Dipanggil Prabowo Subianto, Erick Thohir Bakal Jabat Menteri Apa?

Presiden Terpilih Prabowo Subianto mengumpulkan tokoh-tokoh calon menteri di kabinetnya nanti. Terlihat, ada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang turut dipanggil.

oleh Arief diperbarui 14 Okt 2024, 19:24 WIB
Presiden Terpilih Prabowo Subianto mengumpulkan tokoh-tokoh calon menteri di kabinetnya nanti. Terlihat, ada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang turut dipanggil.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Terpilih Prabowo Subianto mengumpulkan tokoh-tokoh calon menteri di kabinetnya nanti. Terlihat, ada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang turut dipanggil.

Menurut pantauan di lapangan, Erick Thohir tiba di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan sekitar pukul 19.00 WIB. Dia datang tanpa didampingi oleh asistennya.

Erick tiba dengan mengenakan pakai formal dengan batik berwarna cokelat. Dia berjalan cukup cepat mengarah ke kediaman Prabowo Subianto.

Saat tiba di rumah Prabowo, Erick tak berbicara satu patah katapun. Dia hanya berjalan dan beberapa kali mengarahkan pandangan ke awak media di depan rumah Prabowo.

Erick menjadi salah satu menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dipanggil hari ini. Sebelumnya, ada Menteri ESDM Bahlil Lahadalia, Menteri ATR/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita hingga Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

 


Dipanggil Prabowo, Zulkifli Hasan Diminta Urus Swasembada Pangan

Menteri Perdagangan sekaligus Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan hadir di Kertanegara saat Prabowo Subianto memanggil calon menteri di kabinet mendatang.(Liputan6.com/Khofifah Azzahro)

Presiden Terpilih Prabowo Subianto memanggil Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. Pemanggilan ini diketahui berkaitan dengan posisi menteri di kabinet selanjutnya.

Usai melakukan pertemuan, Mendag Zulkifli Hasan mengaku membahas sejumlah hal. Salah satunya mengenai permintaan membantu Prabowo pada pemerintahan perideo 2024-2029.

"Tadi diminta bapak, bapak Presiden Terpilih agar membantu tugas yang teramat mulia, agar nanti di pemerintahan yang dipimpin pak Prabowo. Kira-kira itu intinya," ujar Mendag Zulkifli, di Jalan Kertanegara, Senin (14/10/2024).

Kendati begitu, dia enggan membocorkan posisi yang akan ditempatinya nanti. Menurutnya, keputusannya nanti akan disampaikan langsung Prabowo Subianto.

"Nanti bapak yang akan mengumumkan pak Presiden Terpilih," ucapnya.

Ketika ditanya mengenai topik bahasan dalam pertemuannya, Mendag Zulkifli menyebut permintaan Prabowo. Misalnya terkait dengan target swasembada pangan.

"Ya paling tidak pak Prabowo sudah lama ingin, kita tidak punya waktu yang panjang, waktunya pendek kan, agar kita bisa swasembada pangan, agar kita bisa menjadi negara maju di 2045," paparnya.

"Bidangnya nanti pak prabowo yang akan menyampaikan," imbuh Zulkifli Hasan.


Tito Karnavian Diminta Prabowo Jadi Menteri Lagi, Khusus Tangani Inflasi

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian hadir di Kertanegara saat Prabowo Subianto memanggil calon menteri di kabinet mendatang.(Liputan6.com/Khofifah Azzahro)

Presiden Terpilih Prabowo Subianto memanggil Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian sebagai bagian dari pertemuannya dengan sejumlah calon menteri.

Dalam pertemuan tersebut, Tito tidak menjelaskan secara rinci topik pembicaraannya dengan Prabowo. Namun, dia menyebut ada permintaan agar dirinya membantu Prabowo dalam kabinet periode 2024-2029.

"Beliau meminta saya untuk membantu di kabinet mendatang," ujar Tito di kediaman Prabowo Subianto, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024).

Tito menambahkan bahwa dirinya sudah lama mengenal Prabowo, termasuk saat keduanya berada dalam kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Prabowo, menurut Tito, menilai dirinya cocok untuk kembali mengemban posisi menteri.


Jadi Mendagri Lagi?

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyambangi kediaman Prabowo Subianto di Kertanegara, Senin (14/10/2024). ( Liputan6.com/ Khofifah Azzahro)

Saat ditanya mengenai posisi menteri yang ditawarkan, Tito tidak memberikan banyak komentar. Namun, dia menyampaikan bahwa Prabowo menitipkan pesan agar inflasi di daerah tetap terkendali.

"Soal posisi menteri, nanti silakan tanyakan langsung kepada beliau. Yang jelas, beliau meminta agar penanganan inflasi yang selama ini terjaga baik, tetap dilanjutkan di masa pemerintahan beliau," ungkap Tito.

"Saya juga menyampaikan bahwa penanganan inflasi akan tetap saya laksanakan setiap minggu sampai ada perintah untuk dihentikan. Kira-kira begitu," tambahnya.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya