Camat di Pekanbaru Minta Jajaran Netral Selama Pilkada, Jangan Ikut Berkampanye

Camat Binawidya, Kota Pekanbaru, mengumpulkan jajarannya hingga perangkat RT dan memerintahkan netral selama Pilkada.

oleh M Syukur diperbarui 14 Okt 2024, 22:15 WIB
Sosialisasi netralitas ASN dan meningkatkan partisipasi warga dalam Pilkada di Kecamatan Binawidya, Pekanbaru. (Liputan6.com/M Syukur)

Liputan6.com, Pekanbaru - Camat Binawidya Kota Pekanbaru, Riau, Indah Vidya Hastuti mengajak jajaran lurah hingga perangkat RT dan RW meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2024. Semua perangkat diminta mengecek apakah warganya sudah terdaftar sebagai pemilih tetap.

Menurut Vidya, terdaftar sebagai pemilih sangat penting dalam Pilkada serentak. Jangan sampai ada keributan di tempat pemungutan suara karena warga tidak terdaftar atau tidak mendapatkan surat undangan mencoblos.

 

Selain partisipasi, Camat Binawidya mengingatkan aparatur sipil negara (ASN) di bawah wilayah kerjanya selalu netral. Aparatur sipil diperbolehkan memilih tapi jangan sampai ikut mengkampanyekan salah satu calon pasangan wali kota.

"ASN termasuk perangkat RT dan RW, tetap netral dan tidak ikut serta dalam kampanye atau mendukung salah satu pasangan calon," kata Vidya, Senin siang, 14 Oktober 2024.

Sebelumnya, Vidya bersama Kapolsek Binawidya Kompol Asep Rahmat, jajaran Bhabinkamtibmas, Babinsa serta panitia penyelenggara kecamatan (PPK) dan Panwas menggelar sosialisasi netralitas dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada.

Vidya meminta warga melaporkan ke pihak terkait atau kepadanya jika ada ASN atau perangkat pemerintahan tidak netral. Vidya berjanji menindak tegas sesuai aturan berlaku.

Kompol Asep Rahmat menyatakan menjaga netralitas ASN sangat penting, begitu juga dengan personel Polsek. Dia mengingatkan jangan sesekali polisi memihak karena tidak punya hak pilih, apalagi ikut berkampanye.

"Jika ada anggota Polsek yang tidak netral, warga harap segera melapor," ujar Asep.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Persiapan Kampanye Akbar

Asep menjelaskan, pada akhir bulan nanti akan diadakan kampanye akbar 5 pasangan wali kota dan wakil kota ataupun calon gubernur beserta wakilnya. Kepolisian nantinya menyiagakan personel di lokasi kampanye agar berjalan kondusif.

"Kemudian jangan sampai ada pemungutan suara ulang, segala sesuatu perselisihan soal pencoblosan harap diselesaikan di sidang pleno atau koordinasi dengan Polsek," ucap Asep.

Sementara itu, Danramil 0301-06 Sukajadi Kapten Inf M Fadhil mengingatkan personel TNI-Polri hati-hati berbicara selama masa kampanye.

"Apa yang dibicarakan harus dijaga, jaga netralitas selama Pilkada karena sangat mudah informasi saat ini untuk viral," kata Fadhil. 

Berikutnya, perwakilan PPK menyampaikan pihaknya siap mendukung Pilkada dengan netralitas dan profesionalisme. PPK Binawidya yang beranggotakan personel ad hoc selama 8 bulan, bertanggung jawab terhadap 96 TPS.

Berikutnya, ada 672 anggota KPPS serta linmas. PPK berterimakasih kepada Polsek, camat, Danramil, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa atas arahan serta dukungan selama tahapan Pilkada. 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya