Jaga Keselamatan Warga, Operasi Zebra Rokan Hilir Juga Sosialisasikan Pilkada Damai

Puluhan personel Polres dikerahkan melaksanakan Operasi Zebra Lancang Kuning dalam menjaga keselamatan warga dan sosialisasi Pilkada.

oleh M Syukur diperbarui 15 Okt 2024, 20:50 WIB
Jajaran Polres Rokan Hilir bersama pihak terkait usai melaksanakan apel Operasi Zebra Lancang Kuning. (Liputan6.com/M Syukur)

Liputan6.com, Pekanbaru - Puluhan personel Polres Rokan Hilir (Rohil) dikerahkan melaksanakan Operasi Zebra Lancang Kuning. Selain menjaga keselamatan warga di jalan dan menjaga situasi saat pelantikan presiden terpilih, Prabowo Subianto, operasi ini juga berusaha mewujudkan Pilkada damai.

Apel Operasi Zebra dipimpin Wakil Kapolres Kompol Ricky Michael Mandey SIK mewakili Kapolres AKBP Isa Imam Syahroni dan bertindak sebagai perwira apel AKP I Made Juni Artawan. Operasi ini juga melibatkan prajurit TNI, pegawai pemerintah serta instansi terkait lainnya.

Kompol Ricky menjelaskan, permasalahan berlalulintas berkembang cepat dan dinamis karena meningkatnya populasi serta kebutuhan alat transportasi untuk kehidupan sehari-hari.

"Transportasi sudah berada di genggaman alat komunikasi untuk itu modernisasi ini perlu diikuti dengan innovasi dan kinerja Polri," kata Ricky.

Dalam bidang lalu lintas, kepolisian sudah mengantisipasinya pelanggaran kemajuan transportasi itu dengan teknologi. Misalnya SIM Online, Samsat Digital Nasional hingga tilang online menggunakan kamera statis ataupun mobile.

Operasi ini bertujuan meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas. Kegiatan ini bersifat mengedepan edukatif, pendekatan persuasif, humanis, penegakan hukum secara elektronik dan memberi teguran simpatik. 

"Berikutnya menurunkan angka pelanggaran aturan berlalu lintas, kecelakaan lalu lintas dan fatalitas korban," jelas Ricky.

Operasi ini menyasar pelanggaran seperti tidak menggunakan helm, menghindari ponsel saat berkendara, pengendara anak di bawah umur, berboncengan lebih dari satu orang, pengendara mengkonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang.

"Selanjutnya melebihi kecepatan dan melawan arus," kata Ricky.

Terkait Pilkada, Ricky menyatakan Polri mendukung dan menjamin keamanan sehingga pesta demokrasi 5 tahun sekali ini berjalan dengan aman dan kondusif. 

"Kepada jajaran, Polri netral dalam mengamankan Pilkada kemudian bersinergi dengan penyelenggara," sebut Ricky.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya