidur membantu tubuh dan pikiran beristirahat dan pulih. (Freepik.com)

Teknik pernapasan dan relaksasi dapat membantu menenangkan pikiran yang sibuk. Cobalah latihan pernapasan dalam, seperti menarik napas dalam-dalam melalui hidung, menahan napas sejenak, lalu menghembuskannya perlahan melalui mulut. Teknik ini dapat mengurangi stres dan kecemasan, membantu Anda merasa lebih rileks dan siap untuk tidur.


3. Tuliskan Pikiran Anda

Menulis kekurangan dan kelebihan sebagai upaya menemukan bakat terpendam (Foto: Freepik.com)

Jika pikiran Anda penuh dengan kekhawatiran atau daftar tugas yang panjang, cobalah menuliskannya di atas kertas sebelum tidur. Ini dapat membantu mengosongkan pikiran Anda dan memberikan rasa lega. Menulis jurnal atau membuat daftar kegiatan yang Anda syukuri juga dapat mengalihkan fokus dari kekhawatiran dan membantu Anda merasa lebih tenang dan positif sebelum tidur.

Dengan menerapkan tips-tips ini, Anda dapat menciptakan lingkungan yang lebih kondusif untuk tidur nyenyak dan mengurangi kebiasaan overthinking yang sering mengganggu waktu istirahat Anda.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya