5 Manfaat Pisang untuk Kesehatan Tubuh, Bantu Cegah Risiko Diabetes Hingga Jantung

Pisang mengandung banyak antioksidan di dalam tubuh seperti serat, vitamin, kalium, serta magnesium. Masing-masing kandungan ini memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh Anda.

oleh Cicilia Afrilia Damayanti Simbolon diperbarui 16 Okt 2024, 13:07 WIB
5 Manfaat Pisang untuk Kesehatan Tubuh, Bantu Cegah Risiko Diabetes Hingga Jantung - Credit by unsplash.com/anastasia eremina

Liputan6.com, Jakarta - Buah pisang, dengan tekstur lembut dan kulit berwarna kuning yang khas, bukan hanya menjadi camilan favorit, tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan. Kandungan gizi yang melimpah dalam pisang menjadikannya pilihan ideal bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan tubuh.

Pisang sering digunakan sebagai bahan dasar berbagai olahan makanan, seperti keripik pisang, pisang cokelat, dan martabak. Selain itu, buah ini juga dapat diolah menjadi jus yang menyegarkan. Namun, untuk memaksimalkan khasiatnya, sebaiknya Anda mengonsumsi pisang dalam keadaan segar tanpa tambahan bahan lainnya.

Mengonsumsi satu buah pisang setiap hari dapat memberikan sejumlah antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Antioksidan ini berperan penting dalam melawan radikal bebas dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Berikut beberapa manfaat yang ditawarkan dalam buah pisang, seperti melansir dari Cleveland Clinic, Senin (14/10/2024).

 

1. Serat

Pisang kaya akan kandungan serat yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Dalam sehari tubuh membutuhkan 25 hingga 29 serat. Sementara itu, setelah Anda mengonsumsi pisang, Anda akan mendapatkan lebih dari 25 gram serat ke dalam tubuh. Selain itu, pisang mengandung 2000 kalori yang baik untuk proses diet seseorang.

Kandungan serat di dalam buah ini memiliki manfaat yang baik bagi tubuh Anda. Dengan mengonsumsi buah pisang, maka Anda telah meningkatkan sistem penceraan.

Serat di dalam buah pisang mampu memberikan kesehatan dan menjaga pergerakan usus Anda. Selain itu, juga dapat mencegah beberapa risiko penyakit kardiovakular seperti jantung, kanker, diabetes, stroke, dan tekanan darah tinggi.


2. Vitamin C

Ilustrasi Tubuh yang Sehat Credit: unsplash.com/Ben

Vitamin C atau asam askorbat mampu memberikan manfaat bagi tubuh yaitu menyerap zat besi dan meningkatkan sistem kekebalan bagi Anda yang mengonsumsi asupan mengandung vitamin C. Tubuh orang dewasa membutuhkan 75 hingga 10 miligram vitamin C. Salah satu buah yang mengandung vitamin C adalah buah pisang.

Selain itu, vitamin C juga mampu menetralkan radikan bebas yang ada di dalam tubuh. Jika radikal bebas dibiarkan terus berkembang biak akan menyebabkan sel-sel tubuh rusak dan menambah risiko terserang penyakit.

Untuk mengatasi hal tersebut, mengonsumsi asupan vitamin C seperti buah pisang dalam sehari tanpa berlebihan mampu mengendalikan radikal bebas.


3. Vitamin B6

Ilustrasi perempuan tidur. (Sumber: Unsplash)

Buah pisang juga mengandung vitamin B6. Satu buah pisang mengandung seperempat hingga sepertiga vitamin B6 yang dibutuhkan oleh tubuh dalam sehari.

Vitamin ini memiliki banyak manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan memberikan asupan vitamin B6, Anda dapat meningkatkan pola makan yang membuat Anda nafsu makan.

Selain itu, kandungan vitamin ini juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga proses metabolisme di tubuh dapat terjaga. Terjaganya proses metabolisme dapat menghindari tubuh Anda dari kelelahan berlebihan. Kandungan Vitamin B6 ini juga mampu meningkatkan kualitas tidurmu.


4. Kalium

Ilustrasi cek tekanan darah/Copyright unsplash.com/Mufid Majnun

Tubuh tidak hanya membutuhkan serat dan vitamin, tetapi juga membutuhkan asupan kalium. Kalium merupakan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Dengan mengonsumsi asupan makanan yang mengandung kalium, Anda telah menjaga kesehatan organ tubuh bagian jantung, ginjal, dan otot.

Salah satu asupan makanan yang mengandung kalium adalah buah pisang. Buah pisang menyediakan 422 miligram kalium yang diperlukan oleh tubuh. Mengonsumsi pisang yang mengandung kalium mampu menjaga kesehatan tekanan darah.

Sehingga, sistem peredaran darah dapat bergerak dengan lancar ke organ tubuh. Lancarnya sistem peredaran darah mampu mengurangi risiko penyakit jantung, stroke dan gagal ginjal.


5. Magnesium

Ilustrasi Saraf Kejepit/Shutterstock.

Pisang memiliki kandungan magnesium di dalamnya. Satu buah pisang dengan ukuran sedang memberikan 32 miligram mineral magnesium. Hal ini menunjukan bahwa dengan mengonsumsi buah pisang, Anda telah memenuhi 8% - 10% kebutuhan per harinya.

Kandungan magnesium dibuuhkan okeh tubuh untuk menjaga tekanan darah agar tidak meningkat. Selain itu, magnesium juga membantu tubuh menurunkan tekanan gula darah yang tinggi. Dengan mengonsumsi buah pisang yang mengandung magnesium, Anda juga telah menjaga kesehatan tulang, otot, dan saraf.

Infografis Kiat Makan Sehat Kala Lebaran (Liputan6.com/M. Iqbal)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya