Siapkan Pemimpin Teknologi Masa Depan, GoTo Gelar Engineering Bootcamp

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) baru-baru ini menyelenggarakan program GoTo Engineering Bootcamp 2024, Program tersebut dimaksudkan untuk membekali 43 lulusan perguruan tinggi (fresh graduates) teknik informatika dengan keterampilan penting yang dibutuhkan di industri.

oleh Pipit Ika Ramadhani diperbarui 14 Okt 2024, 20:46 WIB
Gojek, platform layanan on-demand dan perusahaan teknologi Tokopedia di Indonesia mengumumkan pembentukan grup GoTo.

Liputan6.com, Jakarta PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) baru-baru ini menyelenggarakan program GoTo Engineering Bootcamp 2024, Program tersebut dimaksudkan untuk membekali 43 lulusan perguruan tinggi (fresh graduates) teknik informatika dengan keterampilan penting yang dibutuhkan di industri.

Diluncurkan pada 2018, GoTo Engineering Bootcamp merupakan bagian dari komitmen Grup GoTo untuk mengembangkan dan memberdayakan talenta Indonesia dengan mendukung mereka menjadi tech leader generasi masa depan.

Direktur Utama Grup GoTo, Patrick Walujo mengatakan bahwa sejak awal terbentuknya GoTo, perseroan secara konsisten terus membina dan mengembangkan talenta teknologi unggulan yang mendorong lahirnya berbagai inovasi di bisnis perseroan.

"Lebih dari itu, kami menyadari adanya kebutuhan mendesak untuk mengembangkan dan membekali talenta teknologi dalam negeri seiring dengan pertumbuhan pesat Indonesia dan potensi menjadi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara. Hal ini yang kemudian menginspirasi kami untuk menyelenggarakan program GoTo Engineering Bootcamp," kata Patrick dalam keterangan resmi, Jumat (14/10/2024).

Inisiatif itu merupakan bagian dari misi dan komitmen GoTo, sebagai #KaryaAnakBangsa yang terus #BerjuanguntukIndonesia dengan mengembangkan dan mencetak talenta teknologi kelas dunia yang akan menjadi tulang punggung dan membawa negara kita semakin berkembang.

Chief Technology Officer Gojek dan GoTo Engineering Bootcamp Program Champion, Puneet Goyal menambahkan, program Engineering Bootcamp GoTo juga memberikan prinsip-prinsip dasar yang memicu keingintahuan peserta akan pengembangan teknologi terkini yang mengasah kepercayaan diri mereka untuk berkarir di industri ini. Sejak 2018, lebih dari 250 peserta telah lulus dari program ini dan menjadi karyawan penuh waktu di Gojek dan GoTo Financial.

 

 


Jenjang Karir

Paparan publik penawaran umum perdana saham (IPO) PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, Selasa (15/3/2022) (Foto: PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk)

Sebanyak 10% dari lulusan GoTo Engineering Bootcamp tersebut bahkan telah berhasil mencapai jenjang karir di posisi senior leadership GoTo. Para alumni tersebut terus memberikan kontribusi positif yang signifikan bagi ekosistem kami, dengan menghadirkan solusi-solusi teknologi yang bermanfaat bagi pengguna dan mitra perusahaan.

"Kami bangga bisa menjadi bagian dari industri teknologi Indonesia yang sangat dinamis dan akan terus berkontribusi untuk mendukung perkembangannya ke depan," kata Puneet.

Selama sembilan minggu, para peserta mengikuti program bootcamp secara intensif untuk mempertajam keterampilan pemrograman mereka sekaligus membangun dasar yang kuat tentang prinsip-prinsip engineering.

Program ini juga memberikan mereka pengalaman dan kesempatan belajar langsung dari para coach, yaitu para pakar engineering di GoTo dan ahli industri teknologi dari luar Perusahaan. Beberapa kegiatan yang dilakukan mencakup tantangan di bidang pemrograman, pelatihan pengembangan karir, dan sesi mentoring one-on-one.

 


Program Engineering Bootcamp

Gojek, platform layanan on-demand dan perusahaan teknologi Tokopedia di Indonesia mengumumkan pembentukan grup GoTo.

Tidak hanya menyelenggarakan program Engineering Bootcamp, baru-baru ini GoTo juga mengadakan GoTo Associate Product Management Bootcamp, program pelatihan komprehensif untuk product manager dengan kurikulum kelas dunia yang dirancang untuk mendukung dan mempercepat pengembangan talenta teknologi lokal.

GoTo telah aktif berkontribusi terhadap transformasi digital Indonesia. Menurut penelitian LPEM UI, selama 2018 hingga 2023, kehadiran GoTo di tingkat kota/kabupaten meningkatkan rata-rata 2,2 hingga 3,1 persen jumlah pekerja yang terampil digital. Di luar Jawa dan Bali, dampak kehadiran GoTo berkorelasi 3,3 hingga 4,25% dalam peningkatan jumlah talenta paham digital di periode yang sama.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya