6 Suplemen yang Baik Dikonsumsi Jika Kamu Menderita Radang Sendi

Berikut ini suplemen yang baik dikonsumsi jika menderita radang sendi

oleh Sulung Lahitani diperbarui 14 Okt 2024, 09:05 WIB
Ilustrasi Radang Sendi Credit: pexels.com/Liam

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda menderita radang sendi, ada berbagai macam pengobatan potensial yang mungkin direkomendasikan dokter Anda, tergantung pada jenis dan tingkat keparahannya. Ini dapat mencakup intervensi bedah, terapi fisik, atau penggunaan obat-obatan, seperti kortikosteroid, NSAID, antiiritasi, dan obat antirematik. 

Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan manfaatnya, banyak pasien juga beralih ke suplemen untuk meredakan nyeri sendi akibat radang sendi. Bila dikombinasikan dengan pengobatan yang diresepkan dokter Anda, ini dapat membantu memperbaiki gejala Anda seiring berjalannya waktu.

Berkonsultasi dengan dokter Anda adalah langkah awal yang penting sebelum Anda memulai rejimen suplemen baru, terutama jika Anda mengonsumsi obat lain, yang dapat menyebabkan interaksi. Namun dengan mengingat hal itu, berikut adalah enam suplemen terbaik untuk dikonsumsi jika Anda menderita radang sendi, menurut para profesional medis seperti dihimpun dari Bestlife.

1. Asam Lemak Omega-3

Raj Dasgupta, MD, seorang peninjau medis untuk NCOA dan dokter bersertifikat ABIM yang mengkhususkan diri dalam pengobatan internal, pulmonologi, perawatan kritis, dan pengobatan tidur, mengatakan bahwa mengonsumsi asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi peradangan dan mencatat bahwa ini adalah "penyebab utama di balik nyeri dan pembengkakan akibat radang sendi."

"Mengonsumsinya bersama dengan pengobatan yang direkomendasikan dokter dapat meredakan kekakuan dan membantu persendian Anda terasa lebih baik," ungkapnya kepada Best Life.

Chris Mohr, PhD, RD, penasihat kebugaran dan nutrisi untuk Fortune Recommends Health, menambahkan bahwa "Anda dapat menemukan Omega-3 dalam suplemen seperti kapsul minyak ikan dan dengan meningkatkan asupan ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan makarel."

 


2. Glukosamin

Ilustrasi suplemen minyak oregano (oregano oil) dalam kapsul gel/Canva.com.

Glukosamin adalah suplemen lain yang umumnya direkomendasikan bagi mereka yang mengalami nyeri sendi.

"Sering digunakan dalam kombinasi dengan kondroitin, glukosamin membantu membangun tulang rawan, bahan kenyal di persendian Anda yang menyerap guncangan dan benturan," jelas Mohr.

"Banyak orang dengan osteoartritis telah menemukan bahwa suplemen glukosamin dapat membantu meredakan nyeri dan mencegah degenerasi sendi, meskipun bukti ilmiahnya tidak meyakinkan. Penting untuk dicatat bahwa efektivitasnya dapat bervariasi, dan mungkin butuh beberapa bulan untuk melihat manfaatnya," catatnya.

3. Kondroitin

Kondroitin adalah molekul yang ditemukan secara alami di tulang rawan, jaringan ikat yang melindungi sendi. "Kondroitin membantu menjaga kesehatan tulang rawan dengan menyerap cairan (terutama air) ke dalam jaringan ikat. Kondroitin juga dapat memblokir enzim yang memecah tulang rawan, dan menyediakan bahan penyusun bagi tubuh untuk memproduksi tulang rawan baru," kata Mount Sinai Health.

Suplemen kondroitin dapat berupa sintetis atau bersumber dari kolagen alami.

"Kondroitin bekerja dengan glukosamin untuk membangun kembali tulang rawan dan melumasi sendi. Kondroitin berpotensi memperlambat perkembangan radang sendi dan menawarkan sedikit pereda nyeri dari gejala sendi," jelas Mohr. 

"Ini adalah pilihan yang bagus untuk dipertimbangkan demi kesehatan sendi jangka panjang, meskipun, seperti halnya glukosamin, datanya tidak konsisten."

 


4. Kurkumin

Ilustrasi suplemen makanan/Canva.com.

Kurkumin adalah komponen aktif utama kunyit, dan mengonsumsi suplemen yang sangat terkonsentrasi ini dapat membantu meredakan nyeri radang sendi karena "menghambat jalur inflamasi dalam tubuh, yang berpotensi mengurangi nyeri dan pembengkakan pada sendi," kata Mohr.

"Anda dapat mengonsumsi suplemen kunyit atau kurkumin, meskipun memasukkan kunyit ke dalam makanan Anda juga bermanfaat. Dosis efektif tampaknya sekitar 500-1500 mg setiap hari, dengan hasil potensial muncul sekitar tiga bulan, jika memang demikian," ungkapnya.

Dasgupta setuju bahwa suplemen kurkumin dapat memiliki efek antiperadangan yang bermanfaat bagi penderita radang sendi. "Jika Anda menambahkannya ke dalam rutinitas Anda, padukan dengan lada hitam untuk membantu tubuh Anda menyerapnya dengan lebih baik," sarannya.

5. Vitamin D

Vitamin D terutama dikenal karena perannya dalam kesehatan tulang. Namun, Mohr menunjukkan bahwa kekurangan Vitamin D—atau bahkan kekurangannya—juga dapat berperan dalam memburuknya gejala radang sendi.

"Memastikan asupan Vitamin D yang cukup dapat mendukung fungsi kekebalan tubuh dan kesehatan tulang, yang sangat penting dalam mengelola radang sendi. Vitamin D dapat diserap melalui sinar matahari, makanan, dan suplemen," ungkapnya.

"Ada baiknya Anda memeriksakan kadarnya untuk mengetahui apakah Anda memerlukan peningkatan."

 


6. Kolagen

Ilustrasi suplemen (Photo by Kayla Maurais on Unsplash)

Sebuah studi tahun 2023 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menemukan bahwa mengonsumsi suplemen kolagen dapat membantu meredakan gejala osteoartritis, bentuk penyakit sendi yang paling umum.

“Kolagen mendukung tulang rawan Anda—zat yang melindungi sendi Anda. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kolagen dapat membantu mengatasi nyeri sendi, terutama pada orang dengan osteoartritis. Bentuk terhidrolisis lebih mudah diserap dan digunakan oleh tubuh Anda,” kata Dasgupta.

Infografis Mimpi SBY Naik Kereta Bersama Jokowi dan Megawati. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya