Ini Tips Isi Daya Apple Watch dengan Cepat dan Efisien

Ingin mengisi daya Apple Watch lebih cepat? Simak tips dan triknya di sini.

oleh Dinda Ariyani diperbarui 21 Okt 2024, 06:30 WIB
Apple Watch Series 9 (Apple)

Liputan6.com, Jakarta - Apple telah menghadirkan fitur fast charging pada beberapa model Apple Watch terbaru, sehingga memungkinkan pengisian daya lebih cepat daripada sebelumnya.

Terlebih, dengan Apple Watch Series 10, waktu pengisian menjadi semakin singkat. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kamu bisa memanfaatkan fitur ini secara optimal.

Ternyata, ada beberapa model Apple Watch yang mendukung fast charging. Berikut daftar smartwatch Apple yang mendukung fast charging, beserta estimasi waktu pengisiannya yang dilansir dari 9to5mac, Senin (21/10/2024):

  • Apple Watch Series 7: 0-80% dalam 45 menit
  • Apple Watch Series 8: 0-80% dalam 45 menit
  • Apple Watch Series 9: 0-80% dalam 45 menit
  • Apple Watch Series 10: 0-80% dalam 30 menit
  • Apple Watch Ultra: 0-80% dalam 1 jam
  • Apple Watch Ultra 2: 0-80% dalam1 jam

Apple juga menyediakan dokumen panduan terkait pengisian cepat untuk beberapa model di atas.

Perangkat yang Dibutuhkan untuk Fast Charging

Dijelaskan, fitur fast charging tidak hanya bergantung pada Apple Watch-nya saja. Namun, juga pada kabel dan adaptor yang tepat. Berikut komponen smartwatch Apple yang kamu butuhkan:

1. Apple USB-C Magnetic Fast Charging Cable

  • Setiap Apple Watch yang mendukung fast charging sudah dilengkapi dengan kabel ini. Bedanya dari charger standar, kabel ini menggunakan material aluminium di sekeliling bagian magnetik, bukan plastik.
  • Panjang kabel ini adalah 1 meter dan bisa dibeli terpisah seharga 29 USD atau sekitar Rp 450 ribuan.

Penggunaan Adapter yang Kompatibel

watchOS 9 brings new features, enhanced apps, and more personalization to Apple Watch. (Apple)

2. Adaptor Daya USB–C yang Kompatibel

  • Apple sudah tidak lagi menyertakan adaptor daya di dalam kotak, sehingga kamu bisa menggunakan adaptor dengan dukungan USB Power Delivery (USB-PD) minimal 5W sudah cukup untuk fast charging.

Berikut beberapa adaptor yang direkomendasikan oleh Apple:

  • Adaptor UDB-C Apple 17W, 20W, 29W, 30W, 61W, 87W, atau 96W
  • Adaptor USB-C Apple 18W, 201W, 30W, 61W, 87W, atau 96W
  • Adaptor pihak ketiga yang mendukung USB-PD dengan minimal 5W  

Sayangnya, MagSafe Duo dan Apple Watch Magnetic Charging Dock yang sudah dihentikan produksinya tidak mendukung fast charging, meskipun kamu menggunakan kabel dan adaptor yang kompatibel.

Namun, kamu masih bisa menggunakan fast charger puck dan memangsanya ke dock pihak ketiga.

Dengan mengikuti panduan ini, kamu bisa memastikan Apple Watch kamu terisi daya dengan cepat dan efisien. Fitur fast charging ini sangat bermanfaat, terutama saat kamu membutuhkan baterai penuh dalam waktu singkat.


Apple Watch Series 10: Kini Hadir dengan Desain Tipis dan Layar Lebih Lebar

Bocoran Apple Watch X Terbaru: Tampil dengan Pendeteksi Apnea Tidur hingga Tali Magnetik. (Doc:  @ConceptCentral | AppleTrack  | Gizchina)

Dalam event baru-baru ini, Apple juga turut mengumumkan Apple Watch Series 10. Smartwatch ini hadir dengan perubahan tampilan yang cukup signifikan, mengingat hadir dengan layar terbesar dan bodi tertipis sepanjang sejarah Apple Watch.

Inovasi utama dari Apple Watch Series 10 dapat dilihat di layarnya. Selain 30 persen lebih besar dibandingkan seri sebelumnya, refresh rate layar pun ditingkatkan menjadi 1 detik sekali.

Jam tangan pintar Apple terbaru ini hadir dengan ketebalan hanya 9,7mm, membuatnya jam tangan pintar tertipis dari Apple. Meski tampil dengan bodi tipis, baterai smartwatch ini diklaim mampu bertahan hingga 18 jam.

Pengisian daya pun disebut menjadi lebih cepat, hanya butuh 30 menit untuk mencapai 80 persen. Untuk kali pertama pula, Apple menawarkan pilihan material titanium di Apple Watch.

Apple menyebut, material ini 20 persen lebih ringan dibandingkan stainless steel yang biasa digunakan sebelumnya. Varian titanium tersedia dalam tiga warna yakni natural, gold, dan slate.

Sementara versi aluminum hadir dengan tiga pilihan warna yakni rose gold, silver, dan jet black.

Apple Watch membawa peningkatan signifikan pada fitur kesehatan. Jam tangan pintar ini dilengkapi dengan kemampuan deteksi gangguan tidur sleep apnea.

Smartwatch ini juga semakin tangguh digunakan di air. Dengan ketahanan air hingga 50 meter, jam tangan pintar ini cocok untuk aktivitas snorkeling.

Watch Series 10 dibekali speaker baru yang 30 persen lebih kecil, tapi tetap bertenaga. Speaker ini memungkinkan pengguna mendengarkan musik dan podcast langsung dari jam tanpa perlu headphone.

Untuk dapur pacu, ada chipset S10 yang menawarkan performa lebih kencang. Rencananya, Apple Watch ini akan tersedia mulai 20 September 2024 di Amerika Serikat.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya