Prabowo dan Gibran 1 Mobil, Temui Jokowi di Rumah Pribadi Solo

Gibran menyambut kedatangan presiden terpilih Prabowo Subianto di Bandara Adi Soemarmo.

oleh Fajar Abrori diperbarui 13 Okt 2024, 16:59 WIB
Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka di Bandara Adi Soemarmo, Jawa Tengah, Minggu (13/10/2024). (Foto: istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden terpilih Prabowo Subianto terbang ke Solo untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi di kediaman pribadinya di Sumber, Solo pada Minggu (13/10/2024). Pertemuan itu juga diikuti wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Gibran menyambut kedatangan presiden terpilih Prabowo Subianto di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali. Setelah turun dari pesawat selanjutnya pasangan presiden dan wapres terpilih itu duduk satu mobil Toyota Alphard berwarna putih menuju kediaman pribadi Jokowi.

Iring-iringan mobil Prabowo itu tiba di rumah pribadi Presiden Jokowi di Jalan Kutai Utara, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo sekitar pukul 14.15 WIB.

Gibran yang duduk di sebelah kiri terlihat membuka jendela mobil dan melambaikan tangan kepada awak media yang berdiri di seberang jalan menuju gang masuk ke rumah Jokowi.

Hanya saja pertemuan antara pasangan presiden dan wapres terpilih dengan Presiden Jokowi itu berlangsung secara tertutup. Para wartawan yang telah menunggu sejak pukul 13.00 WIB itu hanya diperbolehkan menunggu di pinggir Jalan Letjen Suprapto.

Presiden Jokowi telah pulang ke Solo sejak Jumat malam. Sedangkan pada Sabtu, mantan Wali Kota Solo itu bernostalgia dengan mengunjungi sekolahnya, mulai dari SD, SMP dan SMA.

Sementara itu Gibran terbang ke Solo sejak hari Jumat lalu. Di Solo, ia beberapa kali mengunjungi venue cabang olahraga Peparnas XVII Solo 2024. Selain itu, Gibran juga mendampingi blusukan pasangan Respati-Astrid yang maju di Pilkada Solo.


Jokowi Akan Hadiri Pelantikan Prabowo Jadi Presiden di DPR 20 Oktober 2024

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana tiba di Bandara Nusantara, Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Jumat (11/10/2024), dengan menggunakan pesawat kepresidenan Boeing Bussines Jet 737-800 (Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Sementara itu, Presiden Jokowi akan menghadiri pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menjadi presiden dan wakil presiden periode 2024-2029 di Gedung DPR, Senayan pada 20 Oktober 2024.

"Insyaallah datang. Jadi Pak Presiden memang sejak awal sudah mengatakan datang di pelantikan. So pasti lah, Pak Presiden hadir di pelantikan nanti 20 Oktober," kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Menurut Pratikno, Jokowi dan Prabowo akan melakukan pisah sambut di Istana Kepresidenan Jakarta, usai pelantikan. Prosesi ini juga dilakukan saat Jokowi baru dilantik sebagai presiden pada tahun 2014, menggantikan Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Nah, karena Pak Presiden kan nanti acaranya kan pisah sambut ya. Jadi setelah pelantikan di DPR rencananya Presiden ke-7 (Jokowi) akan lebih dulu berangkat ke Istana Merdeka, nanti Pak Presiden Prabowo menyusul untuk acara pisah sambut," jelas Pratikno.

Pratikno menyampaikan tidak ada aturan mantan presiden harus hadir di pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih. Namun, seperti biasanya, mantan-mantan presiden selalu hadir saat pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih.

Infografis Jokowi Naikkan Pangkat Prabowo Jadi Jenderal Kehormatan TNI. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya