Momen Antusias Warga Sambut Kedatangan Jokowi ke Mako Brimob Depok

Masyarakat Kota Depok, khususnya yang berada di sekitar Mako Brimob, Depok, tampak antusias memenuhi sepanjang Jalan Komjen Pol Yasin, Cimanggis, Depok.

oleh Dicky Agung Prihanto diperbarui 14 Okt 2024, 14:16 WIB
Sejumlah warga tampak saling berebutan untuk mendapatkan bingkisan dari Jokowi usai mendatangi Mako Brimob, Depok. (Liputan6.com/Dicky Agung Prihanto)

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Kota Depok, khususnya yang berada di sekitar Mako Brimob, Depok, tampak antusias memenuhi sepanjang Jalan Komjen Pol Yasin, Cimanggis, Depok. Tidak hanya ingin sekedar melihat, sejumlah warga turut menunggu kedatangan Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) yang kerap membagikan bingkisan sembako.

Salah seorang warga, Rustaman mengaku sudah menunggu kedatangan Jokowi sejak pukul 06.30 WIB bersama anak balitanya. Pria yang disapa Rustam ingin melihat secara langsung Jokowi meskipun menunggu di depan Mako Brimob Depok.

"Iya, di akhir jabatannya saya ingin melihat Jokowi," ujar Rustam kepada Liputan6.com, Senin (14/10/2024).

Rustam sebelumnya mendapatkan informasi dari media sosial bahwa Jokowi akan datang ke Mako Brimob dalam rangka menghadiri Apel Pasukan Mantap Brata dan Penganugerahan medali kehormatan dan keselamatan publik. Rustam harus rela menunggu selama tiga jam untuk melihat sejumlah pejabat Kementerian Negara keluar dari Mako Brimob Depok.

"Tadi saya ga bisa lihat langsung, yang saya lihat hanya Pak Prabowo, tapi gak apa-apa, saya bisa melihat presiden terpilih pengganti Pak Jokowi," ucap Rustam.

Masih di lokasi yang sama, salah seorang pengendara ojek online, Dedi mengaku menyempatkan diri berhenti di depan Mako Brimob. Dedi ingin melihat secara langsung Jokowi maupun pejabat negara lainnya yang keluar dari gerbang Mako Brimob.

"Narik ojeknya berhenti dulu sebentar, katanya ada Jokowi, biasanya beliau suka membagikan bingkisan," jelas Dedi.

Pucuk di cinta, ulam pun tiba, akhirnya rangkaian kendaraan Jokowi tampak keluar dari depan Mako Brimob Depok. Dedi bersama sejumlah masyarakat lainnya yang menunggu di depan Mako Brimob tampak antusias melihat kendaraan Jokowi keluar dari Mako Brimob.

"Iya, pas mobil Pak Jokowi keluar, masyarakat langsung ingin mendekat walaupun petugas keamanan berusaha mencegah," terang Dedi.

 


Pembagian Sembako

Sejumlah warga tampak saling berebutan untuk mendapatkan bingkisan dari Jokowi usai mendatangi Mako Brimob, Depok. (Liputan6.com/Dicky Agung Prihanto)

Walaupun sudah mendapatkan penjagaan, antusias warga tidak bisa dibendung saat pengawalan presiden memberikan sejumlah bingkisan kepada warga. Warga saling berebutan untuk mendapatkan bingkisan berupa sembako dari Jokowi.

"Alhamdulillah saya dapat bingkisan sembako, bisa buat tambahan memenuhi kebutuhan keluarga," ungkap Dedi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin jalannya apel kesiapan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih 2024-2029 di Mako Brimob Polri, Depok, Jawa Barat pada Senin (14/10/2024).

Pantauan di lokasi, presiden tiba sekira pukul 08.30 WIB dengan didahului oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Keduanya lalu diterima oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto.

Keduanya kemudian menaiki mobil komando maung besutan PT Pindad dan sembari memeriksa apel pasukan.

Sebagai informasi, pada momentum apel persiapan hari ini, Presiden Jokowi juga menerima anugerah medali kehormatan keamanan dan keselamatan publik 'Loka Praja Samrakshana'.

Medali ini merupakan bentuk apresiasi Polri kepada Jokowi yang dinilai berperan besar dalam pengembangan organisasi Korps Bhayangkara. Nantinya, penganugerahan yang langsung diberikan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Jadi dalam apel gelar pasukan pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih, (Polri) juga akan memberikan kepada Presiden RI Jokowi medali kehormatan Loka Praja Samrakshana, secara langsung diberikan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo" kata saat Karopenmas Divhumas Polri Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko, dikonfirmasi terpisah.

 


Pemberian Penghargaan

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan memberikan penghargaan medali kehormatan keamanan dan keselamatan publik 'Loka Praja Samrakshana' kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Medali ini merupakan bentuk apresiasi Polri kepada Jokowi yang dinilai berperan besar dalam pengembangan organisasi Korps Bhayangkara. Nantinya, penganugerahan akan digelar di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Senin (14/10/2024).

"Jadi dalam apel gelar pasukan pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih, (Polri) juga akan memberikan kepada Presiden RI Jokowi medali kehormatan Loka Praja Samrakshana, secara langsung diberikan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo" kata Karopenmas Divhumas Polri Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko, Senin (14/10/2024).

Loka Praja Samrakshana merupakan bahasa Sanskerta. Loka Praja Samrakshana dapat diartikan perlindungan terhadap masyarakat, bangsa dan negara.

Infografis Jokowi Berkantor di IKN Nusantara Jelang Masa Jabatan Berakhir. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya