BYD Resmi Buka Pre-order FCB Bao 8, Harga Mulai Rp 800 Jutaan

BYD berencana akan memperkenalkan FCB Bao 8 pada November mendatang. Namun, produsen asal Tiongkok itu secara resmi telah membuka pre-order mobil tersebut, mulai harga Rp 800 juta-an.

oleh Rendy Yansah diperbarui 14 Okt 2024, 18:13 WIB
Ilustrasi Fang Cheng Bao (FCB) Bao 8 yang akan meluncur pada November mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - BYD berencana meluncurkan Fang Cheng Bao (FCB) Bao 8 pada November mendatang. Saat ini, pabrikan mobil listrik dari China itu telah membuka pre-order secara resmi, dengan rentang harga Rp 864 juta - Rp 1 miliar.

Pelanggan sudah bisa membayar uang muka dengan harga minimal Rp 6,8 juta. Setelah membayar pelanggan bisa request warna interior atau eksterior serta jumlah kursi enam atau tujuh.

Hingga saat ini, kendaraan tersebut dikabarkan telah hadir di 34 kota di Tiongkok dan 27 kota lainnya akan segera menyusul.

SUV Bao 8 didesain dengan platform super hybrid dual mode off-road (DMO) 2.0T milik BYD, yang sudah dilengkapi sistem DiSus-P Intelligent Hydraulic Body Control.

Bagian eksteriornya, BYD mengadopsi gaya "Future Starship Aesthetics." Desain ini memberikan nuansa hardcore dengan posisi ban serep di bagian belakang dan pelek berukuran 20 inci (275/55 R20).

Bagian luar, Bao 8 menyediakan tiga pilihan warna, yaitu Star Moon Silver, Dawn Gold, dan Night Shadow Black, sementara dua warna interior, yakni Wild Wheat Yellow dan Dark Night Black.

Berbicara dimensi, SUV ini berukuran panjang 5,1 m, lebar 1,9 m, dan tinggi 1,8 m dengan jarak sumbu roda 2,9 m. Namun, jika rak atap dipasang, tinggi mobil bertambah bisa mencapai 1,9 m. Untuk beban maksimal yang dapat ditarik sekitar 2,5 ton.


Interior dan Fitur Fang Cheng Bao Bao 8

Di bagian dalam, interior mobil dilapisi bahan kulit dan dilengkapi dengan kokpit pintar DiLink150 BYD, yang menggunakan chip BYD 9000 untuk kontrol suara.

Terdapat sejumlah fitur mencolok, di antaranya layar kontrol sentral berukuran 17,3 inci, layar multimedia co-pilot 12,3 inci, panel instrumen LCD penuh 12,3 inci, layar kontrol ganda di tengah, dan AR-HUD 50 inci.

Tak cuma itu, banyak juga tombol fisik yang ditambahkan. Lebih dari itu, kunci mobil NFC dapat digunakan dengan ponsel Android, Harmony, dan iOS.

Sistem suara mobil berasal dari Devialet, dan ada juga kulkas di dalam kendaraan yang berfungsi untuk pemanasan dan pendinginan.

Tata letak kursi tersedia untuk 6 dan 7 tempat duduk. Ruang antara baris pertama, kedua, dan ketiga lebih dari 1000 mm, dengan ruang kaki di baris kedua mencapai 870 mm dan di baris ketiga 800 mm.

Semua kursi bisa disetel secara elektrik. Selain itu, kapasitas maksimum bagasi bisa mencapai 1130 liter.


Tenaga Teknis dan Baterai FCB Bao 8

Tenaga penggeraknya berasal dari mesin 2.0T yang mampu menghasilkan daya 200 kW (268 hp). Motor listrik ini menggunakan 4WD dengan tenaga roda depan 200 kW dan belakang 300 kW.

Jika digabungkan, tenaga motor ini mampu menghasilkan tenaga 550 kW (738 hp) dan torsi maksimal 760 Nm. Kecepatan akselerasi yang mampu dijangkau berkisar 0-100 km/jam dalam waktu 4,8 detik.

Pada penyimpanan dayanya, FCB Bao 8 menggunakan baterai Blade LFP 36,864 kWh. FCB Bao 8 juga menawarkan jangkauan listrik murni hingga 125 km dan jangkauan total hingga 1.200 km (dalam kondisi CLTC).

Dengan pengisian cepat DC 120 kW, baterai ini dapat diisi dari 30% hingga 80% dalam waktu 16 menit. Selain itu, FCB Bao 8 juga mendukung fungsi pelepasan daya eksternal sebesar 6 kW.

FCB Bao 8 menyediakan 15 mode berkendara, termasuk mode nyaman, ekonomi, sport, cerdas, salju, pasir, lumpur, pegunungan, batu, menyelam, balap, merayap, rantai anti-selip, U-turn gaya Bao, dan berkendara dengan trailer. Selain itu, kunci diferensial juga tersedia untuk roda tengah, depan, dan belakang.

FCB Bao 8 adalah kendaraan BYD pertama yang dilengkapi dengan Huawei Qiankun ADS 3.0, yang mendukung navigasi cepat, fitur autopilot, dan bantuan parkir.

Fitur keselamatan lainnya termasuk sistem penglihatan malam inframerah yang dapat melihat hingga 300 meter.

Sistem penglihatan malam ini akan aktif secara otomatis saat jarak pandang rendah. Selain itu, SUV ini sudah dibekali 14 kantung udara di seluruh kendaraan.


Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya