Cek Fakta: Hoaks Laga Timnas Indonesia Vs Bahrain Diulang 17 Oktober 2024 karena FIFA Temukan Kecurangan

Beredar di media sosial postingan video yang mengklaim laga Timnas Indonesia Vs Bahrain akan diulang pada 17 Oktober 2024 karena FIFA menemukan kecurangan.

oleh Adyaksa Vidi diperbarui 15 Okt 2024, 13:00 WIB
Cek fakta laga Timnas Indonesia Vs Bahrain diulang

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan video yang mengklaim laga Timnas Indonesia Vs Bahrain akan diulang pada 17 Oktober 2024 karena FIFA menemukan kecurangan. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 11 Oktober 2024.

Dalam postingannya terdapat video yang mengklaim bahwa FIFA akan mengulang laga Timnas Indonesia Vs Bahrain karena menemukan kecurangan wasit di laga sebelumnya.

Video itu juga menyebutkan bahwa laga Timnas Indonesia VS Bahrain akan digelar pada 17 Oktober 2024. Akun itu juga menambahkan narasi:

"Ayo lah FIFA kita ciptakan Fair Play klo pun king indo kalah secara fair, kita bs menerima nya"

Lalu benarkah postingan video yang mengklaim laga Timnas Indonesia Vs Bahrain akan diulang pada 17 Oktober 2024 karena FIFA menemukan kecurangan?


Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan mengunjungi laman FIFA.com. Namun tidak ada informasi valid bahwa laga Timnas Indonesia melawan Bahrain akan diulang.

Di sana hanya terdapat artikel terkait laga Timnas Indonesia melawan Bahrain yang berakhir imbang 2-2. Artikel itu diunggah laman resmi FIFA pada 10 Oktober 2024.

Selain itu di laman AFC.com juga tidak terdapat informasi terkait laga ulang Timnas Indonesia Vs Bahrain. Artikel terkait Timnas Indonesia yang diunggah laman AFC adalah persiapan jelang laga lawan China petang nanti.

Di sisi lain, PSSI kabarnya bakal melayangkan surat protes kepada Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) terkait kepemimpinan wasit Ahmed Al-Kaf ketika Timnas Indonesia ditahan imbang Bahrain dalam laga grup C putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Kamis (10/10/2024) malam waktu setempat.

Hal itu menyusul keputusan Ahmed Al-Kaf yang dinilai kontroversial, utamanya saat injury time babak kedua di mana Bahrain berhasil mencetak angka penyeimbang lewat gol Mohamed Marhoon.

Anggota Komite Eksekutif PSSI Arya Sinulingga pun mengeklaim pihaknya bakal mengirim surat protes. Dia tak menutupi kekecewaan akan kepemimpinan wasit yang seolah menambah waktu sampai Bahrain menyamakan skor.

"Ya kita kirim surat protes," ucap Arya Sinulingga, sebagaimana dilansir dari situs resmi PSSI.

"Kita sangat kecewa dengan kepemimpinan wasit. Seperti menambah waktu sampai Bahrain menciptakan gol," ujarnya menambahkan.

Sumber:

https://www.fifa.com/en/tournaments/mens/worldcup/canadamexicousa2026/articles/afc-round-three-qualifiers-matchday-three

https://www.the-afc.com/en/national/asian_qualifiers.html/news/preview-group-c-china-pr-v-indonesia

https://www.liputan6.com/bola/read/5745766/pssi-bakal-layangkan-surat-protes-soal-kepemimpinan-wasit-ahmed-al-kaf-usai-timnas-indonesia-ditahan-bahrain?page=2


Kesimpulan

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Postingan video yang mengklaim laga Timnas Indonesia Vs Bahrain akan diulang pada 17 Oktober 2024 karena FIFA menemukan kecurangan adalah hoaks.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya