Tim Pemenangan Yakin Ridwan Kamil-Suswono Menang Pilkada Jakarta 2024 Satu Putaran

Elektabilitas pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) menempati posisi teratas yakni 52,6 persen.

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 13 Okt 2024, 22:00 WIB
Calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta Ridwan Kamil alias RK-Suswono menghadiri acara deklarasi dukungan dari Gabungan Relawan Ridwan Kamil-Suswono (Garnisun) 08 di wilayah Cakung, Jakarta Timur (Liputan6.com/Nanda Perdana Putra)

Liputan6.com, Jakarta Elektabilitas pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) menempati posisi teratas yakni 52,6 persen.

Adapun ini berdasarkan hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO) melalui teknik wawancara yang dilakukan pada 21-27 September 2024. Sementara dua rival RIDO, Pramono Anung-Rano Karno berasa di angka 27,1 persen dan Dharma-Kun hanya 2,7 persen.

Terkait hal ini, Dewan Penasihat Tim Pemenangan RIDO, Arief Rosyid Hasan mewajari hal tersebut. Pasalnya, paslonnya dalam debat perdana menghadirkan solusi yang kongkrit terhadap permasalahan di Jakarta.

“Di semua sesi RIDO unggul dibanding pasangan lain,” kata Arief, Minggu (13/10/2024).

Dia mengungkapkan, sosok pemimpin yang dibutuhkan Jakarta adalah mereka yang punya pengalaman, di mana hal tersebut berada pada sosok Ridwan Kamil yang pernah menjadi Wali Kota Bandung dan Gubernur Jawa Barat.

Bukan hanya itu saja, Arief juga melihat sosok Ridwan Kamil adalah pilihan tepat bagi kaum milenial dan Gen Z, di mana kelompok tersebut paling membutuhkan keberpihakan dari pemerintah.

“Program RIDO memberi kepastian kepada mereka bahwa pemerintah akan membuka lapangan kerja seluas-luasnya. Juga untuk yang terkena PHK akan ada bantuan 3 bulan agar bisa merintis usaha atau mencari pekerjaan baru,” jelas Arief.

Karena itu, dia percaya kontribusi suara milenial dan Gen Z yang besar dalam mendukung RIDO, bisa membuat menang satu putaran di Pilkada Jakarta 2024.

“Sebanyak 70-80% suara mereka akan mengantarkan RIDO menang sekali putaran!,” optimis Arief.

 


Peluang Terbuka Lebar

Hal senada Direktur Eksekutif Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah, mengatakan, berdasarkan elektabilitas saat ini memang diakui pasangan RIDO cukup unggul dibanding pesaing lainnya. Maka dari itu, peluang RIDO menang satu putaran terbuka lebar.

“Peluang RIDO memenangi satu putaran terbuka lebar,” ujar Dedi melalui pesan singkat.

Selain itu, peluang itu kemenangan RIDO makin besar sebab dari sisi tingkat keyakinan pemilih RIDO mencapai lebih dari 80 persen.

“Ini artinya pergeseran suara RIDO turun itu akan sulit,” dia menandasi.


Survei IPO: Elektabilitas Ridwan Kamil-Suswano Menguat 52,6 Persen

Elektabilitas pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) menempati posisi teratas yakni 52,6 persen. Sementara dua rivalnya, Pramono Anung-Rano Karno berasa di angka 27,1 persen dan Dharma-Kun hanya 2,7 persen.

Hal ini berdasarkan hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO) melalui teknik wawancara yang dilakukan pada 21-27 September 2024. Tingginya elektabilitas ini membuat peluang Ridwan Kamil-Suswono menjadi pemenang Pilgub Jakarta 2024 sangat besar.

"Jika membaca perubahan-perubahan yang ada, juga durasi kampanye yang pendek, memungkinkan RIDO akan keluar sebagai pemenang di Pilkada Jakarta," kata Dedi dikutip dari siaran persnya, Sabtu (12/9/2024).

Dalam temuan IPO, elektabilitas kandidat dipengaruhi oleh performa debat yang sudah digelar di Jakarta. Setidaknya, ada 43 persen calon pemilih yang menyaksikan debat kandidat menjadikan gagasan calon gubernur sebagai alasan menentukan pilihan.

"Pemilih di Jakarta termasuk yang dominan dalam menjadikan debat sebagai referensi pilihan. Sehingga menjalani debat dengan serius serta mempromosikan program dengan baik, akan berdampak pada elektabilitas," jelas Dedi.

Dalam paparan IPO terdapat 57,3 persen publik Jakarta menyatakan tertarik dengan gagasan RIDO dalam debat. Kemudian, disusul Pramono-Rano dengan tingkat ketertarikan pubik pada gagasanya sebesar 27,4 persen, dan Dharma-Kun hanya memperoleh 1,9 persen.

"Sementara ini, pasangan Ridwan Kamil-Suswono mendominasi ketertarikan publik pada gagasan mereka, setidaknya tingkat ketertarikan itu bisa saja menjadi penguat pemilih untuk menjatuhkan pilihan pada RIDO," tutur dia.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya