Apa Itu THAAD yang Dikerahkan AS untuk Lindungi Israel dari Serangan Iran?

Selain di Israel, AS juga menempatkan THAAD di Korea Selatan dan Guam.

oleh Khairisa Ferida diperbarui 16 Okt 2024, 11:05 WIB
Ilustrasi Rudal THAAD (Dok. AFP Photo)

Liputan6.com, Washington, DC - Sistem pertahanan The Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) adalah salah satu senjata antirudal terkuat milik militer Amerika Serikat (AS), yang mampu mencegat rudal balistik pada jarak 150 hingga 200 kilometer dengan tingkat keberhasilan yang hampir sempurna dalam pengujian.

Dengan menggunakan kombinasi sistem radar dan pencegat canggih, THAAD adalah satu-satunya sistem pertahanan rudal AS yang dapat menyerang dan menghancurkan rudal balistik jarak pendek, menengah, dan menengah baik di dalam maupun di luar atmosfer selama fase akhir penerbangannya – atau menukik ke sasarannya. Demikian seperti dilansir CNN, Rabu (16/10/2024).

Pencegat THAAD bersifat kinetik, yang berarti mereka menghancurkan target yang datang dengan cara bertabrakan dengan target tersebut alih-alih meledak di dekat hulu ledak yang datang.

Laporan Congressional Research Service menyebutkan, militer AS memiliki tujuh baterai THAAD. Salah satunya kini telah berada di Israel untuk membantu meningkatkan kemampuan negara itu dalam melawan serangan rudal Iran setelah yang terjadi pada 13 April dan sekali lagi pada 1 Oktober.

Namun, untuk mengaktifkan THAAD yang tiba di Israel pada Senin (14/10), AS membutuhkan pasukan darat.

Menurut Pentagon, Angkatan Darat AS mengirim sekitar 100 tentara ke Israel untuk mengoperasikan baterai tersebut.

Melalui sistem komando dan kontrol serta manajemen pertempuran yang luas, baterai THAAD dapat berkomunikasi dengan berbagai pertahanan rudal AS, termasuk sistem Aegis – yang umumnya di atas kapal Angkatan Laut AS – dan sistem pertahanan rudal Patriot yang dirancang untuk mencegat target jarak pendek.

Sistem pertahanan rudal lainnya tersebut jumlahnya lebih banyak daripada THAAD, sebuah ilustrasi tentang pentingnya penempatan ini di Israel oleh pemerintahan Joe Biden.

Apa yang Membuat THAAD Begitu Akurat?

Yang membuat THAAD begitu akurat adalah sistem radar yang memasok informasi penargetannya yaitu, radar Pengawasan Radar Angkatan Darat/Angkatan Laut/Transportable atau AN/TPY-2.

Sistem radar, yang dapat dikerahkan bersama baterai rudal atau sudah ditempatkan di kapal Angkatan Laut AS atau di instalasi lainnya, dapat mendeteksi rudal dengan dua cara. Menurut Missile Defense Project, dalam mode berbasis maju, sistem ini dikonfigurasi untuk memperoleh dan melacak target pada jarak hingga 3.000 kilometer dan dalam mode terminal, sistem ini diarahkan ke atas untuk memperoleh target selama penurunannya. Iran berjarak sekitar 1.700 kilometer dari Israel.

Analis militer yang juga mantan kolonel Angkatan Udara AS Cedric Leighton menuturkan THAAD tidak akan bertindak sendiri dalam membela Israel dan dapat menjadi "pencegah" lebih lanjut terhadap serangan.

"Ketika (THAAD) dipasang, itu sebenarnya akan menambah lapisan pada pertahanan udara dan rudal Israel yang ada," kata Leighton.


Bagaimana dengan Sistem Antirudal Israel Lainnya?

Sebuah baterai sistem rudal pertahanan Iron Dome Israel dikerahkan untuk mencegat tembakan roket dari Jalur Gaza di Ashkelon, Israel, 7 Agustus 2022. Pada hari Sabtu, serangan udara Israel menewaskan Khaled Mansour seorang komandan senior di kelompok militan Palestina, Jihad Islam. (AP Photo/Ariel Schalit)

Israel memiliki beberapa sistem antirudal yang sudah ada dan dirancang untuk menembak jatuh proyektil yang masuk.

Menurut Missile Threat Project, David’s Sling, proyek gabungan antara RAFAEL Advanced Defense System milik Israel dan raksasa pertahanan AS, Raytheon, menggunakan pencegat kinetik hit-to-kill Stunner dan SkyCeptor untuk menghancurkan target sejauh 300 kilometer.

Di atas David’s Sling terdapat sistem Arrow 2 dan Arrow 3 milik Israel, yang dikembangkan bersama dengan AS.

CSIS menyebutkan, Arrow 2 menggunakan hulu ledak fragmentasi untuk menghancurkan rudal balistik yang masuk pada fase terminalnya. Sementara itu, Arrow 3 menggunakan teknologi hit-to-kill untuk mencegat rudal balistik, seperti yang dapat dilakukan THAAD.

Proyektil tingkat terendah yang ditembakkan ke Israel selama ini dilawan oleh sistem pertahanan Iron Dome, yang terdiri dari 10 baterai yang masing-masing membawa tiga hingga empat peluncur rudal yang dapat bermanuver.

Ini bukan pertama kalinya Washington mengirim baterai THAAD ke Israel. Satu dikirim pada tahun 2019 untuk latihan.

Di tempat lain, penempatan THAAD juga diawasi ketat oleh para pesaing AS, terutama China.

Penempatan baterai THAAD ke Korea Selatan pada tahun 2017, saat ancaman rudal balistik dari Korea Utara meningkat, menuai tentangan keras dari Beijing, yang menurut para ahli khawatir bahwa radar canggih itu dapat digunakan untuk memata-matai aktivitas China.

AS juga telah menempatkan THAAD ke Guam, untuk melindungi pangkalan militer AS yang vital dari kemungkinan ancaman rudal balistik dari Korea Utara atau China.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya