Tingkatkan Pelayanan ke Masyarakat, Kelurahan Kariangau Luncurkan Aplikasi Pelita

Kelurahan Kariangau resmi meluncurkan Inovasi Pelita (Portal Elektronik Informasi Terpadu) Kariangau, sebuah inovasi berbasis digital yang dirancang untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi layanan publik.

oleh Apriyanto diperbarui 15 Okt 2024, 22:00 WIB
Kelurahan Kariangau saat meluncurkan aplikasi Pelita Kariangau untuk mempermudah masyarakat dalam mencari informasi maupun mendapatlan layanan di Kelurahan Kariangau.

Liputan6.com, Balikpapan - Kelurahan Kariangau resmi meluncurkan Inovasi Pelita (Portal Elektronik Informasi Terpadu) Kariangau, sebuah inovasi berbasis digital yang dirancang untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi layanan publik. Peluncuran ini merupakan bagian dari upaya Kelurahan Kariangau untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan transparansi kepada warganya, serta mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhan administrasi dan informasi.

Inovasi Pelita Kariangau ini dirancang oleh Adam Afrixal selaku Kasi Pemerintahan sebagai bagian dari aksi perubahan yang digagasnya untuk meningkatkan pelayanan publik di Kelurahan Kariangau. Inovasi ini menawarkan berbagai fitur yang membantu masyarakat mendapatkan informasi penting secara cepat dan efisien. Warga dapat mengakses informasi layanan, data kelurahan, kontak penting kelurahan, persyaratan dokumen, serta mengajukan feedback secara langsung melalui platform tersebut.

Selain itu, inovasi ini menyediakan akses mudah ke data dan kegiatan terbaru terkait kegiatan di Kelurahan Kariangau, seperti program-program pemerintah, pengumuman penting, hingga informasi terkait pembangunan wilayah yang dilakukan ketua RT.

Lurah Kariangau, Singgih Aji Wibowo menyampaikan bahwa Inovasi Pelita Kariangau adalah langkah nyata untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, terutama di era digital saat ini. “Kami berharap aplikasi ini dapat menjadi solusi bagi warga yang selama ini kesulitan mendapatkan informasi, sehingga pelayanan menjadi lebih cepat, mudah, dan tepat,” ujarnya.

Inovasi ini juga terintegrasi dengan berbagai layanan daring lain yang sudah tersedia di Balikpapan, seperti informasi kependudukan, ketenagakerjaan, peta daerah, hingga pertanahan Kota Balikpapan. Inovasi ini dapat dengan mudah diakses melalui situs linktr.ee/kariangau.


Bagikan QR Code ke Rumah-Rumah RT

Aplikasi Pelita Kariangau yang dapat membantu warga Kariangau untuk mendapatkan infornasi layanan di Kelurahan Kariangau.

Selain itu, aplikasi ini didukung dengan penggunaan QR code di tiap-tiap rumah ketua RT untuk memudahkan akses warga ke berbagai formulir dan dokumen yang dibutuhkan. “Dengan adanya aplikasi Pelita Kariangau ini diharapkan partisipasi masyarakat dalam berbagai program kelurahan meningkat, dan proses administrasi dapat dilakukan dengan lebih efisien,” ujarnya.

Peluncuran aplikasi ini juga merupakan bukti komitmen Kelurahan Kariangau dalam memberikan pelayanan publik yang lebih baik dan responsif terhadap kebutuhan warga, serta inovasi yang lahir dari upaya nyata untuk perubahan di lingkungan kelurahan.

Menurut warga, aplikasi Pelita Kariangau ini sangat membantu masyarakat yang hendak mengurus berbagai berkas di Kelurahan Kariangau. Selain itu juga membantu Ketua RT dalam memberikan informasi ke masyarakat ketika Ketua RT sedang tidak berada di rumah. “Warga jadinya bisa mendapatkan informasi dari aplikasi tersebut, seperti persyaratan atau kelengkapan apa saja yang perlu disiapkan jika ingin mengurus dokumen tertentu,” ungkap Lisnawati warga RT 14 Kariangau.

Dia berharap aplikasi Pelita Kariangau ini dapat terus dikembangkan, dan sosialisasi ke masyarakat Kariangau lebih diintensifkan sehingga seluruh masyarakat Kariangau dapat mengaksesnya. “Karena wilayah Kelurahan Kariangau ini sangat luas, apalagi lokasi kantor kelurahan yang cukup jauh dijangkau dari beberapa RT, sangat memudahkan sekali untuk masyarakat sehingga tidak perlu bolak-balik ke kantor kelurahan untuk melengkapi berkas,” tandasnya.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya