Cawagub Suswono Ingin Budaya Betawi Masuk Kurikulum Pendidikan di Sekolah Jakarta

Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jakarta nomor urut 1 Suswono, menyampaikan gagasannya guna melestarikan budaya Betawi di Jakarta.

oleh Winda Nelfira diperbarui 14 Okt 2024, 18:41 WIB
Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jakarta nomor urut 1 Suswono. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jakarta nomor urut 1 Suswono, menyampaikan gagasannya guna melestarikan budaya Betawi di Jakarta. Dia ingin memasukkan budaya Betawi ke dalam kurikulum pendidikan di sekolah Jakarta.

Hal ini disampaikan Suswono saat bertandang ke Bens Radio di Jalan Tarumanegara, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Senin (14/10/2024)

"Kita juga ingin melestarikan, melestarikan dengan upaya-upaya secara struktural, dengan caranya melalui kurikulum pendidikan, supaya anak-anak kita ini sejak dini juga mengenal, karena Jakarta itu tidak lepas dari budaya Betawi," kata Suswono.

Selain itu, dia dan Calon Gubernur (Cagub) Ridwan Kamil (RK) juga bakal membangun lembaga yang fokus pada pelestarian budaya Betawi. Dengan begitu, keberadaan budaya Betawi di Jakarta diharapkan tak hilang dimakan perubahan zaman.

"Oleh karena itu juga simbol-simbol budaya Betawi ini tentu perlu kita hidupkan. Kalau sekarang ini kan kota hampir semuanya sama saja di berbagai kota, sama dengan kota-kota di dunia lain, dengan Jakarta," jelas dia.

 


Gerakan Budaya Betawi

Cawagub Suswono dalam debat perdana Pilkada Jakarta 2024, di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (6/10/2024). (YouTube KPU Provinsi Jakarta)

Maka, lanjutnya gerakan membangun kebudayaan Betawi menjadi salah satu upaya yang akan dilakukan Pasangan Calon (Paslon) Ridwan Kamil-Suswono dalam mempertahankan eksistensi Betawi sebagai salah satu ciri khas di Jakarta.

Meski begitu, Suswono memastikan tidak mengesampingkan golongan dan etnis lainnya yang ada di Jakarta. Ia berujar, budaya lainnya juga bakal dipertahankan.

"Dan tentu yang penting lagi adalah bagaimana kita memiliki dana abadi, untuk melestarikan kebudayaan Betawi. Tentu di samping Betawi juga di Jakarta ini multi-etnik juga, tentu juga budaya-budaya yang lain apalagi kita punya Taman Mini, sebetulnya itu bisa juga menjadi bagian dalam konteks mengekspresikan budaya-budaya dari seluruh Indonesia. Itu juga yang akan kita terus kembangkan," kata dia.

Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya