Mantan Bos Binance Peringatkan Penipuan Kripto Pakai Deepfake AI

Changpeng Zhao memperingatkan komunitas kripto global agar tetap waspada terhadap deepfake buatan AI.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 14 Okt 2024, 17:31 WIB
Mantan CEO Binance, Changpeng Zhao (CZ), telah memperingatkan komunitas kripto global agar tetap waspada terhadap deepfake buatan AI. (Dok: Binance)

Liputan6.com, Jakarta - Mantan CEO Binance, Changpeng Zhao (CZ), telah memperingatkan komunitas kripto global agar tetap waspada terhadap deepfake buatan AI yang menyebarkan penipuan mata uang kripto di media sosial.

“Ada video deepfake saya di platform media sosial lain. Harap berhati-hati,” tulis Zhao di media sosial X, dikutip dari Yahoo Finance, Senin (14/10/2024). 

Zhao dibebaskan dari sel penjara di California bulan lalu, setelah menjalani hukuman empat bulan karena melanggar peraturan AS seputar pencucian uang dan pelanggaran lain seputar Undang-Undang Kerahasiaan Bank. 

Beberapa tokoh terkemuka baru-baru ini ditiru menggunakan deepfake, termasuk mantan presiden Donald Trump, Taylor Swift, CEO Ripple Brad Garlinghouse, CEO Tesla Elon Musk, dan Zhao sendiri.

Keterbukaan Wakil Presiden Kamala Harris baru-baru ini terhadap industri kripto juga telah memicu spekulasi calon presiden dari Partai Demokrat itu mungkin akan segera memunculkan Deepfake AI miliknya sendiri yang menawarkan token kripto.

Menurut firma forensik data blockchain Elliptic, sebagian besar penipuan kripto deepfake menggunakan pola yang sama. 

Penipuan tersebut secara teratur mengundang orang-orang yang tidak menaruh curiga di web untuk meningkatkan penghasilan mereka secara substansial jika mereka mentransfer mata uang kripto ke alamat dompet kripto tertentu tetapi hadiah yang dijanjikan tidak pernah muncul.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.


AS Dakwa 3 Perusahaan Terkait Manipulasi Pasar hingga Penipuan Kripto

Ilustrasi berbagai macam aset kripto. (Foto By AI)

Sebelumnya, Jaksa penuntut di Amerika Serikat mendakwa tiga perusahaan kripto dan 15 orang terkait kasus manipulasi pasar dan perdagangan palsu.

Dilaporkan, langkah tersebut menandai penuntutan pidana pertama terhadap perusahaan jasa keuangan atas manipulasi pasar dan perdagangan palsu di sektor kripto.

Melansir Channel News Asia, Senin (14/10/2024) jaksa penuntut federal di Boston mendakwa perusahaan kripto yakni Gotbit, ZM Quant, dan CLS Global serta para pemimpin dan karyawan perusahaan tersebut dan perusahaan lainnya dalam kasus yang juga melibatkan penangkapan orang-orang di luar negeri.

Lima orang telah setuju untuk mengaku bersalah atas dakwaan tersebut. Jaksa penuntut menuduh para terdakwa terlibat dalam skema "pump and dump" pasar saham yang setara dengan kripto yang melibatkan perdagangan palsu untuk secara artifisial meningkatkan volume perdagangan berbagai token kripto, sebelum menjualnya.

Jaksa penuntut mengatakan perusahaan terbesar yang terlibat dalam berbagai skema tersebut, Saitama, pada satu titik memiliki nilai pasar sebesar USD 7,5 miliar, setelah para pemimpinnya mulai memanipulasi pasar untuk tokennya dan secara diam-diam menjualnya.

Pimpinan eksekutifnya, Manpreet Kohli, ditangkap pada hari Senin (7/10) di Inggris. Lima karyawan lain yang masih bekerja atau mantan karyawan juga didakwa, dan tiga orang telah mengaku bersalah.

Salah satu pihak yang didakwa adalah Aleksei Andiunin, kepala eksekutif Gotbit, "pembuat pasar" mata uang kripto yang tinggal di Rusia dan Portugal. Ia didakwa bersama dua karyawan perusahaannya di Rusia dan tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

 

 


Temuan Jaksa

Ilustrasi harga kripto (Foto By AI)

Jaksa AS mengungkapkan dari 2018 hingga 2024, Gotbit terlibat dalam bentuk manipulasi pasar yang disebut "wash trading" atas nama beberapa klien kripto, menghasilkan puluhan juta dolar dengan mengorbankan investor.

Dalam wash trading, aset keuangan dibeli dan dijual dengan tujuan yang jelas untuk menyesatkan pasar.

Jaksa mengutip wawancara tahun 2019 yang dilakukan Andiunin dalam tayangan YouTube di mana ia merinci bagaimana bisnisnya telah mengembangkan kode untuk secara artifisial meningkatkan volume perdagangan token dengan tujuan untuk mendaftarkannya di bursa kripto.

Tiga orang lain yang tinggal di luar negeri yang bekerja di "pembuat pasar" mata uang kripto yang menurut jaksa mengiklankan layanan manipulasi pasar kepada klien juga didakwa.

Mereka adalah Liue Zhou, pendiri perusahaan pembuat pasar MyTrade asal China, yang menurut dokumen pengadilan telah setuju untuk mengaku bersalah; Baijun Ou dari Hong Kong, yang bekerja di ZM Quant, dan Andrey Zhorzhes dari Uni Emirat Arab, seorang karyawan CLS Global.

Dakwaan juga dijatuhkan pada Michael Thompson dari Virginia. Ia diketahui bekerja di sebuah perusahaan kripto bernama VVZZN yang didirikan oleh mantan karyawan Saitama, dan Bradley Beatty dari Florida. Menurut jaksa penuntut, ia secara curang mempromosikan perusahaan kripto miliknya, Lillian Finance.

 


Dibantu Binance, India Bongkar Penipuan Kripto Senilai Rp 739,8 Miliar

Ilustrasi perdagangan Kripto. (Foto By AI)

Sebelumnya, Direktorat Penegakan Hukum India (ED), badan investigasi keuangan khusus di bawah Kementerian Keuangan di India menangani tindakan pidana penipuan senilai USD 48 juta atau Rp 739,8 miliar. Investigasi otoritas India ini terkait dengan aplikasi permainan daring (gaming), Fiewin, yang dikaitkan dengan seorang warga negara China.

Melansir News.bitcoin.com, Kamis (3/10/2024) investigasi ini mengakibatkan pembekuan akun senilai 25 crore yang terhubung dengan warga China tersebut.

Dengan dukungan dari bursa mata uang kripto Binance, Direktorat Penegakan Hukum India menyelidiki aplikasi permainan daring yang diduga memikat pengguna dengan janji penghasilan cepat.

Namun, aplikasi gaming tersebut dilaporkan mencegah pengguna menarik dana setelah sejumlah besar terkumpul. Karena pengaduan meningkat, kasus tersebut ditingkatkan ke Direktorat Penegakan Hukum India, yang mengkhususkan diri dalam menangani kejahatan ekonomi.

Beberapa orang ditangkap karena peran mereka dalam memfasilitasi penipuan tersebut, termasuk seorang warga negara India, Arun Sahu, Alok Sahu, dan insinyur perangkat lunak yang disebut sebagai Chetan Prakash dan Joseph Stalin.

Menurut temuan ED, dana yang dikumpulkan dari para gamer disalurkan melalui "orang yang mengisi ulang" yang mengubah uang tersebut menjadi mata uang kripto, yang kemudian ditransfer ke dompet kripto seorang warga China.

Binance, dalam temuannya mengungkapkan bahwa penipuan tersebut melibatkan jaringan canggih yang menggunakan pesan yang berfokus pada privasi dan transaksi keuangan yang dibawa kabur untuk menghindari deteksi.

Penyelidikan tersebut telah melacak hampir 400 crore ke delapan dompet Binance, dengan pihak berwenang terus berupaya untuk mengungkap sepenuhnya penipuan lintas batas ini.

 

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya