Infografis Kabinet Prabowo Cita Rasa Jokowi dan 6 Srikandi Calon Menteri

Ada belasan calon menteri yang sebelumnya menjabat di era Jokowi dipanggil Prabowo Subianto pada hari pertama audisi. Selain itu, 6 tokoh perempuan bakal menjadi menteri di Kabinet Prabowo-Gibran.

oleh Anri SyaifulDevira PrastiwiAbdillah diperbarui 16 Okt 2024, 09:02 WIB
Banner Infografis Kabinet Prabowo Cita Rasa Jokowi. (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - Perhatian publik selama 2 hari tertuju ke Jalan Kertanegara nomor 4, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pada Senin dan Selasa, 14-15 Oktober 2024, para tokoh dari beragam latar belakang baik dari partai politik maupun kalangan profesional menyambangi kediaman Presiden Terpilih RI periode 2024-2029 Prabowo Subianto tersebut.

Publik tentunya menantikan finalisasi seleksi atau audisi para calon menteri Prabowo. Termasuk seleksi dan pemanggilan terhadap calon wakil menteri, kandidat kepala badan ataupun pejabat setingkat menteri untuk duduk di kabinet pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pada hari pertama ada 49 tokoh calon menteri yang dipanggil Prabowo ke rumah Kertanegara. Sedangkan pada hari kedua ada 59 tokoh yang didominasi calon wakil menteri dan kandidat kepala badan menemui Prabowo.

Prabowo sekaligus membuktikan pernyataan beberapa waktu sebelumnya. Tepatnya pada 31 Agustus silam, Prabowo sempat berkomitmen akan mengajak sejumlah menteri Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk membantu di kabinet mendatang.

Ada belasan calon menteri, termasuk kandidat pejabat setingkat menteri, yang sebelumnya menjabat di era Jokowi dipanggil Prabowo pada hari pertama audisi. Mulai dari Agus Harimurti Yudhoyono, Budi Gunadi Sadikin, Bahlil Lahadalia, Zulkifli Hasan, Erick Thohir, Airlangga Hartarto, hingga Sri Mulyani Indrawati.

Sri Mulyani, misalnya. Menteri Keuangan atau Menkeu sejak 2016 hingga 2024 ini mengaku diminta membantu penganggaran kementerian-kementerian yang akan berubah nomenklaturnya.

Sebab, menurut Sri Mulyani, akan ada beberapa kementerian baru dalam kabinet Prabowo nanti. "Beliau (Prabowo) minta saya untuk jadi Menkeu kembali."

Ada 17 tokoh yang pernah menjabat di era Jokowi dipanggil Prabowo sebagai calon menteri maupun kandidat pejabat setingkat menteri. Siapa saja? Siapa 6 srikandi calon menteri Kabinet Prabowo-Gibran? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

 


Infografis Kabinet Prabowo Cita Rasa Jokowi

Infografis Kabinet Prabowo Cita Rasa Jokowi. (Liputan6.com/Abdillah)

Infografis 6 Srikandi Calon Menteri Kabinet Prabowo-Gibran

Infografis 6 Srikandi Calon Menteri Kabinet Prabowo-Gibran. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya