Cawagub Suswono Nilai Konflik Warga soal Lahan di Kampung Bayam karena Ketidakadilan

Suswono menyebut, guna mengetahui akar masalah konflik warga di lahan Kampung Bayam harus ada dilakukan pertemuan secara langsung dengan warga terkait. Keluhan warga, kata dia harus didengarkan secara utuh.

oleh Winda Nelfira diperbarui 14 Okt 2024, 14:45 WIB
Cawagub Suswono dalam debat perdana Pilkada Jakarta 2024, di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (6/10/2024). (YouTube KPU Provinsi Jakarta)

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil gubernur (Cawagub) Jakarta nomor urut 1 Suswono, mengatakan persoalan konflik warga Kampung Bayam di Hunian Kampung Susun Bayam (KSB), berawal dari ketidakadilan. Dia bilang, perlu diketahui akar masalahnya terlebih dahulu.

"Tentu saja semua persoalan-persoalan yang terkait dan muncul di Jakarta ini, tentu kami akan tahu akar masalahnya dulu," kata Suswono di Kantor Kapanlagi Youniverse (KLY), Jakarta Pusat, Senin (14/10/2024).

Suswono menyebut, guna mengetahui akar masalah konflik warga di lahan Kampung Bayam harus ada dilakukan pertemuan secara langsung dengan warga terkait. Keluhan warga, kata dia harus didengarkan secara utuh.

"Untuk tahu akar masalahnya kan harus ada interaksi. Kita dengarkan, biasanya konflik-konflik sosial yang muncul karena aspek ketidakadilan," ungkap Suswono.

Suswono mengaku, siap bertemu dan duduk bersama warga Kampung Bayam untuk bersama-sama mencari solusi penyelesaian konflik yang selama ini belum mencapai titik temu tersebut.

"Maka nanti kita duduk bareng aja itu istilahnya apalagi nanti diberikan kewenangan ya. Pasti dengan duduk bareng, persoalannya apa, akar masalahnya apa sepanjang niatnya baik untuk mencari keadilan pasti ketemu," jelasnya.

 


Pernah Temui Persoalan Serupa

Suswono mengklaim, pernah menemui persoalan dengan konflik serupa. Dia berujar, persoalan bisa diselesaikan jika konsep keadilan diterapkan.

"Saya sudah beberapa kali lah dalam persoalan-persoalan yang pernah saya hadapi tapi ketika ukurannya adalah keadilan biasanya selesai," ucap dia.

Lebih lanjut, Suswono menuturkan telah mengatur jadwal untuk menyambangi warga Kampung Bayam yang tinggal di Hunian Sementara (Huntara) di masa-masa kampanye. Namun, ia belum dapat merinci kapan kunjungan akan dilakukan.

"Iya nanti, memang sudah ada rencana sih. Nanti memang akan kita coba. Ini memang padat sekali mungkin nanti tinggal waktunya akan diatur," kata dia.

Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya