Media Luar Jagokan Timnas Indonesia Cetak Sejarah Lawan China di Qingdao

Timnas Indonesia belum pernah menang saat tampil menghadapi China di kandang mereka. Apakah kali ini bisa cetak sejarah di grup C kualifikasi Piala Dunia 2026?

oleh Defri Saefullah diperbarui 15 Okt 2024, 05:00 WIB
Timnas Indonesia sempat tertinggal satu gol dari Bahrain sebelum disamakan oleh Ragnar Oratmangoen menjelang waktu turun minum. Bahkan, pada babak kedua, Skuad Garuda berhasil membalikkan keadaan menjadi 2-1 melalui gol dari Rafeal Struick pada menit ke-74. (Dok. PSSI)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia akan menghadapi China pada laga keempat grup C putaran 3 kualifikasi Piala Dunia 2026 di Qingdao Youth National Stadium, Selasa (15/10/2024). Indonesia berada satu tingkat di atas China, posisi 5, di klasemen grup C.

Timnas Indonesia digadang-gadang berpeluang besar untuk meraih kemenangan. Ini salah satunya disorot oleh media sport ternama, ESPN.

Dalam tulisan yang ditulis Gabriel Tan, dia menyoroti sejarah Indonesia yang sebenarnya pernah main di Piala Dunia 1938 dengan nama Hindia Belanda. Setelah era itu, Indonesia tak pernah lagi main di Piala Dunia, bahkan mendekati lolos pun susah.

Kali ini, peluang Indonesia kembali main di Piala Dunia 2026 ditulis ESPN cukup terbuka. Peluang itu mereka sebut bisa dimulai saat lawan China.

"Indonesia sudah melaju jauh di kualifiksi Piala Dunia dibandingkan sebelum-sebelumnya dan hasil mereka di putaran tiga sejauh ini sudah melewati prediksi banyak orang, tulis Gabriel Tan.

"China bukanlah tim yang sama seperti saat mereka lolos Piala Dunia 2002. Mereka juga bukan lagi tim yang langganan lolos semifinal Piala Asia dari 1976 sampai 2004."

 


China Merosot Tajam

Kualifikasi Piala Dunia 2026 - China Vs Timnas Indonesia - Duel Kapten: Dalei Wang Vs Jay Idzes (Bola.com/Adreanus Titus)

 

Peluang Indonesia bikin sejarah di Qingdao ditulis ESPN juga karena merosotnya penampilan China. Satu tahun lalu, China masih ada di peringkat ke-79 FIFA, tapi sekarang sudah turun ke-91.

"Di putaran 2 kualifikasi Piala Asia, mereka diimbangi dua negara Asia Tenggara Thailand dan Singapura. Mereka lolos karena unggul head to head," tulisnya.

"Bahkan di atas kertas, China tak favorit di laga ini meski ranking mereka masih lebih tinggi dari Indonesia."

 


Kehadiran Pemain Baru Bantu Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengeklaim pihaknya bakal fokus pada pemulihan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders yang belum lama ini tiba di Bahrain usai melakukan perjalanan jauh dari Belanda. (Dok. PSSI)

 

Gabriel Tan tak menampik terus hadirnya pemain baru di Indonesia turut mengangkat performa Garuda. Kehadiran pemain naturalisasi berdarah Indonesia sangat membantu timnas tampil lebih kuat.

"Jay Idzes, yang main dengan Venezia di serie A sudah jadi kekuatan vital di pertahanan. Dia bahkan sudah jadi kapten meski baru punya 6 cap," tulis Gabriel.

"Pada debut bulan lalu, kiper FC Dallas Maartens Paes tampil luar biasa untuk membantu imbang lawan Arab Saudi."

 


Pemain Indonesia Lebih Menyebar

Pemain Timnas Indonesia, Mees Hilgers, Shayne Pattynama, dan Asnawi Mangkualam (kiri ke kanan) mengikuti latihan menjelang laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Bahrain di Hamad Town Youth & Sports Ground pada Senin (07/10). (Dok. PSSI)

 

ESPN juga menyoroti banyaknya pemain abroad di timnas Indonesia. 10 pemain main di Eropa sedangkan selebihnya menyebar mulai dari Austraia, Korea Selatan sampai Amerika Serikat.

Sedangkan tak satupun pemain China main di luar negeri. Semua pemain berasal dari Chinese Super League saja.

"Meski begitu China tentu tak mau pasrah. Mereka masih punya pemain berkualitas dan menunjukkan tanda-tanda kebangkitan meski kalah dari Australia," tulis ESPN.

Infografis Shin Tae-yong Pelatih Baru Timnas Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya