5 Manfaat Menyelam untuk Meningkatkan Kesehatan Tubuh dan Mental

Jika Anda memiliki hobi menyelam maka besar kemungkinan Anda akan memperoleh banyak manfaat dari melakukan olahraga di dalam air ini. Anda akan merasa sehat secara fisik maupun secara mental.

oleh Cicilia Afrilia Damayanti Simbolon diperbarui 23 Okt 2024, 16:15 WIB
Ilustrasi Menyelam (dok. Unsplash.com/Aviv Perets)

Liputan6.com, Jakarta - Menyelam atau diving merupakan olahraga yang dilakukan di bawah air dalam waktu yang cukup lama. Saat menyelam Anda biasanya menggunakan alat bantu untuk pernapasan.

Sebelum menyelam, Anda perlu mempersiapkan diri baik secara fisik maupun alat kebutuhan untuk menyelam. Orang-orang yang melakukan aktivitas selam membutuhkan keahlian berenang yang baik. Hal ini terjadi karena saat menyelam seseorang akan beradaptasi dengan cara tenggelam dan mengapung di dalam air di laut yang luas.

Menyelam memiliki manfaat yang baik bagi tubuh dan diri Anda. Anda akan merasakan beberapa manfaat baik secara fisik maupun mental. Dilansir dari Live A Board, Senin (14/10/2024) beberapa manfaat yang dirasakan jika Anda sering menyelam di laut.

1. Meningkatkan Kekuatan dan Fleksibilitas

Kebiasaan menyelam dalam membangun kekuatan dan fleksibilitas tubuh Anda. Saat menyelam Anda akan menjelajali dunia bawah laut. Semakin sering Anda menyelam maka otot-otot yang mengalami penegangan akan merenggang. Selain itu, kekuatan tubuh Anda akan ditingkatkan dan daya tahan tubuh akan mengembangkan secara bersama.

Saat Anda menyelam arus dan hambatan air akan membangunkan otot inti dan kaki Anda. Selain itu, menyelam dapat membentuk postur tubuh menjadi lebih baik secara keseluruhan akibat kekuatan otot tubuh setelah menyelam. Anda akan memperoleh tubuh yang tegak dan terhindar dari cedera punggung saat membawa perlengkapan selam.


2. Meningkatkan Kontrol Napas

Ilustrasi penyelaman SCUBA. (Image by freepik)

Saat Anda menyelam, mengontrol napas adalah hal yang penting untuk dilakukan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir konsumsi udara sehingga dapat menjaga daya apung saat sedang menyelam. Jika Anda tidak memiliki kontrol napas yang baik, maka besar kemungkinan Anda akan tenggelam dan mengalami cedera di dalam air.

Anda perlu mengendalikan pernapasan saat sedang menyelam. Mereka yang sering menyelam akan lebih mudah bernapas di dalam air. Bahkan mampu meningkatkan kontrol napas serta manfaat tambahan bagi kesehatan. Bagi pemula, Anda dapat melakukan latihan mengambil napas dalam-dalam agar dapat terbiasa mengontrol napas di dalam air.


3. Sebagai Terapi Tubuh

Ilustrasi penyelam. (dok. Unsplash.com/@olgatsai)

Terapi di dalam air menjadi pilihan bagi sebagian orang, baik bagian kaki maupun seluruh tubuh. Menyelam sama hal nya dengan melakukan terapi di air. Dengan melakukan terapi di air Anda akan memperoleh manfaat seperti menyembuhkan dan menenangkan tubuh.

Saat Anda tenggelam dan mengapung di air, Anda telah meningkatkan kesejakteraan perasaan seperti damai dan aman. Selain itu, aktivitas ini juga baik untuk kesehatan rahim Anda. Air laut yang bersentuhan ke kulit mengandung mineral yang baik untuk penyembuhan luka di kulit. Selain itu, bermain bersama laut mampu mengelola rasa trauma, cemas, stress, gangguan tidur, dan membangun ketahanan tubuh Anda.


4. Menurunkan Tekanan Darah

Ilustrasi menyelam. (Image by tirachard on Freepik)

Setelah menyelam tubuh Anda akan terasa hangat saat berada di dalam air. Menyelam dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini disebabkan oleh saat menyelam Anda mengambil napas secara perlahan dan dalam-dalam.

Sehingga, napas Anda dapat dikontrol dengan baik dan mampu memperlancar tekanan dalam darah, serta darah dapat mengalir dengan baik ke seluruh tubuh. Berdasarkan penelitian orang-orang yang sering menyelam dapat menurunkan risiko terserang penyakit jantung dan stroke.


5. Meningkatkan Kesejahteraan Emosional

Ilustrasi Menyelam (freepik)

Para penyelam selalu memiliki keinginan untuk menyelami beberapa kehidupan laut lainnya. Hal ini mendorong pikiran dan tubuh berinteraksi dengan beberapa hewat yang ada di laut. Terhubung dengan makhluk hidup di dalam air mampu meningkatkan kesejahteraan emosional.

Selain itu, menyelam di air dan melakukan interaksi dengan hewan-hewan di bawah lau mampu meningkatkan rasa percaya diri Anda. Hal ini terjadi karena saat berada di dalam laut, keberanian diri di uji. Agar aktivitas selam Anda berhasil dan berjalan dengan baik dibutuhkan rasa percaya diri atas aktivitas yang dilakukan. Semakin sering Anda melakukan selam, maka semakin tinggi pula rasa percaya diri Anda.

Banner Infografis Skenario Pengangkatan Kapal Selam KRI Nanggala 402. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya