6 Keunggulan Debit BRI Contactless yang Baru Diluncurkan, Pebisnis dan Traveler Wajib Punya!

Kartu Debit BRI Mastercard dengan logo contactless itu memungkinkan pemegangnya untuk melakukan transaksi hanya dengan tapping kartu di mesin EDC contactless di seluruh dunia.

oleh Gilar Ramdhani pada 13 Okt 2024, 16:14 WIB
Ilustrasi transaksi menggunakan EDC (Electronic Data Capture). (yacobchuk1/depositphotos.com)

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI resmi meluncurkan layanan perbankan terbarunya, yakni Debit BRI Contactless pada 12 Oktober 2024. Ya, peluncuran layanan perbankan itu menjadi kabar gembira bagi para nasabah yang ingin bertransaksi dengan lebih cepat dan praktis.

Selain itu, Debit BRI Mastercard dengan logo contactless itu memungkinkan pemegangnya untuk melakukan transaksi hanya dengan tapping kartu di mesin EDC contactless di seluruh dunia. Dengan begitu, nasabah hanya tapping kartu di mesin EDC (Electronic Data Capture) yang sudah mendukung layanan perbankan tersebut.

Selain cepat dan praktis, Debit BRI Contactless memiliki fitur multi currency yang memungkinkan 11 mata uang dalam 1 kartu (USD, AUD, SGD, EUR, CNY, AED, HKD, GBP, JPY, dan SAR, IDR). fitur tersebut pun sangat berguna bagi pebisnis dan traveler yang suka berkeliling dunia.

Lantas, mau tahu apa saja keunggulan Debit BRI Contactless lainnya? Kamu bisa lihat daftarnya di bawah ini!

Keuggulan Debit BRI Contactless

Debit BRI Contactless menawarkan sejumlah keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan menarik bagi para nasabah. Apa saja?

1. Transaksi Lebih Cepat

Salah satu keunggulan Debit BRI Contactless adalah transaksi yang lebih cepat. Dengan teknologi contactless, pengguna cukup mengetuk kartu pada mesin EDC yang mendukung. 

Proses itu pun bisa dilakukan dalam hitungan detik, membuatnya sangat efisien, terutama saat berbelanja di tempat yang ramai. Dengan begitu, nasabah dapat menyelesaikan transaksi tanpa harus menunggu lama, sehingga waktu yang dihabiskan untuk berbelanja jadi lebih produktif.

2. Pembayaran Mudah

Keunggulan lain dari Debit BRI Contactless adalah pembayaran yang mudah. Dengan fitur contactless, pengguna bisa melakukan transaksi dengan sangat simpel. 

Cukup mendekatkan kartu ke mesin EDC yang mendukung, dan pembayaran langsung diproses. 

3. Transaksi Jadi Higienis

Debit BRI Contactless juga memiliki keunggulan transaksi yang higienis. Dalam situasi di mana kesadaran akan kesehatan semakin meningkat, fitur contactless menawarkan solusi yang lebih bersih dan aman. 

Bagaimana tidak? Dengan transaksi contactless, pengguna tidak perlu menggesek kartu atau berinteraksi langsung dengan mesin EDC, risiko penularan kuman atau virus bisa diminimalkan. Kartu juga tidak berpindah tangan atau dipegang oleh orang lain.

4. Transaksi Makin Praktis

Debit BRI Contactless juga semakin praktis dalam hal transaksi. Pasalnya, pengguna tidak memerlukan PIN untuk transaksi kecil atau transaksi di bawah Rp1 juta.

Jika begitu, pengguna cukup mendekatkan kartu pada mesin EDC tanpa harus memasukkan PIN. Ini sangat menguntungkan, terutama saat ingin membayar kopi atau snack.

5. Bisa Digunakan di Mana Saja

Keunggulan lain dari Debit BRI Contactless adalah fleksibilitas penggunaannya. Kartu ini dapat digunakan di banyak tempat yang menerima pembayaran contactless, baik di dalam maupun luar negeri. 

Dengan logo Mastercard, nasabah dapat melakukan transaksi di berbagai merchant yang telah mengadopsi teknologi ini, dari toko ritel hingga restoran dan tempat wisata. Fleksibilitas ini sangat menguntungkan, terutama bagi mereka yang sering bepergian. 

Saat berada di luar negeri, tidak perlu khawatir tentang cara membayar, cukup gunakan kartu Debit BRI Contactless dan lakukan tapping pada mesin EDC yang mendukung. Ini mengurangi kebutuhan untuk membawa uang tunai dalam jumlah besar, sehingga bisa lebih fokus menikmati perjalanan.

6. Lebih Aman

Dengan Debit BRI Contactless, transaksi lebih aman. Pasalnya, teknologi contactless memungkinkan orang lain tidak perlu memegang kartu kamu saat melakukan transaksi di mesin EDC. Cukup dengan mendekatkan kartu, transaksi dapat diproses tanpa mengungkapkan informasi sensitif yang ada pada kartu seperti nomor kartu dan data pribadi.

 

(*)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya