Geopolitik hingga Antikorupsi Jadi Materi Pembekalan Calon Menteri Kabinet Prabowo di Hambalang

Juru Bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, membagikan jadwal serta rangkaian pembekalan calon menteri di Hambalang.

oleh Winda Nelfira diperbarui 16 Okt 2024, 12:10 WIB
Politikus Partai Golkar Meutya Hafid menghadiri pembekalan calon menteri kabinet Prabowo-Gibran di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

 

Liputan6.com, Jakarta - Pembekalan calon menteri kabinet di pemerintahan Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tengah berlangsung di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/10/2024).

Juru Bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, membagikan jadwal serta rangkaian pembekalan calon menteri yang dimaksud. Pembekalan dimulai sekira pukul 08.00 WIB dengan sambutan dari Prabowo.

Kemudian pada pukul 09.15 WIB, diisi dengan pengenalan dan dilanjutkan dengan materi geopolitik pada pukul 10.30 WIB.

Setelah itu, pembekalan dilanjutkan pada pukul 13.30 WIB. Pada waktu ini, akan diisi dengan materi seputar kesuksesan sebuah negara.

Pada jadwal diterima, pembekalan pada hari ini direncanakan hingga pukul 16.00 WIB. "(Pukul) 16.00 WIB, Gross domestic product (GDP)," kata Dahnil dalam keterangan, diterima Rabu (16/10/2024).

Pembekalan bagi calon menteri ini bakal berlanjut hingga Kamis, 17 Oktober 2024 dengan sejumlah materi. Antara lain, Artificial intelligence, komunikasi, lapangan kerja masa depan, hingga antikorupsi.

Sebelumnya, hingga memasuki pukul 07.15 WIB, kendaraan para tokoh dan pejabat terus berdatangan ke Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Tampak sosok yang sudah hadir antara lain Yusril Ihza Mahendra, politikus Golkar Nusron Wahid, Sekjen Kemendag Budi Santoso, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Wamen ATR BPN Raja Juli Antoni, Mensesneg Pratikno, dan Panglima TNI Agus Subianto.

Kemudian Menkominfo Budi Arie, Waketum PAN Yandri Susanto, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Aktivis HAM Natalius Pigai, Menteri Keuangan Sri Mulyani, serta Menteri Sosial Saifullah Yusuf.

Tak hanya itu, hadir juga Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), hingga Politikus Partai Golkar Meutya Hafid.


Calon Menteri, Wakil Menteri dan Kepala Badan Mulai Tiba di Hambalang Untuk Terima Pembekalan Prabowo

Presiden terpilih Prabowo Subianto akan memberikan pembekalan kepada sejumlah calon menteri, wakil menteri, dan kepala badan yang nantinya akan masuk dalam kabinet pemerintahannya di Hambalang. (Nanda Perdana Putra)

Presiden terpilih Prabowo Subianto akan memberikan pembekalan kepada sejumlah calon menteri, wakil menteri, dan kepala badan yang nantinya akan masuk dalam kabinet pemerintahannya. Pejabat yang diminta hadir pun mulai memadati kediaman Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Pantauan Liputan6.com, Rabu (16/10/2024), hingga memasukin pukul 07.15 WIB, kendaraan para tokoh dan pejabat terus berdatangan.

Tampak sosok yang sudah hadir antara lain Yusril Ihza Mahendra, politikus Golkar Nusron Wahid, Sekjen Kemendag Budi Santoso, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Wamen ATR BPN Raja Juli Antoni, Mensesneg Pratikno, dan Panglima TNI Agus Subianto.

Kemudian Menkominfo Budi Arie, Waketum PAN Yandri Susanto, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Aktivis HAM Natalius Pigai, Menteri Keuangan Sri Mulyani, serta Menteri Sosial Saifullah Yusuf.

Termasuk juga Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka juga tampak telah hadir ke kediaman Prabowo Subianto di Hambalang.


Ada 108 Tokoh

Presiden terpilih Prabowo Subianto memberikan keterangan pers usai memanggil sejumlah calon menteri di rumahnya Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Sebagai informasi, Hambalang adalah tempat di mana Prabowo biasa menggelar acara seremonial bersama Partai Gerindra. Tepatnya di Padepokan Garuda Yaksa, Desa Bojong Koneng, Bogor, Jawa Barat.

Diketahui sebelumnya, pada 14 dan 15 Oktober 2024 sudah ada pemanggilan terhadap puluhan orang ke kediaman Prabowo di Rumah Kertanegara IV Jakarta. Total ada 108 orang yang dipanggil menghadap Prabowo dalam dua hari terakhir.

Mereka yang mendapat panggilan diminta kesediannya untuk membantu Prabowo di kabinetnya sebagai menteri, wakil menteri, ataupun kepala badan/lembaga.

Prabowo mengatakan, penjaringan calon menteri maupun calon wakil menteri sejatinya sudah berlangsung lama. Mereka dipanggil dalam dua hari terakhir hanya untuk mengkonfirmasi ulang kesediaannya untuk membantu pemerintahan Prabowo-Gibran ke depan.

"Sebelum saya undang ke sini sebenarnya mereka sudah menyatakan bersedia membantu saya. Sebetulnya hari ini hanya mengkonfirmasi, saya konfirmasi saya yakinkan mereka bersedia atau tidak bantu saya di bidang yang saya tawarkan kepada mereka. Alhamdulillah semuanya menyatakan sanggup," ucap Prabowo.

Dalam kesempatan itu, Prabowo memberikan beberapa penekanan terkait arah kebijakan yang akan dijalankan dalam lima tahun ke depan. Prabowo mengaku puas melihat respons para calon menteri-menterinya.

  

Infografis Kabinet Prabowo Cita Rasa Jokowi. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya