Jelang Pilkada, Banyuwangi Genjot Perekaman E-KTP Pemula

Jelang gelaran pilkada 2024, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Banyuwangi melakukan cara tersendiri untuk menarik bagi para pelajar atau pemula agar segera membuat e-KTP.

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 16 Okt 2024, 23:00 WIB
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatn Sipil Banyuwangi, Juang Pribadi (Istimewa)

Liputan6.com, Banyuwangi - Jelang gelaran pilkada 2024, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Banyuwangi melakukan cara tersendiri untuk menarik bagi para pelajar atau pemula agar segera membuat e-KTP.  Salah satunya dengan memberikan sejumlah hadiah bagi pelajar/pemula yang memenuhi batas minimal usia, untuk melakukan perekaman e-KTP.  

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Banyuwangi, Juang Pribadi mengatakan, pelajar atau pemula yang melakukan perekaman e-KTP nantinya akan mendapat kupon undian. ‘’Kupon itu selanjutnya diundi untuk mendaptkan sejumlah hadiah yang menarik, diantaraanya sepeda gunung, tas, helm maupun sejumlah hadiah lainnya sesuai dengan kebutuhan pelajar,’’ujarnya Selasa (15/10/2024)

Dengan cara tersebut diharapkan para pemula seperti pelajar yang saat ini belum memiliki e-KTP, segera melakukan perekaman. Terlebih menurutnya saat ini sudah memasuki tahapan pilkada, sehingga e-KTP dinilai sangat dibutuhkan khususnya bagi pemula yang sudah memiliki hak pilih. “Salah satu tujuan pembuatan e-KTP bagi pemula ini juga untuk membantu tahapan pilkada yang sudah berjalan,” tambah Juang 

Juang Pribadi menjelaskan, penyebab beberapa pelajar atau pemula belum membuat e-KTP, bukan karena daya minat mereka yang rendah, namun salah satunya karena berada di luar kota, ataupun karena yang bersangkutan sedang menempuh pendidikan di pondok pesantren. 

Dengan adanya hadiah yang menarik tersebut, diharapkan menjadi penyemangat bagi mereka untuk segera membuat e-KTP. Terlebih program pembuatan e-KTP berhadiah ini, akan berlangsung hingga akhir bulan Oktober mendatang. “Harapan kami, semoga warga Banyuwangi khususnya pemula yang membuat e-KTP kedepan semakin banyak,” pungkasnya.

Hingga bulan Oktober 2024, ini masyarakat Banyuwangi yang sudah memiliki e-KTP berada di kisaran 1, 3 juta lebih penduduk. Sedangkan total jumlah masyarakat Banyuwangi  hingga 2024 ini mencapai 1,7 juta penduduk.

 

Infografis E-KTP Tercecer (Liputan6.com/Triyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya