Viral, Andrew Garfield Tegaskan Mata Dunia Harus Tertuju ke Palestina: Energi Kita Mesti Mengarah ke Sana

Awalnya topik yang ditanyakan kepada Andrew Garfield sama sekali tidak berhubungan dengan Gaza maupun Palestina.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 14 Okt 2024, 11:30 WIB
Awalnya topik yang ditanyakan kepada Andrew Garfield sama sekali tidak berhubungan dengan Gaza maupun Palestina. (dok.David Livingston / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

Liputan6.com, Jakarta Sebuah video Andrew Garfield saat tampil dalam acara bincang-bincang yang digelar pusat budaya 92nd Street Y, belakangan ini menjadi viral. Pasalnya dalam event yang dihelat di New York City Amerika Serikat pada Jumat (11/10/2024) tersebut, bintang Amazing Spider-Man ini berbicara tentang Palestina.

Video mengenai kejadian ini beredar luas dan viral di internet, termasuk diunggah dalam akun medsos AJ+ dari Al Jazeera Media Networks.

Awalnya, topik yang dibahas sama sekali tidak berhubungan dengan Gaza maupun Palestina. Awalnya, MC Josh Horowitz melemparkan pertanyaan, yag berkaitan dengan popularitas Andrew Garfield.

“Aku ingin membantumu, teman. Apa yang bisa diwujudkan 500 hadirin di sini—yang sama-sama bertepuk tangan—untukmu?” tanya sang pembawa acara.  

Bintang 41 tahun ini semula tertawa malu dan mencari-cari kata yang tepat untuk menjawab pertanyaan ini. “Oh man, aku enggak tahu. Tapi tahukah kamu? Di antara semua orang di dunia ini aku tak membutuhkan…aku sudah bahagia sekarang…” kata sang aktor, terbata-bata pada awalnya.

Sampai akhirnya dengan tegas ia memberikan jawaban tegas mengenai Gaza, Palestina. “Kita seharusnya mengarahkan energi kita kepada sesuatu yang memang sungguh penting,” kata Andrew.


Nyawa Orang Palestina di Gaza

Andrew Garfield. (AFP/Bintang.com)

Saat ditanya MC hal apa yang saat ini begitu penting, bintang We Live in Time ini spontan menjawab, “Mungkin nyawa orang-orang Palestina di Gaza.”

Mendengar jawaban ini, hadirin langsung bertepuk tangan riuh.

"Mungkin di situlah seharusnya kita memusatkan hati dan energi kita," kata dia.


Untuk Orang-Orang Tertindas

Tak hanya di Palestina, Andrew Garfield juga menekankan bahwa seharusnya dunia memberi perhatian lebih kepada orang-orang yang tertindas.

“Dan semua orang yang menderita, semua yang tertindas, siapa pun yang menderita di bawah beratnya kengerian dunia kita saat ini,” kata dia.

Dengan wajah tertunduk dan mimik serius, ia meneruskan, “Siapa pun yang tak punya pilihan untuk menjalani hidup secara bermartabat… di situlah seharusnya energi kita dihantarkan.”


Reaksi Positif Warganet

Pernyataan Andrew Garfield ini mendapat sambutan hangat dan pujian dari warganet.

"Andrew Garfield, yang enggak punya satu pun akun medsos publik, kini sudah lebih vokal dari 90 persen artis favoritmu (dan aku juga)," kata seorang warganet yang disukai 194 ribu pengguna X atau Twitter.

"Ingatlah, Andrew Garfiel adalah seorang Yahudi tapi ia tetap membela Palestina, menunjukkan bahwa membela Palestina bukan berarti kamu antisemitis," kata warganet lain yang cuitannya disukai 351 ribu warganet.

"OUR SPIDER MAN, ANDREW GARFIELD PRO PALESTINE MARV! 🇵🇸❤️" cuit seorang warganet Indonesia.

Infografis Aksi Pro-Palestina Marak di Kampus-Kampus AS dan Prancis. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya