Shin Tae-yong Ungkap Kondisi Jordi Amat Jelang Timnas Indonesia Dijamu China

Timnas Indonesia sedang menunggu kondisi bek tengah Jordi Amat yang diganggu cedera ketika melawan Bahrain.

oleh Thomas diperbarui 14 Okt 2024, 20:41 WIB
Jordi Amat. Bek tengah naturalisasi kelahiran Spanyol berusia 30 tahun yang sejak 1 Juli 2022 memperkuat Johor Darul Ta'zim ini menjadi pemain dengan nilai pasar tertinggi di kubu Timnas Indonesia pada ajang Piala AFF 2022. Setelah dicoretnya Sandy Walsh, Jordi Amat yang berbanderol 1 juta euro atau setara Rp16,7 miliar otomatis menjadi pemain termahal Timnas Garuda. Bersama Timnas Indonesia, ia baru mengoleksi satu caps saat menang 2-1 atas Kamboja pada matchday pertama fase grup Piala AFF 2022 (23/12/2022). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Liputan6.com, Jakarta- Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) membeberkan kondisi bek tengah andalannya Jordi Amat jelang laga penting kontra tuan rumah China di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Selasa (15/10/2024) malam WIB. STY mengindikasikan Amat kemungkinan bisa absen.

Jordi Amat menderita cedera pergelangan kaki saat timnas Indonesia gagal mengalahkan Bahrain di laga pekan lalu. Pada duel yang berakhir imbang 2-2 itu Amat main sebagai starter tapi harus ditarik keluar pada saat jeda babak pertama digantikan Rizky Ridho akibat cedera.

Eks pemain Swansea City itu memang tetap ikut terbang ke China bersama skuad timnas Indonesia lainnya. Namun kondisi Amat sangat meragukan untuk bisa diturunkan. STY mengaku kondisi cedera Amat semakin memburuk saat latihan di China.

"Beberapa pemain mengalami cedera jangka panjang, terutama Amat yang mengalami cedera pergelangan kaki, dan kondisinya semakin memburuk saat latihan," ujar Shin Tae-yong pada konferensi pers jelang laga China vs Indonesia.

Shin Tae-yong pun belum berani memastikan apakah Jordi Amat akan bisa bermain besok saat dijamu China. "Saat ini belum pasti apakah pemain yang cedera akan bisa tampil," ujarnya.

Meski Amat kemungkinan akan absen, pelatih asal Korea Selatan itu memastikan skuad Garuda secara keseluruhan telah melakukan persiapan secara maksimal. STY bersama anak asuhnya telah mengevaluasi penampilan sebelumnya sebagai pembelajaran penting untuk menatap laga kontra China.


Mees Hilgers Siap Tambal Lubang Pertahanan Timnas Indonesia

Jordi Amat dan Shin Tae-yong . (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Bila Amat absen, untungnya timnas Indonesia sudah mendapat tambahan amunisi di lini belakang dengan hadirnya Mees Hilgers. Debut Hilgers sangat menjanjikan ketika melawan Bahrain. Bahkan dia memberikan assist.

Hilgers akan bermain bersama Jay Idzez dan kemungkinan didampingi Rizky Ridho dengan absennya Amat. Sebab Justin Hubner tidak dibawa dalam dua laga internasional timnas Indonesia di bulan Oktober 2024 ini.

 


Timnas Indonesia Butuh Kemenangan

Timnas Indonesia sendiri butuh kemenangan di kandang China demi menjaga asa lolos langsung ke Piala Dunia 2026. Saat ini Indonesia berada di posisi lima dengan poin tiga setelah tiga kali imbang di tiga laga awal.

Puncak klasemen dipegang Timnas Jepang dengan mengantongi sembilan poin, disusul Timnas Australia, Timnas Arab Saudi, dan Timnas Bahrain yang masing-masing membukukan empat poin.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya