6 Arti Nama Cucu Jokowi yang Sarat Filosofi Jawa, Termasuk Anak Erina dan Kaesang

Dari pernikahan anak-anaknya, hingga saat ini Jokowi telah dikaruniai enam cucu.

oleh Ricka Milla Suatin diperbarui 16 Okt 2024, 15:36 WIB
Filosofi Jawa di balik nama cucu Jokowi mengandung makna yang indah. [@erinagudono]

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi dikaruniai tiga orang anak dari pernikahannya dengan Iriana. Anak sulungnya, Gibran Rakabuming Raka yang saat ini menjabat sebagai Wakil Presiden Terpilih, putri keduanya bernama Kahiyang Ayu, dan anak bungsunya adalah Kaesang Pangarep.

Ketiga buah hati Jokowi dan Iriana sudah berkeluarga dan masing-masing memiliki anak. Dari pernikahan anak-anaknya, hingga saat ini Jokowi telah dikaruniai enam orang cucu.

Yang menarik, nama-nama cucu Jokowi diberikan dengan makna yang mendalam dari filosofi Jawa, dengan arti yang sangat indah. Apa saja makna dari nama keenam cucu Jokowi tersebut? Simak lebih lanjut untuk mengetahui makna nama cucu Jokowi, sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (16/10/2024).


1. Jan Ethes Srinarendra

Presiden Joko Widodo bersama cucunya, Jan Ethes Srinarendra (Foto oleh Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden).

Setelah mengikat janji suci dengan Selvi Ananda, Gibran dianugerahi dua buah hati. Anak pertamanya, seorang putra, menjadi cucu pertama bagi Presiden Jokowi yang sangat dinantikan.

Putra sulungnya diberi nama Jan Ethes Srinarendra, lahir pada tanggal 10 Maret 2016. Gibran menjelaskan bahwa Jan berarti sangat, Ethes berarti cekatan, dan Srinarendra berarti pemimpin yang cerdas. Nama ini mencerminkan harapan besar orang tua untuk masa depan sang buah hati.


2. La Lembah Manah

La Lembah Manah, si bungsu dari Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda, hadir di pesta ulang tahun Jan Ethes. [@syncpro/@jimboengbakoelsolo]

Anak kedua dari pasangan Gibran dan Selvi adalah seorang perempuan. Adik dari Jan Ethes ini diberi nama yang menarik perhatian, yaitu La Lembah Manah, yang lahir pada November 2019.

Gibran menjelaskan bahwa nama anak keduanya, La Lembah Manah, memiliki arti rendah hati. Nama depannya, La, adalah sebuah singkatan.

"Anakku yang lembut, anakku yang luwes, anakku yang murah hati," ujar Gibran saat ditemui tim Liputan6.com, Sabtu (16/11/2019).


3. Sedah Mirah Nasution

Mirah Nasution Sedah. [@ayanggkahiyang]

Kahiyang Ayu menikah dengan Bobby Nasution dan mereka memiliki tiga anak. Anak pertama adalah perempuan, sedangkan dua lainnya laki-laki.

Putri pertama, yang juga cucu ketiga dari Presiden Jokowi, diberi nama Sedah Mirah Nasution. Ia lahir pada 1 Agustus 2018 di Jakarta, dan namanya berasal dari bahasa Jawa.

Kahiyang menjelaskan bahwa nama tersebut berarti putri yang cantik, salehah, dan dermawan kepada orang-orang di sekitarnya. Nasution adalah marga dari pihak ayahnya.


4. Panembahan Al Nahyan Nasution

Al Nahyan Nasution, putra Kahiyang Ayu.

Putra kedua Kahiyang dan Bobby, yang lahir pada 3 Agustus 2020, dinamai Panembahan Al Nahyan Nasution. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), panembahan dapat diartikan sebagai Raja atau penguasa.

Nama ini juga berhubungan erat dengan gelar pendiri Kesultanan Mataram, Panembahan Senopati. Nasution adalah marga dari pihak ayahnya.


5. Panembahan Al Saud Nasution

Panembahan Al Saud Nasution. [@ayanggkahiyang]

Cucu kelima dari Presiden Jokowi diberi nama Panembahan Al Saud Nasution. Anak bungsu dari pasangan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution ini lahir pada 25 Agustus 2022.

Nama 'Panembahan' berarti seseorang yang dihormati. Sementara itu, 'Saud' adalah nama raja dari Arab Saudi dan dalam Bahasa Arab, 'saud' atau 'su'ud' juga berarti keberuntungan serta orang yang mendapatkan berkah.


6. Bebingah Sang Tansahayu

Erina Gudono dan Kaesang Pangarep. (Sumber: Instagram @erinagudono)

Erina Gudono baru melahirkan anak pertamanya di RS Bunda, Menteng, Jakarta Pusat pada Selasa (15/10/2024). Bayi perempuan itu diberi nama Bebingah Sang Tansahayu.

Kaesang menjelaskan bahwa nama Bebingah yang diberikan kepada putrinya berarti pembawa kebahagiaan.

"Bebingah berarti pembawa kebahagiaan. Sang Tansahayu menggambarkan sosok yang selalu anggun dalam tutur kata, penampilan, dan segalanya," ujar Kaesang Pangarep dalam konferensi pers di RSU Bunda, Menteng, Jakarta.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya