3 Fakta Terkait Prabowo dan Gibran Temui Presiden Jokowi di Solo

Presiden RI Terpilih Periode 2024-2029 Prabowo Subianto mengunjungi Solo, Jawa Tengah (Jateng) pada Minggu 13 Oktober 2024 dan dijemput Gibran Rakabuming Raka di Bandara Adi Soemarmo, Solo.

oleh Devira PrastiwiArviola Marchsyalina Syurgandari diperbarui 15 Okt 2024, 11:25 WIB
Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka di Solo, Jawa Tengah. (Foto: istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Terpilih Periode 2024-2029 Prabowo Subianto mengunjungi Solo, Jawa Tengah (Jateng) pada Minggu 13 Oktober 2024. Dia terbang ke Solo untuk bertemu dengan Presiden Jokowi di kediaman pribadinya di Sumber.

Pertemuan itu juga diikuti Wakil Presiden (Wapres) RI Terpilih Periode 2024-2029 terpilih Gibran Rakabuming Raka. Prabowo nampak mengenakan batik cokelat dijemput Gibran di Bandara Adi Soemarmo, Solo.

Setelah turun dari pesawat selanjutnya pasangan presiden dan wapres terpilih itu duduk satu mobil Toyota Alphard berwarna putih menuju kediaman pribadi Jokowi.

Keduanya nampak berbincang sebelum masuk satu mobil yang sama dengan nopol H-805-PS menuju kediaman Jokowi di Sumber, Solo.

Gibran yang duduk di sebelah kiri terlihat membuka jendela mobil dan melambaikan tangan kepada awak media yang berdiri di seberang jalan menuju gang masuk ke rumah Presiden Jokowi.

Iring-iringan mobil Prabowo itu tiba di rumah pribadi Presiden Jokowi di Jalan Kutai Utara, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo sekitar pukul 14.15 WIB.

Gibran yang duduk di sebelah kiri terlihat membuka jendela mobil dan melambaikan tangan kepada awak media yang berdiri di seberang jalan menuju gang masuk ke rumah Jokowi.

Hanya saja pertemuan antara Prabowo-Gibran dengan Presiden Jokowi itu berlangsung secara tertutup. Para wartawan yang telah menunggu sejak pukul 13.00 WIB itu hanya diperbolehkan menunggu di pinggir Jalan Letjen Suprapto.

Berikut sederet fakta terkait pertemuan antara Prabowo-Gibran dengan Presiden Jokowi di kediaman pribadinya di Solo, Jawa Tengah dihimpun Tim News Liputan6.com:

 


1. Kedatangan Prabowo Disambut Gibran Rakabuming Raka Jemput di Bandara Solo

Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka di Bandara Adi Soemarmo, Jawa Tengah, Minggu (13/10/2024). (Foto: istimewa)

Presiden terpilih Prabowo Subianto terbang ke Solo untuk bertemu dengan Presiden Jokowi di kediaman pribadinya di Sumber, Solo pada Minggu 13 Oktober 2024. Pertemuan itu juga diikuti wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Gibran menyambut kedatangan presiden terpilih Prabowo Subianto di Bandara Adi Soemarno, Boyolali. Setelah turun dari pesawat selanjutnya pasangan presiden dan wapres terpilih itu duduk satu mobil Toyota Alphard berwarna putih menuju kediaman pribadi Jokowi.

Iring-iringan mobil Prabowo itu tiba di rumah pribadi Presiden Jokowi di Jalan Kutai Utara, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo sekitar pukul 14.15 WIB.

Gibran yang duduk di sebelah kiri terlihat membuka jendela mobil dan melambaikan tangan kepada awak media yang berdiri di seberang jalan menuju gang masuk ke rumah Jokowi.

 


2. Bertemu dengan Jokowi, Bahas Kabinet?

Pasangan calon presiden dan wakil presiden (Capres-Cawapres) nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka tiba di Gedung Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2024). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden terpilih Prabowo Subianto mengunjungi Solo, Jawa Tengah (Jateng). Prabowo dijemput Wapres terpilih Gibran Rakabuming untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani menyebut, tidak ada pembahasan mengenai kabinet pada pertemuan yang digelar Minggu 13 Oktober 2024 tersebut.

"Sebagian (pembahasan) soal persiapan 20 Oktober," kata Muzani di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin 14 Oktober 2024.

Menurut Muzani tidak ada pembahasan kabinet pada pertemuan tersebut, melainkan hanya soal pelantikan presiden 20 Oktober 2024.

"Yang saya dengar begitu," pungkas Muzani.

 


3. Pertemuan Berlangsung 90 Menit Tertutup, Prabowo Langsung Tinggalkan Rumah Jokowi

Pasangan presiden dan wapres terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming duduk satu mobil temui Presiden Jokowi di Solo.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Hanya saja pertemuan antara pasangan presiden dan wapres terpilih dengan Presiden Jokowi itu berlangsung secara tertutup. Para wartawan yang telah menunggu sejak pukul 13.00 WIB itu hanya diperbolehkan menunggu di pinggir Jalan Letjen Suprapto.

Prabowo Subianto pun langsung meninggalkan kediaman pribadi Presiden Jokowi di Solo, Jawa Tengah usai melakukan pertemuan tertutup selama 1,5 jam.

Selama pertemuan berlangsung, sejumlah petugas Paspampres serta personel TNI dan Polri tampak menjaga ketat akses jalan menuju rumah pribadi Jokowi yang beralamat di Jalan Kutai Utara No 1, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo.

Iring-iringan mobil mulai kembali berdatangan ke depan kediaman Presiden Jokowi sekitar pukul 15.42 WIB. Setelah Prabowo masuk ke dalam mobil Alphard kelir putih dengan nomor pelat H 805 PS, mobil tersebut pun langsung meninggalkan kediaman Jokowi.

Saat keluar dari gang rumah Presiden Jokowi menuju jalan raya arah bandara, Prabowo tampak membuka jendela mobil kemudian melambaikan tangan ke arah wartawan yang berdiri di seberang gang masuk menuju rumah Jokowi.

Tidak ada keterangan pers baik dari Jokowi maupun Prabowo usai pertemuan tersebut. Termasuk wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka yang tidak terlihat apakah kembali mendampingi Prabowo atau tidak saat hendak menuju Bandara Adi Soemarmo Boyolali.

Infografis Prediksi 12 Tokoh Berpeluang Besar Masuk Kabinet Prabowo-Gibran. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya