Hoaks Pendaftaran Lowongan Kerja Meningkat, Simak Daftarnya Biar Tak Jadi Korban

Cek Fakta Liputan6.com telah mengungkap sejumlah hoaks seputar lowongan kerja palsu. Kabar bohong tersebut mengklaim nama sejumlah perusahaan dan instansi ternama yang sedang melakukan rekrutmen.

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 15 Okt 2024, 15:00 WIB
BPJS Ksehatan kerap dijadikan bahan hoaks, informasi palsu tersebut dikaitkan dengan beragam isu.

Liputan6.com, Jakarta Hoaks pendaftaran pegawai baru bermunculan belakangan ini, informasi palsu ini merupakan modus penipuan yang memberikan iming-iming pekerjaan pada posisi tertentu, fasilitas dan penghasilan yang didapat.

Untuk mencegah masyarakat tergiur oleh hoaks pendaftaran lowongan kerja bodong tersebut, Cek Fakta Liputan6.com telah mengungkap sejumlah hoaks. Kabar bohong tersebut mengklaim nama sejumlah perusahaan dan instansi ternama yang sedang melakukan rekrutmen.

Agar tidak menjadi korban, simak kumpulan pendaftaran hoaks lowongan kerja yang mencatut berbagai perusahaan ternama.

Link Pendaftaran Pegawai Baru Telkom Indonesia

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim link pendaftaran pegawai baru Telkom Indonesia, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 9 Oktober 2024.

Klaim link pendaftaran pegawai baru Telkom Indonesia, berupa tulisan sebagai berikut.

"𝙋𝙚𝙣𝙚𝙧𝙞𝙢𝙖𝙖𝙣 𝙥𝙚𝙜𝙖𝙬𝙖𝙞 𝙗𝙖𝙧𝙪

𝙋𝙏 𝙏𝙀𝙇𝙆𝙊𝙈 𝙄𝙉𝘿𝙊𝙉𝙀𝙎𝙄𝘼

BUMN GROUP PenempatanSesuai Domisili/ kalian😊

Syarat-Syarat :

1. Pria - Wanita

2. 17 - 40 th

3. Gaji perbulan Rp 4 juta - Rp 30 juta

4. SMP SMA.SMK.Sederajat

Posisi :

1. Helper

2. operator

3. satpam

4. driver

5. OB

6. Peking barang, tukang bongkar muat barang Dll

Fasilitas:

1. Lembur

2. Seragam

3. Kartap

4. Makan

5. Bpjs

Pendaftaran Disini Gratis Yah Tidak Dipungut Biaya silahkan klik link dibawah👇"

Penerima informasi diarahkan untuk mendaftar degan mengklik link yang disertakan pada unggahan tersebut, berikut linknya.

"https://gudangnya-info-loker.idn17.biz.id/?fbclid=IwY2xjawF5XOVleHRuA2FlbQIxMQABHZ_3EcpdvklL3-AHEiuwuLQEoRUgPOWiIP2vKFJ4M7Q7DIGHsC1a_Qi5ww_aem_ytVbIDDFUP-q5R-irqdt7w"

Benarkah klaim link pendaftaran pegawai baru Telkom Indonesia? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam artikel berikut ini......


Link Pendaftaran Pegawai Baru Freeport Indonesia Lulusan SMP sampai SMA

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim link pendaftaran pegawai baru Freeport Indonesia untuk lulusan SMP sampai SMA sederajat, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 5 Oktober 2024.

klaim link pendaftaran pegawai Freeport Indonesia untuk lulusan SMP sampai SMA sederajat berupa tulisan sebagai berikut.

"Penerimaan Pegawai Baru Freeport IndonesiaSesuai Domisili/Daerah kalian😊

Syarat-Syarat :

1. Pria - Wanita

2. 21 - 45 th

3. Gaji perbulan Rp 7 juta - Rp 35 juta

4. SMP SMA.SMK.Sederajat

Posisi :

1. Helper

2. operator

3. satpam

4. driver

5. OB

6. Peking barang, tukang bongkar muat barang Dll

Fasilitas:

1. Lembur

2. Seragam

3. Kartap

4. Makan

5. Bpjs

Pendaftaran Disini Gratis Yah Tidak Dipungut Biaya👇👇"

Informasi tersebut disertai dengan link yang diklaim sebagai pendaftaran pegawai baru Freeport Indonesia lulusan SMP sampai SMA sederajat.

Berikut linknya:

"https://pendaftarankerja.job-in1.com/2?fbclid=IwY2xjawF6njpleHRuA2FlbQIxMQABHb_dngoN0fGgONwnIiUwjSwuMSnsWRP2n6H9J-p9-4ocr_X8uURkYzuOcg_aem_NKbet0zi9ackQsjJGTB9oA"

Benarkah klaim link pendaftaran pegawai baru Freeport Indonesia untuk lulusan SMP sampai SMA sederajat? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.......


Pendaftaran Rekrutmen Pegawai BPJS Kesehatan 2024

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim pendaftaran rekrutmen pegawai BPJS Kesehatan 2024, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 24 Agustus 2024.

Klaim pendaftaran rekrutmen pegawai BPJS Kesehatan 2024 menampilkan poster digital bertuliskan,

"RECRUITMENT

BPJS Kesehatan

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial

Periode Tahun 2024"

Unggahan poster tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Pendaftaran pegawai BPJS kesehatan priode 2024Sesuai Domisili/Daerah kalian😊

silahkan isi data melalui link di di bawah👇

http://bpjskesehatan2024.jiscv.my.id/

Pendaftaran Gratis Tidak Dipungut Biaya!"

Unggahan tersebut mengarahkan penerima informasi untuk mendaftar dengan mengakses tautan sebagai berikut.

"https://bpjskesehatan2024.jiscv.my.id/?fbclid=IwY2xjawFLfLBleHRuA2FlbQIxMQABHS4euT1bKotj-HKXssdeBC_WFEAVBLo4p7mky3JG5Bs_UaEtWednyARZ4w_aem_gr0iVNVl9Ln7PRCoq9goMA"

Jika tautan tersebut diklik mengarah pada halaman yang diklaim sebagai formulir digital untuk mendaftar lowongan kerja BPJS Kesehatan 2024, formulir tersebut meminta data pribadi seperti nama lengkap sesuai e-KTP dan nomor telepon yang terdaftar di akun Telegram.

Benarkah klaim pendaftaran rekrutmen pegawai BPJS Kesehatan 2024? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya