Curahan Hati Hanni NewJeans di Majelis Nasional soal Perundungan di Tempat Kerja: Kami Juga Manusia

Hanni NewJeans tidak datang sendirian ke Majelis Nasional. Kim Ju Young, CEO baru ADOR juga ikut dipanggil untuk dimintai keterangan.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 16 Okt 2024, 12:30 WIB
Hanni NewJeans. (Kim Min-Hee/Pool Photo via AP)

Liputan6.com, Jakarta Hanni NewJeans menumpahkan segala keluh kesahnya saat tampil sebagai pembicara di Komite Lingkungan dan Tenaga Kerja Majelis Nasional Korea Selatan, Selasa (15/10/2024). Ini berkaitan dengan tudingan mengenai perundungan di tempat kerja, yang mengemuka setelah NewJeans mengadakan live streaming dan mengungkap pengalaman mereka.  

Diwartakan Korea JoongAng Daily melalui Celebrity Confirmed, air mata Hanni tumpah saat berbicara mengenai hal ini. "Kita semua manusia. Menurutku banyak yang melupakan hal ini," tuturnya dengan suara bergetar.

Hanni NewJeans menambahkan, "Saya paham, kontrak artis dan trainee berbeda dengan (pekerja pada umumnya), tapi kami semua adalah manusia."

Pelantun "Ditto" ini kemudian mengungkap kondisi di agensinya, ADOR, terkait sengketa mantan CEO-nya Min Hee Jin, dengan HYBE.

"Ada suasana di perusahaan ini yang sulit digambarkan, jadi kami tak bisa menyampaikannya pada siapa pun. Ini sesuatu yang hanya bisa dirasakan kalau Anda berada di dalamnya," Hanni NewJeans menyambung.

Ia mengaku awalnya berpikir apakah suasana kurang enak ini hanya ada di pikirannya saja. "Tapi semua yang terjadi membuat kami tersadar bahwa perusahaan memang tidak menyukai kami," Hanni NewJeans membeberkan.


Pembelaan CEO ADOR

Hanni NewJeans. ((Kim Min-Hee/Pool Photo via AP)

Hanni NewJeans tidak datang sendirian ke Majelis Nasional. Kim Ju Young, CEO baru ADOR juga ikut dipanggil untuk dimintai keterangan. Ia ditanya apa upaya perusahaan dalam mencegah terjadinya perundungan di tempat kerja.

"Kami mengambil langkah-langkah yang diperlukan seperti berkonsultasi dengan staf di label tersebut mengenai manajer yang dimaksud," tutur Kim Ju Young. Manajer yang disebut dalam pernyataan ini, diklaim Hanni telah meminta artisnya untuk tak memedulikannya saat bertemu.


Sebut Pengakuan Bertolak Belakang

Hanni NewJeans. (Kim Min-Hee/Pool Photo via AP)

Kim Ju Young juga menyebut pengakuan Hanni dengan pihak manajer tidak selaras. "Saya percaya dengan kata-kata Hanni, dan saya mencari cara untuk mendukung klaimnya, tapi kami gagal melakukannya," urainya.

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam ini, Kim Ju Young berjanji akan memeriksa ulang aturan internal perusahaan mengenai perundungan di tempat kerja dan melindungi artisnya.


Insiden dengan Manajer ILLIT

Merunut ulang pengakuan dalam livestream NewJeans, Hanni mengatakan insiden ini terjadi saat ia tak ditemani rekan-rekannya di gedung HYBE. “Sejumlah member dari satu grup lain berpapasan denganku, bersama dengan manajernya. Jadi kami saling bertegur sapa,” kata Hanni.

Namun sikap manajer grup ini setelah mereka kembali berpapasan, bikin sang pelantun “How Sweet” kehabisan kata-kata.

“Sang manajer berkata kepada (para member grup tersebut) di depanku, ‘Acuhkan dia.’ Padahal aku bisa melihat dan mendengar semuanya," akunya.

Setelahnya diketahui bahwa manajer yang dimaksud, adalah yang menangani grup ILLIT.

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya