Waspada, Cuaca Ekstrem Berpotensi Melanda Sulut hingga 15 Oktober 2024

"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 15 Oktober 2024," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Ben A Molle pada, Sabtu (12/10/2024).

oleh Yoseph Ikanubun diperbarui 13 Okt 2024, 23:57 WIB
Hujan yang terjadi di Kota Manado pada, Selasa (1/10/2024), menyebabkan banjir di sejumlah kawasan di ibukota Provinsi Sulut itu.

Liputan6.com, Manado - Warga Sulut diminta untuk mewaspadai dampak cuaca ekstrem yang bakal terjadi beberapa hari ke depan. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan lebat dan angin kencang berpotensi landa wilayah Sulut.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 15 Oktober 2024," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Ben A Molle pada, Sabtu (12/10/2024).

Dia mengatakan, potensi cuaca ekstrem diperkirakan terjadi di beberapa kabupaten dan kota di wilayah Provinsi Sulut. Untuk itu warga diminta untuk meningkatkan kewaspadaan.  

"Kami berharap warga berhati-hati apabila melakukan aktivitas pada saat cuaca ekstrem. Bencana banjir, tanah longsor bisa saja terjadi saat kondisi cuaca ekstrem," tuturnya.

Dia mengatakan, hingga beberapa hari ke depan warga mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Pada Minggu (13/10/2024), cuaca ekstrem terjadi di wilayah Kota Manado, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Selanjutnya di 14 Oktober 2024, potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang dapat terjadi di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

“Sedangkan di tanggal 15 Oktober 2024 diperkirakan terjadi di Kabupaten Minahasa, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan,” ujarnya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya